Cara Menggunakan Kamera Mikroskop OPPO Reno7, Dapat Merekam Objek Terkecil!

Harga OPPO Reno7 4G 001

Pada paruh pertama tahun 2022, OPPO Indonesia telah meluncurkan tiga varian berbeda untuk OPPO Reno7 Series. Selain dua varian dengan 5G, varian termurah sebenarnya memiliki diferensiasi yang menarik. Ya, kamera mikroskop OPPO Reno7 4G memungkinkan pengguna untuk menangkap objek yang sangat kecil.

Boleh dibilang, OPPO memberikan diferensiasi unik pada versi termurah dari OPPO Reno7 ini. Selain mengusung sensor microlens, sensor kamera depan juga dibuat khusus. Membawa sensor Sony IMX709 yang sama dengan seri OPPO Find X5 Pro, di mana OPPO bekerja sama dengan Sony untuk membuat sensor khusus yang ditenagai oleh tipe AI dan RGBW.

Nah, penggunaan kamera mikroskop OPPO Reno7 ini sendiri berbeda dengan sensor makro pada umumnya yang banyak ditemukan di smartphone Android saat ini. Jika Anda tidak terbiasa dengannya, itu mudah digunakan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui.

Kamera Mikroskop OPPO Reno7 Berbeda dengan Macro Biasa

OPPO Reno7 4G

Apa yang membedakan kamera mikroskopis OPPO Reno7 dengan sensor makro? Untuk makro, sudut pandang gambar kurang lebih sama dengan sensor utama, hanya jarak fokus yang bisa lebih dekat — biasanya sekitar 4cm. Sedangkan lensa mikro atau micro sensor bisa lebih dekat dalam rentang perbesaran 15-30 kali untuk OPPO Reno7 4G. Spesifikasi perangkat keras juga bervariasi.

Resolusinya 2MP dengan bukaan f/3.3, memiliki sudut pandang 65 derajat dengan tiga lapis lensa plus lensa inframerah. Foto yang dihasilkan memiliki rasio 1:1 alias persegi — lebih cocok untuk diunggah ke feed Instagram, dan tentunya bisa Anda crop setelah mengambil foto dengan rasio yang diinginkan. Selain itu, OPPO juga menyematkan hardware khusus.

Jika OPPO Reno7 Z 5G memiliki Lampu Orbit Ganda Biru, pada lingkaran sensor kamera mikroskop OPPO Reno7 4G terdapat Lampu Orbit berwarna putih yang berfungsi sebagai penerangan tambahan saat memotret objek terkecil. Ini berarti Anda dapat mengambil objek dalam kondisi pencahayaan apa pun, meskipun akan lebih mudah jika ada cukup cahaya untuk menjaga objek tetap dalam fokus yang tepat.

Dapat Mengambil Foto Hingga Pembesaran 30x

kamera mikroskop OPPO Reno7 4G

Siap mencoba kamera mikroskop OPPO Reno7 4G? Anda tinggal membuka aplikasi kamera, lalu masuk ke menu More – Microscope. Antarmuka akan berubah menjadi bingkai gambar bulat, meskipun hasil akhirnya akan tetap menjadi rasio 1:1 persegi. Dan ada lebih banyak opsi zoom digital, dari 15x hingga 30x.

Karena sensor adalah tipe fokus tetap, Anda perlu memastikan panjang fokus akurat dengan objek — terkadang agak sulit saat objek dan kamera ponsel bergetar (seperti mencoba menangkap permukaan tangan Anda sendiri). Berikut adalah beberapa gambar dari kamera mikroskop OPPO Reno7. Secara berurutan, saya mengambil gambar dari bagian atas layar smartphone, karpet rumah, permukaan kulit dan sensor kamera Sony ZV-1.

UL8bfXDWBNl0OtLxd3T4FKuIBp0xQnZPXo25rQ4pWKjwWNhB0HKr5s hhngprftoTpLUUnkbaL22S 680jP81YrNdPO7KnbXe 6xzw7GPJPJJJ40JJJ40JJJ
XMOZBw fzD06dRwn3Q7Zf tkgkuVn39C1Qbet1ZS4fL7Eoici1Oo 2 L0aEBmr0lYcs oFA7VOskp1nQ5fGDs4G STRGtLgNEFHjGVgcUbt3p7Bef2f2fbdf
Anda
Ac K209YjyFsxxcZlGCFyj0nrP puGoo0QvoTFDapZPIJJnN7FsEI44O9 w3KcuXiWedWIxmpQ4 D6bFBnPBTdp21lIAEA08CtK7 rOalBJhm8p u 1r50Tr508o2JK

Meski hanya beresolusi 2MP, namun gambar yang dihasilkan dari kamera mikroskop OPPO Reno7 terlihat cukup tajam. Warna juga tepat untuk setiap objek. Saat pengambilan foto kedua dan keempat, kondisi pencahayaan cukup gelap. Menunjukkan bahwa Orbital Light yang ada mengelilingi sensor cukup efektif dalam memberikan penerangan.

Kehadiran kamera mikroskop OPPO Reno7 4G memungkinkan untuk mengambil foto yang berbeda dari yang lain. Tentunya selain hasil foto portrait yang memukau, berkat fitur seperti Portrait Flare Bokeh, didukung oleh AI Retouching yang dapat memperbaiki tekstur wajah sekaligus tetap terlihat natural.