Masalah Kamera Oppo A15

Beberapa solusi untuk memperbaiki masalah kamera OPPO A15. Ponsel Ini menggunakan Android 10 dengan tiga kamera belakang 13 megapiksel f/2.2 wide, 2 megapiksel f/2.4 macro dan 2 megapiksel f/2.4 depth of field atau efek bokeh. Oppo A15 bisa mendapatkan autofokus yang cepat dan hasil foto yang jernih yang didukung oleh pemrosesan gambar Mediatek MT6765 Helio P35 dengan eksposur otomatis instan dan titik pemfokusan yang akurat. Dengan menggunakan lensa depth of field 2 megapiksel, maka kita bisa mendapatkan efek bokeh blur seperti pada kamera fotographer profesional.

Baca Juga: 2 Cara Melihat Waktu Penggunaan Aplikasi OPPO

Namun, beberapa pengguna ada yang menemukan masalah pada kamera OPPO A15. Kami akan memberikan beberapa solusi sederhana untuk memperbaiki masalah kamera OPPO A15.

Mengapa Kamera OPPO A15 Lambat Responsif Atau Lagging?

Saat kita ingin mengambil foto atau video, kita harus membuka aplikasi kamera bawaan yang sudah terpasang di OPPO A15. Namun ada beberapa pengguna mendapatkan masalah saat membuka aplikasi kamera bawaan ini. Ada yang lambat atau lag saat membuka kamera.

Sebenarnya RAM sangat penting untuk membuat aplikasi kamera OPPO A15 kita berjalan dengan lancar. Kalian harus tahu bahwa semua aplikasi akan menggunakan RAM, oleh karena itu memiliki RAM yang longgar lebih baik. Jika kalian banyak membuka aplikasi, maka RAM tidak akan cukup.

Apa yang akan terjadi jika RAM tidak mencukupi? Ponsel kalian akan mencoba untuk menutup paksa aplikasi yang paling lama tidak kalian gunakan.

Untuk memberi lebih banyak ruang RAM untuk aplikasi yang baru saja akan kalian jalankan. Proses ini akan membuat beberapa penundaan pada OPPO A15 untuk mengosongkan RAM.

Oleh karena itu aplikasi kamera OPPO A15 akan berjalan lebih lambat. Cobalah untuk menutup aplikasi yang tidak kalian gunakan sebelum membuka aplikasi foto.

Jika kalian tidak terlalu mementingkan momen yang akan kalian foto, pertimbangkan untuk me-reboot atau memulai ulang OPPO A15 untuk membersihkan proses latar depan atau latar belakang.

Bagaimana Cara Memperbaiki Masalah Kamera Oppo A15?

Ponsel ini hadir dengan kamera depan dan belakang yang bagus. Kami akan mencoba memberikan beberapa langkah untuk memperbaiki masalah kamera OPPO A15. Silakan ikuti beberapa langkah di bawah ini:

1. Setel Ulang Pengaturan Kamera OPPO A15 ke Bawaan Pabrik

  • Buka aplikasi kamera Oppo A15
  • Masuk ke menu Setting / Pengaturan
  • Di halaman menu Setting / Pengaturan Kamera, temukan Pulihkan ke default / Bawaan Pabrik
  • Ok
  • Semua pengaturan kamera akan kembali ke bawaan pabrik

2. Reset kamera OPPO A15 ke Bawaan Pabrik

Sebenarnya langkah-langkah ini mirip dengan cara pertama, namun bedanya hanya pada proses awal. Silakan gunakan langkah-langkah ini ketika aplikasi Kamera tidak berjalan dengan baik

  • Buka menu Pengaturan
  • Pilih Manajemen Aplikasi
  • Kemudian Tampilkan Proses Sistem
  • Lalu pilih Kamera (scroll sampai ketemu)
  • Pada menu detail Kamera, silakan pilih Paksa Berhenti
  • Pada menu detail Kamera, silakan pilih Penggunaan Penyimpanan dan tekan Hapus Data
  • Saat meminta konfirmasi, silakan pilih Clear atau Ok. Kemudian aplikasi kamera OPPO A15 akan dikembalikan ke pengaturan default pabrik

