4 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok, Tunggu Apa Lagi
Mendapatkan Uang dari TikTok

Kalian pasti sudah tahu, mengapa TikTok menjadi sangat digemari untuk sekarang ini? Bukan hanya kerena seru-seruan saja, tetapi juga ada cara mendapatkan uang dari TikTok loh.

Baca Juga: 2 Cara Menghapus Komentar TikTok Lewat HP dan PC Dengan Mudah

Mulai dari yang muda sampai dengan paruh baya, mungkin sudah sangat kenal dengan TikTok. Hal ini tidak terjadi hanya di Indonesia, tapi seluruh dunia.

Itu karena pengguna aplikasi TikTok dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk mendapatkan uang. Tidak tanggung-tanggung, ada 6 cara menghasilkan uang dari TikTok yang mungkin bisa kalian coba.

Sebenarnya apa itu TikTok?

TikTok adalah sebuah platform media sosial, yang penggunanya bisa merekam video singkat dengan iringan musik.

Aplikasi ini awalnya bernama Douyin. Perusahaan yang merilis aplikasi ini berasal dari China yaitu ByteDance pada 2016. Hanya dalam satu tahun, Douyin memiliki sekitar 100jt pengguna dari China.

Dengan keberhasilan ini, perusahaan ini merebranding dengan nama TikTok. Tujuannya, tidak lain agar dapat lebih diterima oleh pasar global. Perusahaan ini pun berhasil, TikTok saat ini telah memiliki sekitar satu miliar pengguna aktif dari seluruh dunia.

Awalnya di Indonesia, banyak yang memandang TikTok sebelah mata. Banyak yang mengecap sebagai aplikasi alay, bahkan pada tahun 2018 sempat Kominfo blokir. Namun pada bulan Agustus tahun 2020, pengguna TikTok dari Indonesia telah tembus angka 22,2jt

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

Terdapat beberapa cara mendapatkan uang dari aplikasi TikTok. Baik bagi kalian pemilik sebuah brand, akun personal atau bahkan untuk seorang pemula. Cara efektif yang bisa kalian lakukan adalah sebagai berikut:

1. Sponsored Content Post

Sebagai influencer dari TikTok yang mempromosikan suatu brand.

Biasanya, sebuah brand akan melihat banyaknya followers, like dan tayangan video TikTok kalian. Hal ini untuk mengukur tingkat engagement content creator TikTok.

Dari sana brand akan melihat, apakah followers kalian cocok dengan target mereka.

Cara seperti ini cocok bagi kalian yang sudah punya followers ribuan. Karena itu, sebelum dapat menerima tawaran dari Sponsored Content Post, kalian harus berusaha menaikkan followers terlebih dahulu.

Kami memiliki beberapa cara agar followers TikTok kalian meningkat;

  • Menemukan niche konten yang bagus
  • Uploadlah video yang menarik
  • Jangan asal post, tapi edit video kalian sebelum kalian post
  • Konsisten atau terjadwal dalam mengupload video
  • Optimasilah profile TikTok kalian
  • Seringlah mengikuti challenge yang lagi viral
  • Buat video Kolaborasi dengan pengguna TikTok yang lain
  • Share konten TikTok kalian ke sosial media lain
  • Upload pada jam orang lagi santai, jangan pada jam sibuk kerja ya

2. Donasi atau Payout Coins

Terdapat banyak cara mendapatkan uang dari TikTok saat followers kalian sudah banyak. Salah satunya adalah dari donasi yang penonton atau fans berikan saat kalian live streaming.

Sistemnya hampir sama Twitch dan juga Likee. Ketika live streaming, TikTok memungkinkan viewer untuk memberikan stiker gift, yang nantinya stiker gift ini bisa kalian tukarkan dengan uang.

Viewer memberikannya untuk menghargai usaha dari content creator TikTok. Jadi, selalulah membuat konten yang menarik perhatian banyak orang dan juga bermanfaat ya.

3. Jasa Pengelola (TikTok Manager)

Cara kerjanya yaitu, kalian mengelola akun TikTok seseorang agar bisa berkembang pesat.

Sasarannya bukan hanya content creator, tapi juga brand atau perusahaan yang menggunakan aplikasi TikTok Sebagai bahan promosinya.

Tugas dari jasa Pengelola akun ini antara lain;

  • Meningkatkan jumlah tayangan video, like, followers, like hingga engagement
  • Membuat strategi content marketing
  • Ide kreatif konten TikTok;
  • Mengatur tawaran kerja sama

4. Jual Beli Akun TikTok

Kalau kalian sudah mahir membangun engagement dengan followers, cara terbaik untuk menghasilkan uang dari TikTok adalah dengan jual beli akun.

Konsepnya sangat sederhana, berikut hal yang perlu kalian lakukan;

  • Membuat akun dengan nice tertentu
  • Mengembangkan viewer, followers, like dan engagement
  • Setelah akun memiliki jumlah viewer, followers dan like yang banyak. Bisa kalian jual pada rand atau perusahaan dengan bidang yang sama atau juga pada personal yang berminat.

Sekian dulu artikel cara mendapatkan uang dari TikTok, semoga bermanfaat. Terimakasih…

Baca Juga: Cara Mengedit Video dengan HP Android Untuk Pemula