Perbedaan Memory Card Micro SD, SDHC, SDXC

Ketika pertama kali memiliki Device baru, entah itu Smarphone atau Kamera baru. Kalian pasti pernah memikirkan Memory Card apa yang sesuai dengan Device baru tersebut? Memory Card yang sudah umum kita ketahui saat ini antara lain Micro SD dan SD. Untuk SDHC dan SDXC mungkin jarang sekali kita dengar. baiklah sekaran kita akan langsung bahas Perbedaan Memory Card Micro SD, SDHC, Dan SDXC.

Storage Capacity

Perbedaan Memory Card Micro SD, SDHC, SDXC

SD (Secure Digital) – Menyediakan menyimpan dengan kapasitas maximal sampai dengan 2GB, Namaun untuk saat ini sudah sangat jarang akan kita temukan SD card ini.

SDHC (Secure Digital High Capacity) – Menyediakan kapasitas penyimpanan mulai dari kapasitas 4GB sampai dengan kapasitas 32GB.

SDXC (Secure Digital eXtended Capacity) – Menyediakan kapasitas penyimpanan lebih besar dari 32GB, untuk saat ini kapasitas penyimpanan sudah sampai dengan 2TB. Sungguh cepat perkembangan teknologi ini ya.

Kalau kita lihat dari urutan di atas, maka SD adalah Memory Card generasi pertama kali keluar yang mampu menyimpan data kita dengan kapasitas mulai dari 2GB sampai dengan 4GB, dimana saat itu orang masih banyak menggunakan floppy disk atau yang sering disebut dengan disket, kapasitas penyimpanannya saja cuman 1,4MB waktu itu. Kebayang gak harda SD ini pada zaman itu?

Lalu bagaimana tentang dengan Micro SD?

Micro ini adalah merupakan ukuran fisik Memory Card. Jadi di mulai SD, Mini SD kemudian Micro SD, samalah seperti kartu SIM di smartphone yang kita gukan.

Saat SDXC mulai di produksi, mini SD tidak ada lagi diproduksi hal ini dikarenakan sudah jarang sekali smartphone atau sebuah perangkat yang suport Memory Card mini SD.

Speed

Lali kita akan bahas mengenai speed atau kecepatan dari rata-rata transfer file. Mungkin kalian sudah sering sekali membaca atau mendengar entah di forum-forum diskusi online dan lain sebagainya, “memory card haruslah yang class 10, biar kecepatan membaca dan menulis file nya cepat”.

Tapi apakah kalian tahu kalau istilah class10 ini, bukan sebuah istilah baru dalam dunia MC/Memory Card. Jadi, pada zaman dulu ada class Memory Card itu, cuma orang yang tahunya terbaik ya class 10 ini. Terus peredanya apa saja?

Perbedaan Memory Card Micro SD, SDHC, SDXC
  •  2MB/second to 25MB/second – Class 2
  •  4MB/second to 50MB/second – Class 4
  •  6MB/second to 150MB/second – Class 6
  •  10MB/second to 312MB/second – Class 10

Class yang dimaksud disini adalah Rating Speed, dimana kalau class 10 merupakan Memory Card yang paling cepat saat ya.

Contohnya sebuah Memory Card ABzsx dengan kapasitas 32GB dan Class 10, 45MB/s. Speed 45MB/s ini adalah merupakan kecepatan yang sangat maximum yang bisa atau dapat dilakukan oleh sebuah memory tersebut dalam halnya reading & writing. Kecepatan minimum-nya atau paling lambatnta ya 10MB (class 10).

Setiap orang pasti menginginkan speed read dan write yang tinggi karena ini sangat berguna sekali ketika kalian mengambil sebuah foto dengan resolusi yang tinggi atau mengambil sebuah foto dengan formatRAW. Semakin cepat kartu Memory Card kalian, semakin cepat pula file tersebut di Save atau disimpan pada Memory Card kalian. Kalian bisa mengukur kecepatan read dan write memory card kalian dengan cara melakukan Multi-Shot Burst. Tentunya ini pada Kamera digital ya, bukan pada smartphone.

Selanjutnya, Memory Card yang memiliki kecepatan tinggi juga berpengaruh ketika kalian memindahkan sebuah file dari Memory Card kalian ke pc. Kartu Memory Card yang cepat itu akan menghemat waktu dalam memindah file tentunya.

Security & Quality

Bagaimana dengan keamanan dan kualitas dari sebuah kartu Memory Card? Sebetulnya maupun itu merek saja, setiap memory card ini memilki standard dan qualitas yang bersaing satu sama lain, dan hampir bisa dikatakan kalau hampir sama semua itu.

Biasanya pada setiap pembelian kartu Memory Card terdapat sebuah fasilitas tambahan lagi seperti disediakan software recovery untuk berjaga-jaga kalau-kalau data kalian yang ada didalam memory card yang tanpa sengaja terhapus atau terformat bisa dikembalikan lagi.

Baca Juga: Perbedaan Memory Card Micro SD, SDHC, SDXCCara Memperbaiki Memori MicroSD Smartphone Kalian Yang Rusak