3. Instal Aplikasi Kamera Alternatif untuk OPPO A15

Setelah mencoba cara pertama dan kedua, tetapi kamera OPPO A15 masih bermasalah, maka kalian dapat mencoba menginstal aplikasi kamera pihak ke-3 dari Google Play Store atau yang lainnya. Saat ini kami menyarankan untuk menginstal Open Camera dari Google Play Store. Aplikasi ini gratis dan memiliki beberapa fitur yang mendukung untuk OPPO A15. Atau kalian bisa juga meng-install GCam, untuk meng-install GCam pada Oppo A15 klik tautan berikut

Aplikasi GCam Untuk Oppo A15, Hasil Foto Jadi Lebih Memukau.

4. Lakukan Hard Reset

Opsi terakhir yang bisa kita coba saat kamera OPPO A15 tidak berfungsi dengan baik adalah dengan melakukan hard reset. Silakan ikuti langkah-langkah untuk hard reset OPPO A15 di artikel berikut ini.

2 Cara Reset Oppo A15 Kembali ke Pengaturan Pabrik

Harap berhati-hati, karena hard reset atau format ke default pabrik akan menghapus semua data dan aplikasi yang diinstal. Pastikan kami mencadangkan semua data sebelum melakukan hard reset.

Bagaimana Cara Memperbaiki Masalah Auto Focus Kamera OPPO A15 atau Kamera Buram?

Ponsel ini memiliki fitur autofokus. Tetapi beberapa pengguna semakin sulit untuk fokus dan beberapa dari mereka mendapatkan hasil foto blur. Ada beberapa kemungkinan yang dapat membuat sulit untuk fokus:

  1. Coba bersihkan lensa kamera OPPO A15. Mengapa ini penting? Karena debu kecil di depan kamera akan membuat sensor autofocus tetap fokus pada objek tersebut. Kita harus selalu memastikan lensa kamera kita bersih dengan cara rutin membersihkannya menggunakan kain lembut.
  2. Periksa apakah lensa kaca kamera OPPO A15 kami memiliki goresan atau tidak. Situasi ini mirip dengan masalah debu. Fokus otomatis akan menjaga fokus ke goresan itu dan membuatnya sulit untuk fokus pada objek nyata. Apabila terlihat goresan yang lebih besar, maka kami menyarankan untuk mengganti lensa kaca kamera dengan yang asli di pusat layanan resmi Oppo.
  3. Beberapa versi software/firmware juga akan membuat auto fokus kamera OPPO A15 tidak bisa bekerja dengan baik. Silakan coba backup dengan firmware terbaru atau upgrade versi Android.

FAQ lainnya tentang kamera OPPO A15

  • Apakah kamera depan OPPO A15 memiliki lampu kilat LED? Tidak, kamera selfie tidak memiliki flash khusus, tetapi kami dapat menggunakan lampu layar untuk membantu mengambil foto yang lebih baik pada kondisi yang sangat gelap.
  • Bisakah kita mengambil gambar di bawah air menggunakan OPPO A15? Tidak, ponsel ini tidak tahan air, oleh karena itu kami tidak dapat mengambil gambar atau video di dalam air.
  • Mengapa kamera dan foto OPPO A15 buram? Ini bisa terjadi karena perangkat lunak atau perangkat keras. Silakan ikuti langkah-langkah di atas untuk mengatur ulang aplikasi kamera dan memeriksa apakah lensa ponsel kita mengalami masalah.
  • Mengapa kamera OPPO A15 menunjukkan layar hitam atau kosong tidak menunjukkan apa-apa di layar? Jika aplikasi kamera macet atau bermasalah, layar akan menampilkan layar hitam. Kita perlu mengikuti langkah-langkah di cara pertama atau cara ke dua di atas untuk mereset perangkat kamera.

Semoga artikel mengenai mengatasi masalah Kamera Oppo A15 ini bisa membantu kalian.