Tips  

4 Cara Mudah Menghilangkan Embun di Kamera HP

Cara Mudah Menghilangkan Embun di Kamera HP

Menghilangkan Embun di Kamera – Mengabadikan suatu moment dengan kamera HP memang sudah menjadi sesuatu yang sering dilakukan hampir oleh setiap orang. Namun pada saat hujan atau kau berenang, seringkali pengguna HP menemukan embun pada bagian kamera. Tentu saja embun ini akan membuat hasil foto menjadi kurang bagus atau buram. Untuk itu karena harus tahu cara menghilangkan embun pada kamera HP.

Terkadang embun yang ada pada kamera HP ini bisa hilang dengan sendirinya, namun ada juga yang sudah beberapa hari tidak juga hilang dari lensa kamera HP. Hal ini tentu harus segera diatasi, karena akan menghalangi kalian mengabadikan momen yang yang bagus. Otomatis kamera yang berembun akan menghasilkan foto yang kurang.

Sebenarnya ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kamera HP berembun, penyebabnya antara lain ;

  • Kaca kamera HP yang bermasalah
  • Body HP yang yang sudah tidak rapat lagi
  • Pernah tersiram air secara langsung
  • Lingkungan yang kelembabpannya tinggi
  • Berhujan-hujanan

Meskipun rata-rata ponsel keluaran terbaru saat ini banyak yang mengklaim sudah bisa dibawa hujan-hujanan ringan atau cipratan air. Namun permasalahan kaca kamera berembun masih saja sering terjadi. Contohnya saja Redmi Note 9 pro, pada awal peluncuran diisukan kaca kamera bagian belakang bisa kemasukan debu. Walaupun tidak mendapat sertifikasi IP 53, berarti HP ini masih ada ruang pada lensa kamera yang menyebabkan debu bisa masuk ke dalam kamera.

Baca Juga : Cara Mengatasi Kamera XIAOMI POCO M3 Bermasalah

Melalui beberapa cara yang akan kita bahas dibawah ini, semoga bisa membantu mengatasi kamera HP berembun

Cara Mudah Menghilangkan Embun di Kamera HP

1. Masukkan ke Dalam Tempat Beras

Cara Mudah Menghilangkan Embun di Kamera HP
Cara Mudah Menghilangkan Embun di Kamera HP

Cara menghilangkan embun di kamera HP yang pertama yaitu dengan memanfaatkan beras, karena sifatnya beras itu dapat menyerap air.

Cukup memasukkan HP yang lensa kamera berembun ke dalam tempat beras sampai tenggelam. Kalau perlu rendam sampai ai 24 jam, apabila masih terdapat embun pada lensa kamera cobalah lagi tambah 24 jam. Sebenarnya cara inilah yang paling terampuh dari yang lainnya dan juga yang paling praktis, karena tidak harus membongkar HP kalian.

2. Silica Gel Bisa Menghilangkan Embun di Kamera HP

Mungkin beberapa diantara kalian ada yang tidak tahu apa itu silica gel. Silica gel adalah butiran kecil yang terbungkus berwarna putih pada saat membeli sepatu itu atau barang-barang elektronik.

Fungsinya adalah membuat sepatu atau barang-barang elektronik terhindar dari kelembaban. Silica gel ini yang akan kita gunakan untuk menghilangkan embun di kamera HP.

Caranya cukup kalian ambil kotak yang seukuran dengan HP kalian, kemudian taruh silica gel di kamera HP yang berembun. Sebaiknya hal ini kalian lakukan pada malam hari ketika kalian hendak tidur.

3. Hair Dryer

Dalam menggunakan hair Dryer untuk menghilangkan embun pada kamera HP haruslah berhati-hati. Karena takutnya ada komponen di dalam HP yang meleleh.

Usahakan tembakan hair dryer tepat pada kamera HP yang berembun, kalau bisa jangan lama-lama melakukan hal ini.

4. Fan Laptop

Nah ini cara terakhir menghilangkan embun di kamera HP yang mungkin bisa kalian lakukan kalau tidak memiliki hair dryer. Panas dari fan laptop tidak sepanas hair dryer. Jadi bisa lebih aman sedikit daripada menggunakan hair dryer.

Caranya dekatkan kamera HP yang berembun pada fan laptop. Hal ini mungkin yang paling gampang juga, karena sambil kerja kalian bisa sambil menghilangkan embun pada kamera HP.

Demikian artikel cara menghilangkan embun pada di kamera HP, semoga cara-cara yang kami berikan berhasil menghilangkan embun pada kamera HP kalian.