Cara Mengatasi Kamera XIAOMI POCO M3 Bermasalah

Cara Mengatasi Kamera XIAOMI POCO M3 Bermasalah – Tips dan trik memperbaiki masalah XIAOMI POCO M3. Ini adalah smartphone kelas menengah tanpa koneksi 5G, tapi dapat menggunakan broadband data 4G LTE untuk akses Internet yang cepat. Ponsel ini memiliki slot dual simcard yang bisa standby bersama, tapi kita hanya bisa menggunakan satu panggilan telepon dalam satu waktu dan menggunakan Android 10.0 sebagai sistem operasi bawaan pabrik.

Baca Juga: Cara Install Gcam Poco M3, Kualitas Foto Jadi Mantap

Ponsel ini adalah smartphone mid-end yang menggunakan Android 10 sebagai sistem operasi default pabrik. Memiliki triple kamera, menggunakan sensor Samsung S5KGM1 pada kamera utama 48 megapiksel Quad-Bayer f / 1.8 untuk lebar standar, 2 kamera lainnya 2 megapiksel f / 2.4 untuk makro dan kedalaman ruang atau efek buram bokeh. Kamera depan menggunakan 8 megapiksel f / 2.1 tetapi tidak memiliki autofokus.

Untuk memberikan hasil foto berkualitas tinggi yang superior dan kinerja autofokus yang cepat, ponsel ini menggunakan CPU Qualcomm SM6115 Snapdragon 662 dengan gpu Qualcomm Spectra 340T. Namun, beberapa pengguna mendapatkan masalah dengan kamera XIAOMI POCO M3. Tentang saja, kami akan coba memberikan solusi sederhana untuk memperbaiki masalah kamera XIAOMI POCO M3.

Baca Juga: 6 Kelebihan Xiaomi POCO M3 Beserta Kekurangannya

Bagaimana Cara Mengatasi Kamera XIAOMI POCO M3 Bermasalah?

Ada beberapa kemungkinan yang dapat membuat kamera XIAOMI POCO M3 kami bermasalah atau tidak dapat berfungsi dengan baik.

Langkah 1 Cara Mengatasi Kamera XIAOMI POCO M3

Setel Ulang Kamera XIAOMI POCO M3 ke Default Pabrik menggunakan Menu Pengaturan Kamera:

  • Pastikan aplikasi Kamera masih bisa berfungsi / berjalan saat Ikon Kamera ditekan
  • Tekan Ikon Kamera untuk mengaktifkan aplikasi Kamera
  • Masuk ke menu Setting di dalam aplikasi Kamera ini, biasanya menu icon berbentuk kotak 3 garis pada aplikasi kamera, kemudian pilih Setting
  • Di menu default Pengaturan Kamera, gulir dan temukan Pulihkan Pengaturan default
  • Silakan pilih OK ketika XIAOMI POCO M3 meminta konfirmasi untuk Mengatur ulang semua pengaturan kamera ke default pabrik

Langkah 2 Cara Mengatasi Kamera XIAOMI POCO M3

Reset kamera XIAOMI POCO M3 ke Default Pabrik menggunakan Menu Pengaturan:

Sebenarnya langkah-langkah ini mirip dengan Langkah 1 di atas yang telah kita bagas, tetapi yang berbeda hanya pada proses awalnya saja. Silakan gunakan langkah-langkah ini ketika aplikasi Kamera tidak berjalan saat menekan Ikon Kamera

  • Buka Menu Pengaturan
  • Pilih Aplikasi Sistem
  • Pilih Kamera
  • Di menu detail Kamera, gulir dan temukan Pulihkan pengaturan default
  • Ketika meminta konfirmasi, silahkan pilih Ok. Kemudian XIAOMI POCO M3 akan dikembalikan ke pengaturan default pabrik

Langkah 3

Instal Aplikasi Kamera Alternatif untuk XIAOMI POCO M3:

Setelah mencoba Langkah 1 dan Langkah 2, tetapi kamera XIAOMI POCO M3 masih juga belum berfungsi, maka kita dapat mencoba menginstal kamera alternatif pihak ke-3 dari Google Play Store, saat ini kami merekomendasikan untuk menginstal Open Camera, cari dari Google Play Store. Aplikasi ini gratis dan memiliki beberapa fitur untuk bekerja dengan XIAOMI POCO M3.

