Cara Buka File DOCX di Google Drive dan Mengeditnya

File DOCX adalah ekstensi dokumen yang dari Microsoft Word. Ada beberapa pertanyaan dari sebagian orang, apakah bisa membukanya melalui Google Drive? Tentu saja bisa, kami akan membagikan cara membuka file DOCX kemudian mengedit dokumen tersebut. Bisa menggunakan hp dan komputer.

Sebuah file ekstensi DOCX adalah file Microsoft Word Open XML Format Document. Ini adalah file yang tercipta dari pembuatan dokumen pada Microsoft Word, aplikasi pembuatan teks dari Microsoft.

File ekstensi DOCX berbasiskan XML dan juga bisa mengandung teks, gambar, objek, style dan formating. Semua komponen tersebut sebenarnya tersimpan dalam file bebeda, tapi kemudian dipadatkan dalam sebuah file DOCX yang telah terkompresi.

File DOCX sebenarnya baru saja hadir pada Microsoft Word, tepatnya versi Word edisi 2007. Versi Microsoft Word lebih awal hanya menggunakan ekstensi file DOC saja tidak ada “X” nya.

Google tahu sekali kalau Microsoft Word adalah program yang sangat familiar bagi sebagian orang, oleh karena itu Google Drive memiliki kemampuan mengidentifikasi jenis file DOC dan DOCX.

Berikut panduan untuk membuka file DOCX dengan Google Drive pada PC dan Android, sehingga kalian bisa mengeditnya.

Baca Juga: Cara Buat Daftar Isi Otomatis di Ms Word Dengan Mudah

Cara Membuka File DOCX Dengan Google Drive Melalui PC / Komputer

1. Masuk ke website Google Drive

2. Pilih DOCX yang kalian mau edit. Hal ini akan memunculkan jendela preview

Cara Buka File DOCX di Google Drive dan Mengeditnya

3. Kalau sudah preview terbuka, kalian pilih Buka dengan Google Dokumen

Cara Buka File DOCX di Google Drive dan Mengeditnya

4. Kalau kalian pertama kali melakukannya, Google Dokumen akan menawarkan semacam pengenalan aplikasi. Kalian bisa melewati tahap ini dengan memilih tanda silang seperti pada gambar berikut

Cara Buka File DOCX di Google Drive dan Mengeditnya

5. File DOCX sudah sudah terbuka dan bisa kalian edit

Cara Buka File DOCX di Google Drive dan Mengeditnya

Pada prosesnya, Google Docs membuat salinan dari dokumen DOCX sebelumnya kemudian disimpan pada Google Drive. Oleh karena itu file original tidak akan terganggu.

Membuka File DOCX dengan Google Drive Melalui HP

Tidak semua hp bisa membuka langsung file yang berformat DOCX, meskipun hp tersebut adalah hp yang paling terbaru. Untuk bisa membuka file DOCX tersebut, sebuah hp harus memiliki aplikasi khusus untuk membaca file DOCX tersebut. Terdapat banyak sekali aplikasi khusus untuk membaca file DOCX, berikut aplikasi yang bisa kalian gunakan untuk membuka file DOCX di hp.

1. Menggunakan WPS Office

Cara menggunakan WPS Office ini cukup gampang, kalian langusung saja pilih file yang hendak kalian buka. Misalnya kalian menerima pesan whatsapp dari teman yang berbentuk file DOCX. Seketika kalian langsung saja tap pesan tersebut, kemudian apabila ada dialog yang meminta kalian memilih menggunakan aplikasi apa untuk membuka file tersebut. Kalian harus memilih WPS Office.

Kalau hanya untuk sekedar membaca dan mengedit beberapa kata atau kalimat, masih bisa dengan aplikasi ini. Tapi kalau kalian ingin melakukan perubahan yang lumayan banyak, seperti memberikan kolom atau menambahkan gambar pada sebuah halaman docx, itu sangat meribetkan sekali. Karena kita tahu sendiri layar hp tidak sebesar layar pc. Dengan layar yang kecil kita akan sangat susah mengaturnya.

2. Membuka file word dengan Google Docs

Cara membuka file docx di hp berikutnya adalah menggunakan aplikasi yang bernama Google Docs. Aplikasi ini fungsinya agar file dokumen bisa dibuka dan kalian edit. Tapi kalau hanya sekedar untuk membukanya saja, aplikasi Google Drive sendiri bisa.

  • Download Google Docs dari Google Play Store

(Sekali lagi, Google Docs berfungsi untuk mengedit dokumen, jika hanya untuk membuka dokumen, Google Drive sendiri sudah cukup.)

Cara Buka File DOCX di Google Drive dan Mengeditnya
  • Jalankan Google Drive dan pilihlah dokumen DOCX yang hendak kalian edit
  • Setelah terbuka, pilih gambar pensil untuk mengedit
  • Sekarang kalian sudah bisa mengedit dokumen DOCX dari HP

Sama seperti menggunakan PC atau komputer, Google Docs secara otomatis akan membuat salinan dari dokumen DOCX sebelumnya. Kemudian akan disimpan pada Google Drive. Jadi dengan begitu file original tidak terganggu.

Demikian cara membuka file DOCX melalui Google Drive. Sebagai tambahan, kalau kalian menggunakan cara versi desktop tidak perlu install aplikasi tambahan. Kalau versi mobile, kalian memerlukan bantuan aplikasi Google Docs supaya bisa mengedit dokumen yang bisa kalian download melalui paly store.