Factory Reset Bikin Smartphone Lebih Enteng?
Factory Reset Bikin Smartphone Lebih Enteng

Factory Reset Bikin Smartphone Lebih Enteng – Keadaan unit smartphone yang menjadi lelet atau lambat memang membuat kita kesal. Mungkin kalian pernah mendengar. Kalau smartphone yang menjadi lelet dan lambat itu kalau di instal ulang atau factory reset akan kembali ke sedia kala seperti saat baru beli alias menjadi kencang kembali.

Baca Juga: Cara Reset Semua Ponsel Infinix Tanpa Menggunakan PC
 
Tapi pasti beberapa orang ada yang meragukan hal ini. Apakah factory reset dapat mengembalikan smartphone kita kembali cepat seperti awal beli?

Untuk hal ini ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui, sebelum kalian langsung mencoba melakukan factory reset di smartphone kalian.

1. Fungsi Dari Factory Reset

Berbagai sumber banyak mengatakan bahwa Factory reset adalah sebuah cara yang dapat mengembalikan perangkatnya ke pengaturan awal ke awal kondisi membeli perangkat.

Segala pengaturan yang kalian pernah kalian lakukan akan kembali ke kondisi saat Anda baru menggunakan untuk pertama kalinya kalian buka dari dusnya. Tersmasuk semua data yang pernah kalian simpan, seperti video, foto, aplikasi-aplikasi yang pernah kalian instal dan dokumen-dokumen yang pernah kalian simpan di dalam perangkat itu juga akan ikut terhapus.

2. Cara Factory Reset Android?

Pada halaman website Android Google pada bagian support menjelaskan, bahwa semua smartphone terdapat fitur untuk melakukan factory reset. Kalian bisa menemukannya dalam menu Settings.

Baca Juga: 2 Cara Mudah Ubah Animasi Charging Xiaomi
 
Ada kalanya hal ini tidak dapat kalian lakukan, contohnya karena kondisi hard brick dan akhirnya smartphone tidak bisa masuk ke menu booting. Maka kalian harus masuk ke menu recovery mode. Cara nya yaitu dengan menekan tombol Volume Down + Tombol Power. Setelah masuk gunkan tombol volume up dan down untuk mengarahkan pilihan dan kalau sudah tombol power untuk OK.

3. Apakah Factory Reset Bikin Smartphone Android Menjadi Cepat?

Beberapa orang memang mengakui bahwa setelah factory reset membuat smartphone kembali terasa lebih kencang dari sebelumnya. Karena semua aplikasi yang ada dan data-data yang ada dalam penyimpanan perangkat dan sudah memenuhi memori perangkat selama ini menjadi terhapus. Kondisi ini sama seperti saat kalian pertama kali membeli perangkat dan membukanya dari dus istilahnya pertama kali digunakan. 

Baca Juga: Cara Mengedit Video dengan HP Android Untuk Pemula

Jadi ketika kalian kembali menggunaka perangkat kalian dalam jangaka waktu yang lama dan menginstal banyak aplikasi dan data-data di dalamnya. Tetap ada kemungkin kalau smartphone kalian akan terasa lemot atau lamban kembali. Kemungkinan lainnya adalah adanya sebuah aplikasi yang kalian instal eror atau aplikasi tersebut adalah sebuah virus yang merekam data kalian dan mengirimkannya kepada si pemilik virus. Tentunya hal ini berjalan di belakan layar, sehingga kalian tidak mengetahuinya. Perlu di ingat setiap kita banyak membuka aplikasi, maka ponsel kita akan terasa sangat berat.

Makanya dari pada itu factory reset dapat menghapus bug atau aplikasi tersebut. Karena aplikasi tadi terhapus dan perangkat akan kembali ke kondisi sebelum kalian memasang aplikasi yang bermasalah tadi.

Di sini mungkin sudah jelas dan bisa kalian simpulkan sendiri, bahwa factory reset tidak akan sepenuhnya berpengaruh untuk membuat smartphone kalian menjadi cepat.

Terjawab sudah ya, apakah Factory Reset Bikin Smartphone Lebih Enteng…

Baca Juga: Cara Melihat Backup WhatsApp ada di Google Drive