Bagaimana Cara Mengatasi Kamera XIAOMI POCO M3 Bermasalah Pada Fokus Otomatis?

Beberapa pengguna mendapatkan masalah dengan kamera XIAOMI POCO M3 tidak dapat fokus dengan baik. Beberapa masalah selalu terjadi tetapi beberapa pengguna lain terkadang fokus beberapa saat tidak fokus. Ada beberapa kemungkinan yang dapat membuat Anda sulit untuk fokus:

  • Coba bersihkan lensa kamera XIAOMI POCO M3. Mengapa ini penting? Karena jika ada debu kecil di depan lensa kamera, maka kamera otomatis akan fokus ke debu atau benda kotor tersebut. Oleh karena itu harus memastikan untuk membersihkan lensa kamera kami dengan kain lembut.
  • Periksa apakah lensa kaca kamera XIAOMI POCO M3 memiliki goresan atau tidak. Goresan juga akan membuat fokus kamera menjadi bingung. Jika mengalami masalah ini, maka coba ganti lensa kaca kamera dengan yang asli di pusat layanan resmi Xiaomi.
  • Beberapa versi software / firmware juga akan membuat auto fokus kamera XIAOMI POCO M3 tidak dapat bekerja dengan baik. Silakan coba backup dengan firmware terbaru atau upgrade versi Android.

Semoga cara ini dapat Mengatasi masalah Kamera Xiaomi poco m3

Baca Juga: Kode Tersembunyi Poco M3, Rahasia Fitur Yang Menarik

FAQ lain dari kamera XIAOMI POCO M3:

  • Apakah kamera depan XIAOMI POCO M3 dilengkapi LED light flash? Tidak, kamera selfie tidak memiliki flash khusus, tetapi kami dapat menggunakan lampu layar untuk membantu mengambil foto yang lebih baik pada kondisi yang sangat gelap.
  • Bisakah kita mengambil gambar di bawah air menggunakan XIAOMI POCO M3? Tidak, ponsel ini tidak tahan air, oleh karena itu kami tidak dapat mengambil gambar atau video di dalam air.
  • Mengapa kamera dan foto XIAOMI POCO M3 buram? Itu bisa terjadi karena perangkat lunak atau perangkat keras. Silakan ikuti langkah-langkah di atas untuk mengatur ulang aplikasi kamera dan memeriksa apakah lensa ponsel kami bermasalah.
  • Mengapa kamera XIAOMI POCO M3 menampilkan layar hitam atau layar kosong tidak menunjukkan apa-apa? Jika aplikasi kamera macet atau bermasalah, tampilan akan menampilkan layar hitam. Kita perlu mengikuti langkah-langkah 1 atau 2 di atas untuk mengatur ulang perangkat lunak kamera.
  • Bagaimana Cara Memperbaiki Kamera XIAOMI POCO M3 Lambat atau Lagging? Biasanya terjadi karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan bersama atau sumber daya RAM kita tidak mencukupi, oleh karena itu ponsel ini akan menutup paksa aplikasi lain sebelum menjalankan aplikasi kamera.

Baca Juga: Perbandingan Realme GT Master Edition Vs Poco X3 GT, HP 4 Jutaan

Mengapa Kamera XIAOMI POCO M3 Lambat Responsif Atau Tertinggal?

Semua aplikasi yang berjalan perlu menggunakan prosesor dan sumber daya RAM. Hal ini juga diperlukan saat menjalankan aplikasi kamera XIAOMI POCO M3. Ketika beberapa aplikasi berjalan di background atau foreground, maka RAM kita akan menjadi rendah atau tidak cukup. Apa yang akan terjadi jika RAM XIAOMI POCO M3 tidak mencukupi? Untuk mencegah ponsel ini hang, XIAOMI POCO M3 akan mencari aplikasi yang tidak digunakan untuk ditutup agar memberikan lebih banyak kapasitas RAM. Proses ini akan membuat beberapa penundaan atau jeda waktu. Oleh karena itu bila kita ingin serius membuat foto atau video performance, maka silahkan tutup semua yang tidak digunakan atau lakukan soft reset atau reboot sebelum menjalankan aplikasi kamera XIAOMI POCO M3.

Demikian beberapa cara mengatasi kamera XIAOMI POCO M3 Bermasalah, semoga bermafaat bagi yang membutuhkan.

Baca Juga: Cara Ganti Font Poco M3, Banyak Jenis Font Yang Keren