Inilah Cara Menambah Kapasitas RAM di HP Xiaomi Termudah

Cara Menambah Kapasitas RAM di HP Xiaomi

Xiaomi menjadi salah satu merek HP yang rajin memberikan kapasitas RAM cukup besar terutama pada HP kelas menengah dan kelas atas. Tindakan tersebut juga mengikuti perkembangan aplikasi-aplikasi yang memiliki ukuran semakin besar seiring berjalannya waktu.

Namun, jika HP Xiaomi Anda sudah telanjur memiliki kapasitas RAM tidak terlalu besar dan sudah hampir penuh, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, Xiaomi telah menghadirkan berbagai fitur baru untuk antarmuka MIUI 12.5 ke atas di beberapa HP, salah satunya adalah fitur Memory Extension yang memungkinkan Anda untuk menambah kapasitas RAM.

Fitur penambah RAM ini bakal bergunaa karena banyak aplikasi atau gim yang butuh RAM besar. Jika banyak aplikasi yang butuh resource RAM tinggi secara bersamaan, ada kemungkinan bakal berpengaruh pada performa.

Lantas, langkah apa yang seharusnya dilakukan jika kapasitas RAM sudah telanjur penuh dan melebihi batas? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, sila simak sampai habis artikel ini karena akan membahas mengenai bagaimana cara menambah RAM untuk HP Xiaomi.

Cara Menambah RAM di HP Xiaomi

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Carisinyal telah merangkum beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menambah RAM di HP Xiaomi. Tanpa berlama-lama lagi, sila simak cara-caranya di bawah ini, ya!

1. Memanfaatkan fitur Memory Extension

Fitur Memory Extension telah hadir untuk antarmuka MIUI 12.5 ke atas yang beroperasi di sistem operasi Android 11. Fitur ini mampu meminjam ruang kosong milik penyimpanan internal untuk diubah menjadi RAM virtual. Hal itu memungkinkan untuk dilakukan karena Xiaomi telah menggunakan penyimpanan internal berjenis UFS 2.0 atau di atasnya.

Jika HP Xiaomi Anda telah menjalankan MIUI 12.5 ke atas dan tertarik menggunakan fitur Memory Extension, simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Langkah pertama, pastikan HP Xiaomi Anda telah menjalankan MIUI 12.5 ke atas, lalu buka aplikasi Setelan, kemudian Setelan tambahan
menambah RAM Xiaomi
  • Setelah itu, buka menu Penambahan Memori
menambah RAM Xiaomi
  • Aktifkan Penambahan Memori dengan tanda jadi berwarna biru seperti dibawah ini
menambah RAM Xiaomi
  • Setelah berhasil, silakan restart HP Xiaomi Anda untuk menyegarkan perubahan dan RAM akan secara otomatis bertambah.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan fitur bawaan Xiaomi, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga salah satunya adalah Penguat RAM 6GB. Aplikasi tersebut bisa Anda dapatkan dan unduh melalui Google Play Store secara gratis. Jika Anda penasaran dan ingin mencobanya, silakan simak langkah-langkah berikut ini.

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah tentu saja dengan mengunduh dan menginstal aplikasi Penguat RAM 6GB tersebut.
menambah RAM Xiaomi
  • Setelah terunduh, silakan pasang aplikasi tersebut di HP Xiaomi Anda
  • Jika sudah berhasil terpasang, silakan buka aplikasi tersebut. Di dalamnya terdapat lingkaran besar yang bertuliskan “Boost RAM
  • Tekan tombol lingkaran besar tersebut dan aplikasi akan mulai beroperasi.
  • Setelah selesai, kapasitas RAM di HP Xiaomi Anda kini menjadi lebih luas dan bertambah yang bisa Anda lihat di halaman aplikasi RAM booster di bagian atasnya.

3. Menggunakan Opsi Pengembang

Selain menggunakan cara-cara di atas, Anda juga bisa menggunakan opsi pengembang dengan membatasi proses latar belakang. Hal tersebut dilakukan agar kinerja RAM menjadi meningkat dan performa yang maksimal.

Untuk melakukannya, silakan simak langkah-langkahnya sebagai berikut.

