Cara mengatur Poco X3 NFC maksimal 90Hz saja – Layar yang memiliki fitur refresh rate 120Hz adalah layar yang memiliki kemampuan untuk berkedip atau memperbaharui tampilan gambar dalam skala satu detik. Refresh rate ini adalah berapa kali tampilan berkedip dalam waktu satu detik. 60Hz berarti layar mampu berkedip 60 kali dalam skala 1 detik.

Baca Juga: Cara Ganti Font Poco X3 NFC, Banyak Jenis Font Keren Gratis

Begitu juga dengan 90Hz, berartu layar mampu berkedip 90 kali dalam hitungan 1 detik. 120Hz berarti layar berkedip 120 kali dalam 1 detik. Jadi, layar yang memiliki kemampuan 120Hz dapat me-refresh 2 kali lebih cepat dari panel 60Hz, atau 4 kali lebih cepat kalau kita bandingkan dengan TV lawas yang hanya memiliki refresh rate 30Hz saja.

Kecepatan layar yang memiliki refresh rate lebih tinggi itu berarti akan lebih banyak jumlah gambar yang tampil dalam waktu yang sama. Hal ini akan membuat setiap gerakan antara setiap frame akan terlihat lebih halus. Lebih banyak gambar ini berarti perubahan gambar akan terselesaikan lebih cepat. Membuat kita melihat tampilan pada layara perangkat terasa lebih responsif, karena bereaksi lebih cepat dari perintah yang ada pada layar.

Dapat kita simpulkan, kehadiran layar yang memiliki kemampuan 120Hz akan memberikan pengalaman baru kepada kita semua ketika melihat konten multimedia atau bermain game pada layar smartphone.

Game yang memiliki fitur frame rate 120 fps, pada layar 120Hz tampilannya akan terasa sangat halus dari game hanya memiliki fitur 60fps pada layar 60Hz. Gambar yang tampil pada smartphone yang memiliki layar 120Hz akan terasa lebih smooth dan cantik.

Baca Juga: Cara Unlock Smooth Extreme PUBG Mobile POCO X3

Poco X3 NFC hadir dengan membawa layar yang memimiliki refresh rate 120Hz. Hal ini mampu memberikan pengalaman scrolling yang super mulus ketika mengakses sosial media, menonton film pun menjadi lebih imersif, terlebih lagi untuk bermain game. Bukan hanya itu saja, layar 120Hz pada Poco X3 NFC juga memiliki kelebihan lainnya yaitu touch sampling rate hingga 240Hz.

Touch Sampling Rate 240Hz

Sebuah perangakat smartphone yang memiliki kemampuan layar dengan angka touch sampling rate hingga 240Hz akan memberikan respon 33% lebih baik kalau kita bandingkan dengan smartphone kelas atas lainnya.

Touch sampling rate ini adalah tingkat responsivitas layar terhadap sentuhan ujung jari dalam kurun waktu satu detik. lalu memberi respon pada gambar yang selanjutnya. Dengan touch sampling rate yang sangat tinggi, perangkat smartphone kalian akan lebih cepat menerima perintah dari penggunanya dan akan lebih cepat menampilkan gambar selanjutnya pada layar.

Touch sampling rate ini berbeda dengan refresh rate. Namun keberadaan touch sampling rate ini sangat terkait dengan refresh rate yang membuat tampilan lebih halus serta respon layar yang lebih cepat ketika kita sentuh.

Tetapi kalau layar terus menerus ter setting dengan refresh rate yang tinggi, maka akan semakin besar pula menggunakan daya. Dengan demikian, daya tahan baterai akan terkena imbasnya.

Fitur Dynamic Switch

Namaun kalian tidak perlu huwatir, karena POCO X3 NFC ini memiliki fitur Dynamic Switch. FItur ini secara otomatis menyesuaikan refresh rate layar sesuai dengan aktivitasnya. Refresh rate bisa turun hingga 50Hz kalau hanya sekadar melihat foto. 60Hz kalau menonton video, 90-120Hz untuk bermain game favorit yang sudah support dan scrolling timeline media sosial.

Cara mengatur Poco X3 NFC Maksimal 90HZ agar lebih hebat baterai – Bisa Juga Untuk Poco X3 Pro

Untuk melakukan hal ini kalian tidak harus memasang costum ROM. Tetapi hanya menggunakan sebuah trik yang sederhana. Nantinya kalian bisa mengatur kecepatan refresh rate POCO X3 NFC tetap atau maksimalnya hanya pada 90Hz saja, bukan 120Hz lagi. Tampilan akan tetap responsif tapi sekaligus menghemat baterai POCO X3 NFC. Dengan men setting atau mengatur kecepatan refresh rate ke 90Hz, pengalaman multimedia akan tetap terasa memuaskan.

Untuk membuat pengaturan pada layar POCO X3 NFC maksimal 90Hz dan menjaganya tetap walau telah restart atau hidupkan ulang. Kalian cukup memasang aplikasinya SetEdit yang tersedia pada Play Store. Aplikasi inilah yang memungkinkan untuk mengkonfigurasi beberapa parameter internal sistem Poco X3 NFC, termasuklah hitungan Hz layar. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Pastikan terlebih dahulu Refresh Rate POCO X3 NFC kalian pada 120 Hz
Cara mengatur Poco X3 NFC maksimal 90Hz saja, agar lebih hebat baterai
  • Silahkan kalian buka terlebih dahulu aplikasi SetEdit
  • Temukan data user_refresh_rate
Cara mengatur Poco X3 NFC maksimal 90Hz saja, agar lebih hebat baterai
  • Apabila sudah ketemu, pilih item itu lalu pilih opsi UBAH NILAI atau EDIT VALUE
  • Ubah nilai 120 itu menjadi 90, kalau sudah SIMPAN PERUBAHAN atau SAVE CHANGES
  • Keluar dari aplikasi SetEdit

Sekarang kalian sudah berhasil membuat Poco X3 NFC Maksimal 90HZ yang akan menghemat baterai karena tidak boros konsumsi daya lagi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi.

Baca Juga: Layar 120Hz Poco X3 NFC, Begini Cara Kerjanya