Kekurangan dari Xiaomi Redmi Note 8 Pro dan Cara Mengatasinya

Saya membeli Redmi Note 8 Pro ini di bulan Februari tahun 2020. Sebelumnya saya menggunakan Redmi Note 8 yang biasa saja tanpa embel-embel Pro nya. Kemudian Saya menjual Redmi Note 8 karena tertarik dengan pembahasan para YouTubers YouTubers tentang Redmi Note 8 Pro, terutama pembahasan chipset yang dipakai Redmi Note 8 Pro oleh Sobat HAPE, Chipset gaming katanya. Tentunya saya belum tau kekurangan dari Redmi Note 8 Pro ini.

Baca Juga: Issue : Muncul Debu di Kamera Redmi Note 9 Pro

Harapan saya tadinya dengan menggunakan Redmi Note 8 Pro bisa me setting grafik game-game yang saya mainkan jadi rata kanan, terutama untuk mobile legends dan pubg mobile. Selain itu saya memilih Redmi Note 8 Pro ketimbang Redmi Note 8 biasa karena ukuran layarnya lebih besar dan desain yang lebih menarik dari Redmi Note 8 biasa. Setelah pemakaian beberapa hari barulah ketemu kekurangan yang saya rasakan di Redmi Note 8 Pro ini. Berikut kekurangan Redmi Note 8 Pro dan cara mengatasi-nya.

1. Backdoor Redmi Note 8 Pro Panas Saat Bermain Game

Kalau bermain game PUBG Mobile, backdoor si Redmi Note 8 Pro terutama dekat area pinggir kamera tearasa panas hampir banget. Panas bukan hangat lagi, jadi sangat mengganggu saat bermain game, terutama pada area yang saya lingkari merah.

Kekurangan dari Xiaomi Redmi Note 8 Pro dan Cara Mengatasinya

Solusi Mengatasi Backdoor Redmi Note 8 Pro Panas Saat Bermain Game

Cara saya mengatasi-nya dengan membeli spigen yang rada tebal. Jadi panas itu kurang terasa mengganggu dan dapat meningkatkan kenyamanan saya dalam bermain game. Performa Redmi Note 8 Pro di dalam game tidak terganggu sama sekali walaupun si Redmi Note 8 Pro sudah demam tinggi, tetap stabil dan jarang sekali ketemu frame drop.

2. Peletakkan Lubang Jack Audio 3.5 mm

Lokasi lubang Jack audio berada pada bagian bawah sudut sebelah kiri. Jadi, saat saya memainkan game atau memutar video dengan menggunakan headset berkabel akan mengalami gangguan memegangnya, sangat tidak nyaman.

Kekurangan dari Xiaomi Redmi Note 8 Pro dan Cara Mengatasinya

Solusi Dari Peletakkan Lubang Jack Audio 3.5 mm

Saat menggunakan Redmi Note 8 Pro dalam mode landscape seperti bermain game atau saat menonton video sambil menggunakan headset berkabel. Bagian bawah si Redmi Note 8 Pro pada tangan sebelah kiri sedangkan bagian atas Redmi Note 8 Pro berada pada tangan sebelah kanan.

Kekurangan dari Xiaomi Redmi Note 8 Pro dan Cara Mengatasinya

3. Jaringan SIM CARD Redmi Note 8 Pro Sering Eror

Kalo Redmi Note 8 Pro tidak kita apa apain dalam waktu yang lama, seperti pagi hari. Intinya kita tidak mengoperasikan redmi note 8 pro sama sekali. Sim Card Redmi Note 8 Pro bisa frezz atau hank, jadi tidak bisa menggunakan internet, panggilan telepon ataupun SMS dan begitu juga sebaliknya tidak bisa menerima panggilan dan mengirim SMS.

Solusi Pertama Mengatasi Jaringan SIM CARD Redmi Note 8 Pro Sering Eror

Nah cara saya mengakalinya atau memperbaiki hal ini yaitu dengan me-restart Redmi Note 8 Pro. Setelah melakukan restart, Redmi Note 8 Pro saya kembali normal. Kembali bisa internetan, melakukan panggilan, menerima panggilan, mengirim SMS dan menerima SMS lagi.

Solusi Kedua Mengatasi Jaringan SIM CARD Redmi Note 8 Pro Sering Eror

Cara lain mengatasi permasalah ini yaitu dengan disable atau menonaktifkan DSDS (Dual Sim Dual Standby) Redmi Note 8 Pro. Trik ini  ketemu karena saya iseng-iseng mengecek pada dial pad tepatnya pada kode *#*#4636#*#*

Kalau kalian sudah masuk kedalam menunya. Terdapat sebuah menu pilihan untuk disable atau menonaktifkan DSDS (Dual Sim Dual Standby). Pada awalnya saya cuma mau coba-coba saja, mana tahu dengan disable atau menonaktifkan DSDS (Dual Sim Dual Standby) ini bisa memperbaiki masalah yang saya alami sekarang ini yaitu jaringan yang sering error.

Ternyata benar saja, setelah saya disable atau menonaktifkan DSDS (Dual Sim Dual Standby) Redmi Note 8 Pro. Sangat jarang sekali saya menemukan sim card tiba-tiba hank seperti yang saya ceritakan sebelumnya, intinya tetap masih ada. hehehe

Dengan menerapkan trik ke dua ini masalah baru muncul. Sekarang SIM 2 saya tidak bisa membaca SIM CARD lagi, jadi yang bisa membaca kartu hanyalah SIM 1 saja. Setelah saya telusuri postingan dalam grup facebook Redmi Note 8 Pro, ternyata ada juga yang mengalami masalah yang sama seperti saya. Cara user itu untuk mengatasinya yaitu dengan dengan reset ulang Redmi Note 8 Pro. Benar saja, setelah saya mereset ulang Redmi Note 8 Pro saya, SIM 2 redmi note 8 pro dapat kembali saya gunakan.

4. Layar Kurang Baik Saat Diluar Ruangan

Ketika tidak berada dalam ruangan, apalagi kalau lagi panas terik. Sangat sulit sekali melihat layar Redmi Note 8 Pro. Saya harus memaksimalkan brightness barulah si layar Redmi Note 8 Pro dapat kelihatan, itupun masih belum begitu jelas. Mungkin inilah kekurangan dari layar IPS. ya mau bagaimana lagi, dengan harga murah mau minta yang bagus. Mana bisa. Hehehehe

Baca Juga: Layar 120Hz Poco X3 NFC, Begini Cara Kerjanya

Semua yang saya paparkan ini adalah murni dari pendapat saya pribadi setelah memakai beberapa minggu. Semoga artikel ini bermanfaat untuk teman-teman yang punya keingginan meminang Redmi Note 8 Pro. Oya, Redmi Note 8 Pro yang saya gunakan Ram 6 dan Internal 128 GB.