Cara Memperbaiki MicroSD Smartphone Kalian Yang Rusak

Memperbaiki MicroSDMicroSD Card adalah alternatif untuk mengatasi penyimpanan perangkat ponsel yang tidak mencukupi. Sehingga kita bisa menyimpan file lagi apabila kapasitas perangkat ponsel kita sudah hampir penuh.

Micro SD juga dapat dijadikan tempat kalian meletakan instalan game atau aplikasi ponsel kalian, tentunya tidak semua aplikasi ya. Katrena ada beberapa aplikasi yang tidak bisa di pindahkan datanya ke memori external. Harga dari micro sd ini juga bervariasi, mulai dari yang murah hingga yang mahal. Tergantung dari besar kapasitas dan merek dari micro sd tersebut.

Jadi sampai disini sudah paham kan tentang Micro SD. Terkadang Micro SD ini bisa terjadi eror, dimana dia tidak bisa terbaca oleh perangkat kita.

Berikut ini masalah paling umum yang akan ditemukan bagi pengguna micro sd:

Kartu MicroSD Rusak

Apabila kartu MicroSD kalian tidak dapat terbaca oleh perangkat kalian, jangan langsung membuangnya begitu saja. Cobalah kalian memasang MicroSD kalian di perangkat yang lain, seperti perangkat teman atau coba menggukan card reader dan hubungkan ke PC.

Apabila memang tidak terbaca sama sekali, berarti kartu MicroSD memang benar-benar rusak.

Salah Format

Cara kalian memformat kartu MicroSD bisa menjadi alasan mengapa kartu MicroSD kalian tidak berfungsi di smartphone atau perangkat kalian.

Jika kalian yakin kartu MicroSD kalian tidak rusak, cobalah langkah-langkah tentang melakukan fortmat yang benar pada kartu MicroSD kalian.

– Pasang MicroSD kalian pada cardreader lalu hubungkan ke komputer.

– pada bagian kotak Size, pilih angka bawaan micro sd kalian

– Lalu klik Start.

Tunggulah sampai proses nya selesai, jangan sesekali mencabut micro sd kalian apabila proses format kalian dengan pc ini lagi berjalan, karena hal ini bisa membuat MicroSD kalian rusak seketika.

Factory Reset (Untuk HP Android)

Apabila ponsel kalian memiliki permasalan dengan software apapun itu, ini dapat mempengaruhi kerja kartu MicroSD kalian.

Ketika kalian factory reset (kembali ke setelan pabrik) ponseli kalian, hal ini akan membantu mengatasi permasalahan software atau aplikasi yang terpasang pada perangkat kalian tersebut.

Baca Juga: Factory Reset Bikin Smartphone Lebih Enteng?

Apabila kalian ingin melakukan factory reset atau kembali ke setelah pabrik ini adalah langkah-langkah yang harus Kalian lakukan:

– Buka Pengaturan pada ponsel, lalu pilih Cadangkan dan Reset.

– Dari sana, silahkan pilih Reset Pabrik.

– Jika Kalian melakukan hal ini, Kalian harus mengingat password Gmail Kalian jika terdapat sebuah konfirmasi untuk Reset Pengaturan Pabrik. Perlu Kalian ketahui, kalian akan kehilangan semua file yang ada pada perangkat kalian saat menjalankan Factory Reset.

Cara Memperbaiki MicroSD Smartphone Kalian Yang Rusak

Kartu microSD rusak sudah sangat biasa kejadian. Kerusakan adalah alasan umum kenapa perangkat kalian tidak bisa membaca kartu memori yang kalian pasang. Ada beberapa langkah-langkah yang dapat Kalian lakukan, untuk memperbaiki masalah ini:

Langkah 1:

– Buka Computer / This PC lalu pilih System Properties.

– Device Manager. Pilih USB Controller

– pilih tombol +.

Mucul tanda seru kuning.

Klik kanan

Update Driver Software.

Automatically Search for Driver Software Online.

– Tunggulah driver selesai menginstal. Lalu restart komputer. Coba kalian sambungkan kartu Micro SD semoga sudah kembali berfungsi.

Langkah ke 2:

– Pilih Control Panel.

Administrative Tools

Computer Management.

Disk Management lalu pilih MicroSD Card  pada drive view-er.

– Pilih Format.

Langkah 3:

– Klik Windows + X

– Buka Command Prompt (Admin) atau Windows Powershell (Admin).

– Pilih tombol Yes

– Luncurkan Command prompt atau Windows Powershell sebagai administrator.

– Setelah jendela Command prompt diaktifkan, ketik perintah berikut ini: chkdsk E: /f /r /x (Ganti E dengan drive Kartu MicroSD).

Perbaiki Dan Bersihkan Koneksi

Kartu MicroSD yang ada debu juga bisa terjadi error. Keluarkan kartu MicroSD dari slotnya dan lalu bersihkan kotoran atau debu yang ada di bagian lempengan tembaganya. Coba gunakan karet penghapus sewaktu sd kalian. hehehe

Pastikan kalau kartu micro sd tersebut tidak sedikitpun bengkok, apalagi retak dan patah.

Baca Juga:
Perbedaan Memory Card Micro SD, SDHC, SDXC
Wajib Tahu, Perbedaan RAM dan ROM di Android