Mencegah Backdoor Ponsel Plastik Kena Jamur dan Cara Mengatasinya

Mencegah Backdoor Ponsel Plastik Kena Jamur dan Cara Mengatasinya – Saat ini memang terdapat banyak sekali jenis ponsel Android yang ada di pasaran. Mulai dari produk dalam negeri sendiri hingga produk dari luar. Hal ini terkadang membuat para konsumen Smartphone Android bingung mau membeli yang mana, karena sangking banyaknya itu.

Semua jenis Smartphone Android itu memang mirip tampilannya luarnya, tetapi kalau dari segi Spesifikasi pasti berbeda. Apalagi untuk saat ini Smartphone Android hampir ada pada setiap Level Segment Pasar. Apakah itu kelas atas (Flahship), kelas menengah (Mid Range) hingga kelas bawah (Entri Level) terdapat banyak variant.

Baca Juga: 4 Kekurangan Redmi Note 8 Pro dan Cara Mudah Untuk Mengatasinya

Belakangan ini, jenis ponsel berbahan material plastik justru lebih identik dengan ponsel murah. Penggunaan material plastik dalam pembuatan backdoor ponsel benar-benar dapat menekan ongkos produksi sebuah pabrikan smartphone. Tentunya dengan demikian para pabrikan smartphone akan mendapatkan keuntungan yang banyak karenanya. Namun smartphone android berbahan plastik ini pastilah memiliki kelebihan dan kekuranga, berikut ini akan kita bahas.

Kelebihan Backdoor Berbahan Plastik

  1. Backdoor ponsel yang berbahan plastik tidak mengganggu proses penangkapan sinyal seluler. Namun backdoor yang berbahan metal atau kaca beresiko mengganggu proses penangkapan sinyal. Rata-rata smartphone dengan bahan backdoor plastik polikarbonat tidak pernah mengalami gangguan sinyal.
  2. Karena plastik yang sifatnya tipis, ringan dan juga fleksibel menjadikannya lebih tahan terhadap berbagai macam benturan.
  3. Apabila Backdoor ini suatu saat pecah, biaya penggantiannya tidak mahal. Berbeda halnya dengan Backdoor yang berbahan kaca, biaya penggantiannya bisa mencapai jutaan rupiah.
  4. Mengurangi ke khuatiran pengguna smartphone dengan Backdoor berbahan plastik apabila ponsel terjatuh. Kalau ponsel yang berbahan kaca, jatuh dengan ketinggian yang tidak seberapa saja sudah bisa menyebabkan ia pecah atau retak.

Baca Juga: Tips Memilih Smarphone Bagus Sesuai dengan Kebutuhan Kamu

Kekurangan Backdoor Berbahan Plastik

  1. Backdoor berbahan plastik akan membuat smartphone seperti murahan. Berat smartphone yang menggunakan Backdoor berbahan plastik terkesan ringan dan tidak solid.
  2. Sangat rentan terkena jamur. Apalagi bagi pengguna case berbahan karet atau plastik yang jarang membuka case nya untuk dibersihkan.

Tips Mencegah Backdoor Ponsel Berbahan Plastik Terkena Jamur

  1. Jamur muncul pada backdoor ponsel plastik dikarena lembab. Jadi untuk mencegah Backdoor ponsel plastik kalian terkena jamur, pastikan kalian untuk sering membersihkannya. Jangan mentang-mentang sudah menggunakan case, tidak pernah lagi membuka case. Padahal debu mikro atau pasir yang masuk kedalam case bisa merusak backdoor ponsel.
  2. Pakaikanlah Backdoor ponsel berbahan plastik garskin. Kalau merasa garskin kemahalan, cobalah menggunakan stiker variasi motor. Tapi hati-hati dalam proses penempelannya, jangan sampai pas memotong terkena body. Tahu sendirikan palstik sangat mudah sekali tergores apabila terkena benda tajam.

Mencegah Backdoor Ponsel Plastik Kena Jamur dan Cara Mengatasinya

Kalau body ponsel kalian sudah terlanjur terkena jamur, kami memiliki beberapa tips sederhana yang bisa kalian coba.

1. Minyak Kayu

Gunakanlah minyak kayu putih atau Hand Sanitizer. Teteskan minyak kayu putih atau Hand Sanitizer ke tisu, lalu lapkan ke Backdoor yang terkena jamuran. Proses mengelapnya jangan menggunakan tenaga yang berlebihan, takutnya membuat body smartphone menjadi lecet.

2. Pasta Gigi

Pasta gigi yang ada di rumah kalian juga bisa membantu menghilangkan jamur pada backdoor smartphone. Caranya, oleskan pada keseluruhan Backdoor smartphone dan diamkan sampai kering. Apabila sudah kering bersihkan perlahan menggunakan tisu. Apabila pasta menyempil pada sisi body, bersihkan dengan sikat gigi yang sudah kalian siram dan sikatkan perlahan.

3. Sinar Phonesoap’s UV Charger

Cara terakhir ini agak sedikit ribet. Yaitu dengan menggunakan Sinar Phonesoap’s UV Charger. Alat ini bisa membunuh semua jamur.