2 Cara Melihat Waktu Penggunaan Aplikasi OPPO

Melihat Waktu Penggunaan Aplikasi – Mengelola waktu dalam pemakaian aplikasi ponsel sangat penting. Ponsel baru besutan OPPO mempunyai fitur khusus yang dapat memudahkan kalian untuk hal tersebut.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, sistem operasi Android telah berkembang dengan berbagai macam peningkatan dari berbagai sektor dari waktu ke waktu. Google telah menambahkan fitur kesehatan digital (digital wellbeing) sebagai salah satu dari perkembangan itu.

Fitur kesehatan digital ini memungkinkan pengguna menjalani kehidupan menjadi lebih baik. Pengguna bisa memanfaatkannya untuk memantau mulai dari pemakaian aplikasi, seberapa sering kalian membuka layar kunci, sampai dengan jumlah notifikasi.

Baca Juga: Aplikasi GCam Untuk Oppo A15, Hasil Foto Jadi Lebih Memukau

Sejumlah produsen ponsel pada akhirnya juga ikut mengadopsi fitur ini. Ponsel OPPO yang juga menggunakan Android sebagai sistem operasinya pun demikian.

Walaupun dibalut dengan antarmuka bernama ColorOS, fitur kesehatan digital pada ponsel OPPO masih menggunakan dukungan asli dari Google. Oleh karena itu kita kalian bisa menggunakannya seperti pada ponsel Android secara umum.

Dengan aplikasi kesehatan digital ini, pengguna bisa melihat apa saja yang sering digunakan dan memperoleh informasi secara lebih detail mengenai lama pemakaian aplikasi.

Cara Melihat Waktu Penggunaan Aplikasi di OPPO

1. Menggunakan Fitur Kesehatan Digital

  1. Masuk ke Settings
  2. Digital Wellbeing & Parental Controls
  3. Pada bagian Your Digital Wellbeing tools, terlihat informasi mengenai penggunaan aplikasi
  4. Pilih grafik untuk melihat detailnya

Fitur kesehatan digital ini sayangnya hanya tersedia untuk perangkat terbaru OPPO yang menggunakan ColorOS 6 atau yang lebih tinggi. Kalian bisa mengecek versi calorOS dengan mengunjungi halaman Settings > About Phone.

Apabila ponsel OPPO kalian masih menggunakan sistem ColorOS 6 kebawah, bisa juga tapi dengan cara yang lain.Salah satunya dengan aplikasi pihak ketiga seperti StayFree yang bisa kalian donwload dari Google Play Store.

2. Menggunakan Aplikasi StayFree

  • Download aplikasi StayFree
  • Buka Aplikasi StayFree
  • Masukkan informasi tahun lahir agar aplikasi bisa menyesuaikan pengaturannya sendiri
  • Bacalah ketentuan layanan dan pilih Agree
  • Ikuti saja petunjuk yang ada pada jendela yang muncul
  • Pilih Grant Permission kalau aplikasi meminta akses ke data pemakaian
  • Aktifkan pengaturan Usage Data Access untuk StayFree
  • Pada aplikasi StayFree, kalian bisa mengetahui informasi waktu pemakaian aplikasi

StayFree adalah aplikasi yang memiliki fungsi serupa dengan fitur kesehatan digital dari Google antara melihat waktu penggunaan aplikasi. Kalian bisa memanfaatkannya untuk membatasi waktu atau membuat beberapa mode dalam pemakaian ponsel (seperti fokus dan tidur).

Aplikasi StayFree memang bukanlah satu satunya aplikasi yang mendukung fitur kesehatan digital, tetapi aplikasi ini adalah salah satu yang terbaik. Pengunduhan Aplikasi sudah diunduh 1jt kali dan mendapatkan rating yang sangat baik oleh penggunanya di Google Play Store.