Benarkah Kamera Redmi Note 9 Pro Kemasukan Debu? Cara mengatasinya yaitu

Setiap smartphone pastilah memiliki kelemahannya masing-masing. Permasalahan itu akan segera user atau pengguna ketahui setelah memakainya beberapa hari atau bahkan minggu. Nah permasalahan pertama yang mucul pada ponsel ini adalah muncul debu di Kamera Redmi Note 9 Pro dalam lensa kamera belakang. Masalah kamera berdebu ini baru terjadi mengingat seri sebelumnya tidak ada kasus demikian.

Baca Juga: Cara Ganti Font Xiaomi MIUI 12, Pasti Bisa Tanpa Gagal

Dalam grup Facebook Redmi Note 9 Pro, ada pengguna mengeluhkan kamera belakang Redmi Note 9 Pro-nya masuk debu. Untuk debunya sendiri bermacam-macam dan kebanyakan halus, kecil, kotor.

Baca Juga: Layar 120Hz Poco X3 NFC, Begini Cara Kerjanya

Berikut beberapa foto kameranya kemasukan debu halus.

  • Benarkah Kamera Redmi Note 9 Pro Kemasukan Debu? Cara mengatasinya yaitu

Sumber: Grup facebook Redmi Note 9 Pro

Debu yang masuk akan sangat terlihat jelas apabila kita foto menggunakan kamera ponsel lain dan dengan lampu Flash menyala. Hingga kini tidak dapat memastikan apa penyebab utama kemunculan pasir debu kotor pada kamera Redmi Note 9 Pro.

Ada kemungkinan berdasarkan asumsi publik, terdapat celah pada sisi kamera belakang sehingga menimbulkan debu dan kotoran lain yang mudah masuk. Dalam hal ini mereka menduga adanya kesalahan pabrik selama proses perakitan yang kurang rapi menyebabkan sela-sela menuju lensa kamera berdebu makin berantakan.

Baca Juga: 4 Kekurangan Redmi Note 8 Pro dan Cara Mudah Untuk Mengatasinya

Untuk solusi hal ini memang sulit mengingat melibatkan komponen peranti keras yang harus dibersihkan. Tapi sobat bisa mencegah supaya tidak kemasukan atau muncul debu pada kamera Redmi Note 9 Pro.

Berikut Tips-nya:

1. Gunakan case yang bisa melindungi bagian kamera belakang seperti Nillkin atau Spigen. Jadi pada sisi kameranya bisa buka tutup.

2. Pasangkan pelindung kamera belakang khusus Xiaomi Redmi Note 9 Pro. Harganya bervariasi, ada yang Rp5 ribuan hingga 20 ribu rupiah.

3. Jagalah selalu kebersihan bagian belakang bodi Smartphone.

Baca Juga: Cara Hilangkan Iklan HP Xiaomi

4. Usahakan jangan asal menaruh ponsel pada sembarang tempat, maka dari itu disarankan memakai antigores kamera supaya tidak mudah terpapar debu dan kotoran lain.

5. Bersihkan rutin bagian bodi belakang Redmi Note 9 Pro sebagai langkah pencegahan masuknya debu.

Apabila kamera Redmi Note 9 Pro sudah terlanjur berdebu, kami sarankan klaim garansi jika memang bisa dan masih aktif, nantinya tim teknisi Xiaomi akan membantu membersihkannya. Sukur-sukur kalian mendapatkan penggantian perangkat langsung, tanpa harus menunggu.

Baca Juga: Memindahkan Icon Speed Internet MIUI 11

Update Terbaru:

Bos Xiaomi Indonesia, Alvin Tse pernah membalas DM dari anggota grup facebook REDMI NOTE 9 & NOTE 9 PRO INDONESIA dan anggota grup itu memajang screenshot percakapannya dengan Alvin Tse dalam grup.

Note: Foto Screenshotnya tak dapat saya temukan lagi, maaf

Dalam percakapan itu, intinya Bos Xiaomi menyarankan untuk mengambil Redmi Note 9 Pro yang Batch 8 atau bulan Agustus 2020. Keluaran Batch 8 (Bulan Agustus) Bos Xioami Alvin Tse menjamin sudah memperbaiki permasalahan debu pada perangkat Redmi Note 9 Pro.

Baca Juga:
Issue: Green Tint di Layar Poco F2 Pro dan Cara Mengatasinya?