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membuka aplikasi “Setelan
  • Setelah itu, pilih menu “Tentang telepon” di paling atas
Menambah RAM Xiaomi
  • Di dalam tampilan tentang ponsel, banyak pilihan menu yang terlihat, tetapi kamu hanya perlu fokus kepada “Versi MIUI” dan ketuk sebanyak tujuh kali hingga muncul tulisan yang berisi informasi jika mode pengembang atau developer telah aktif.
  • Setelah berhasil mengaktifkan mode pengembang, silakan kembali ke menu Setelan dan pergi ke “Setelah tambahan
  • Setelah itu, di bagian bawah terdapat pilihan “Opsi pengembang” yang bisa Anda pilih
Menambah RAM Xiaomi
  • Di dalam opsi pengembang akan banyak sekali pilihan dan menu yang bisa Anda gunakan untuk mengatur HP Xiaomi Anda. Namun, karena tujuan kita untuk membatasi latar belakang dari aplikasi, maka Anda harus mencari pilihan “Batas proses latar belakang” di bagian APL seperti yang tertera di gambar.
Menambah RAM Xiaomi
  • Jika sudah ketemu, silakan klik menu tersebut dan pilih “Tidak ada proses latar belakang” untuk memaksimalkan kinerja RAM yang Anda miliki.
Menambah RAM Xiaomi
  • Setelah berhasil mengikuti langkah-langkah tersebut, silakan matikan dan nyalakan ulang atau restart HP Xiaomi Anda agar menyegarkan pengaturan yang baru dan kinerja serta performa RAM semakin maksimal.

Selain itu, ketika Anda melakukan pengoptimalan kinerja RAM menggunakan Opsi pengembang, terdapat beberapa manfaat yang Anda dapatkan. Sebagai informasi, berikut beberapa manfaat yang Anda dapatkan ketika menggunakan Opsi pengembang pada HP Xiaomi Anda.

Manfaat Pengoptimalan RAM dengan Opsi Pengembang

Redmi Note 11 Pro

Adanya fitur penambah RAM ini punya berbagai manfaat. Berikut beberapa manfaatnya.

Manfaat yang pertama ini sudah pasti didapatkan oleh Anda, karena tujuan dari menggunakan cara ini adalah untuk mengoptimalkan performa dan meningkatkan kinerja RAM sehingga bisa menjadi lebih kencang dari sebelumnya.

  • Daya baterai semakin hemat

Selain berpengaruh pada performa dan kinerja, karena aplikasi-aplikasi tersebut telah dibatasi untuk berjalan di latar belakang, maka daya baterai juga akan semakin awet karena tidak ada yang menggunakan selain aplikasi yang sedang dijalankan.

  • Kuota data internet lebih hemat

Selain daya baterai yang menjadi lebih hemat, kuota data internet yang dimiliki juga akan lebih hemat. Hal itu disebabkan karena tidak adanya aplikasi yang berjalan di latar belakang meskipun jaringan data HP selalu aktif.

Terkadang, HP akan menjadi meningkat pada suhunya karena menjalankan banyak aplikasi sekaligus atau aplikasi yang berjalan di latar belakang secara otomatis. Namun, karena Anda telah mematikan dan membatasi aktivitas aplikasi di latar belakang, maka Anda tidak perlu khawatir HP yang digunakan akan cepat meningkat suhunya.

Nah, demikianlah tiga cara yang bisa Anda lakukan untuk menambah kapasitas RAM di HP Xiaomi. Anda dapat memilih salah satu dari tiga cara di atas yaitu dengan menggunakan fitur Memory Extension, menggunakan aplikasi pihak ketiga, atau menggunakan opsi pengembang.

Sekilas Mengenai RAM

RAM ROM

RAM atau Random access Memory merupakan salah satu platform yang terletak di prosesor utama dari sebuah HP. RAM sendiri memiliki wewenang untuk menginstruksikan aplikasi-aplikasi dan menyimpan berbagai data secara sementara di sebuah HP.

Selain itu, RAM juga memiliki fungsi untuk mengatur dan menjaga konfigurasi perangkat, menjalankan game, melakukan aktivitas multitasking, menggarap sebuah konten 3D menggunakan aplikasi desain, dan sebagainya.

Seperti yang disebutkan di awal, semakin banyak sistem operasi dan aplikasi yang terpasang ada sebuah ponsel, maka semakin banyak juga kapasitas RAM yang terpakai. Lalu, jika kapasitas RAM telah penuh bahkan melebihi batas, perangkat Android Anda tentu saja akan mengalami penurunan performa seperti sering lag, kinerja lambat, dan tidak stabil.

Karena hal tersebut, fitur penambah RAM ini mulai banyak diperkenalkan berbagai produsen. Tidak hanya Xiaomi, berbagai produsen ponsel besar di Indonesia juga banyak yang punya fitur ini. Kedepannya, fitur in bakal jadi hal yang wajar.