Layar 120Hz Poco X3 NFC, Begini Cara Kerjanya
Screenshot YouTube

Layar 120Hz Poco X3 NFC – Kembali Xiaomi dengan sub brandnya Poco X3 NFC memberikan trobosan baru, dengan bermodalkan spesifikasi yang bisa dibilang wah dan harga yang jauh dari para pesaingnya. Layar dengan refresh rate 120Hz adalah salah satu fitur unggulan smarphone keluaran baru ini.

Transisi konten yang tampil pada layar smartphone akan terlihat semakin lancar dan nyaman dimata. Maka dari pada itu semakin tinggi refresh rate sebuah layar smartphone maka semakin nyaman pula kita menggunakannya untuk scrolling ataupun bermain game. Layar dengan refres rate 120Hz ini biasanya berada smartphone kelas atas saja, namun kini hadir pada smartphone kelas menengah.

Baca Juga: Pembunuh Smartphone Kelas Menengah, Review POCO X3 NFC

Alvin Tse (Country Director Xiaomi Indonesia) pada launching Poco X3 NFC Kamis (15/10/2020) Pukul 20.00 WIB secara online menjelaskan cara kerja refresh rate 120Hz yang ada pada layar Poco X3 NFC.

“Poco X3 NFC membawa fitur layar dengan refresh rate 120Hz. Memberi pengalaman scrolling yang super mulus,” ujarnya saat mempresentasikan Poco X3 NFC.

Dynamic Switch

Layar 120Hz Poco X3 NFC, Begini Cara Kerjanya
Screenshot YouTube

Alvin juga menjelaskan kalau layar refresh rate 120Hz aktif sepanjang waktu, akan menguras baterai. Untuk mengatasi itu Poco X3 NFC hadir membawa teknologi terbaru yang bernama DynamicSwitch.

Layar akan secara otomatis menyesuaikan refresh rate berdasarkan aktifitasnya. Itulah pengertian dari DynamicSwitch terang Alvin Tse.

Karena kehadiran teknologi baru ini, refresh rate layar Poco X3 NFC akan menyesuaikan otomatis tergantung penggunannya. Menurun menjadi 60Hz saja jika kita hanya menonton video. Menjadi 50Hz kalau lagi melihat foto. Refresh Rate akan meningkat menjadi 90Hz – 120Hz kalau scrolling media sosial dan bermain game.

Baca Juga: 6 Kelebihan Xiaomi POCO M3 Beserta Kekurangannya

Kalau untuk bermain game, kemungkinan menyesuaikan antara 90Hz sampai 120Hz. Akan beralih ke refresh rate yang lebih kecil untuk menghemat baterai Poco X3 NFC, jelas Alvin Tse.

Fitur layar 120Hz ini akan membawa Poco X3 berada diatas angin meninggalkan para kompetitornya. Tidak ada ponsel kelas menengah untuk saat ini yang memiliki fitur layar dengan refresh rate 120Hz. Biasanya spesifikasi seperti ini hanya hadir pada smartphone kelas flagship saja.

Touch Sampling Rate 240Hz Poco X3 NFC

Layar 120Hz Poco X3 NFC, Begini Cara Kerjanya
Screenshot YouTube

Layar Poco X3 NFC juga hadir dengan fitur touch sampling rate hingga 240Hz. Touch Sampling Rate yang tinggi akan menjadikan kombinasi antara kontrol dengan sensitivitas yang tinggi dan respon yang cepat.

Baca Juga: Mengenal Penyebab Layar HP Tidak Bisa Disentuh

Kelebihan dari tingginya refresh rate dan touch sampling rate ini, akan lebih berasa ketika bermain game. Gameplay terlihat lebih halus dan respon dari sentuhan juga akan lebih cepat. Satu lagi Layar Poco X3 NFC sudah terlindungi oleh Corning Gorilla Glass 5.

Baca Juga: Issue : Muncul Debu di Kamera Redmi Note 9 Pro