Cara Melihat Pesan WA yang Sudah Dihapus Tanpa Aplikasi dan Aplikasi

Cara Melihat Pesan WA yang Sudah Dihapus Tanpa Aplikasi dan Aplikasi – Whatsapp saat ini sepertinya sebuah aplikasi wajib yang harus ada dalam setiap ponsel. Melalui aplikasi ini seseorang bisa menghubungi teman atau saudara yang dekat maupun yang jauh dengan mudah tanpa ribet. Karena aplikasi WhatsApp di rancang sangat mudah untuk penggunaannya. Apalagi untuk sekarang ini, banyak para guru menggunakanya sebagai sarana pembelajar online.

Melalui Whatsapp seseorang bisa bertukar foto, video, stiker, audio, dokumen, panggilan video dan melakukan panggilan suara saja. Selain itu, melalui aplikasi ini ada sebuah fitur yakni hapus pesan. Fitur ini menjaga-jaga seseorang salah mengirimkan pesan. Memang fitur ini sangat bermanfaat sekali bagi seseorang yang salah maksud dalam mengirimkan pesan. Tapi bagi penerima pesan akan merasa penasaran, karena ada tulisan pada pesan WhatsApp Pengirim telah menghapus pesan ini.

Baca Juga: Tetap bisa menggunakan WhatsApp Web, walau ponsel mati

Untuk mengatasi rasa penasaran itu, WhatsApp juga telah menghadirkan fitur yang bisa penggunanya gunakan untuk melihat pesan yang sudah terhapus tersebut. Cara itu bisa menggunakan aplikasi atau tanpa aplikasi. Memang sedikit terasa aneh ya, fitur dibalik fitur.

Berikut ini cara melihat pesan wa yang sudah dihapus oleh pengirim

4 Cara Melihat Pesan WA yang Sudah Dihapus

1. Ekspor Chat (Tanpa Aplikasi Pihak Ke Tiga)

Fitur ini kemungkinan sangat jarang pengguna WhatsApp gunakan, karena riwayat pesan ini tersaji dalam format.txt

Padahal fitur ini bisa untuk mengembalikan pesan yang telah dihapus yang kompleks. Kelemahan fitur ini, harus melakukan beberapa kali, karena ekspor chat hanya untuk satu riwayat pengguna saja.

  • Dalam aplikasi WhatsApp masuk ke menu Setting > lalu Chat > Riwayat Chat
  • Pilih menu Ekspor Chat dan pilih juga kontak yang mau pesannya kalian cadangakan
  • Selanjutnya pilih Sertakan Media, kalau mau mencadangkan file atau dokumen juga
  • Kalau sudah, WhatsApp akan menawarkan pencadangan melalui Google Drive
  • Langkah terakhir, coba cek kembali Google Drive atau Email yang kalian gunakan untuk pencadangan

2. Menggunakan Nova (Dengan Aplikasi Pihak Ke Tiga)

Cara ini menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga yang bernama Nova. Mengembalikan pesan yang sudah dihapus menggunakan aplikasi ini memiliki batasan waktu, yaitu kurang dari 68 menit. Berikut blangkah-langkahnya:

  • Download aplikasi Nova melalui Google Play Store
  • Kalau sudah, buka aplikasi tersebut kemudian masuk ke menu Pengaturan > Notification Log. Hal ini akan membuat pintasan Notification Log pada beranda kalian
  • Akan terlihat isi pesan yang dihapus dari pintasan tersebut

3. Menggunakan Notification History Log atau Recent Notification (Dengan Aplikasi Pihak Ke Tiga)

  • Download aplikasi Notification History Log atau Recent Notification dari Google Play Store
  • Dengan aplikasi tersebut kalian bisa memilih Notification History dan mencari notifikasi WhatsApp. Pesan yang telah pengirim hapus tersebut bisa kalian lihat kembali dengan android text.

4. Menggunakan WhatsRemoved+ (Dengan Aplikasi Pihak Ke Tiga)

  • Download aplikasi WhatsRemoved+ dari Google Play Store
  • Atur aplikasi apa saja boleh WhatsRemoved+ akses
  • Lalu pilih aplikasi WhatsApp > Next
  • Tunggu beberapa saat, kalian akan masuk ke dalam menu WhatsRemoved+
  • Aktifkan pengaturan dan kalian bisa melihat pesan yang telah terhapus

Sekian artikel cara melihat pesan WA yang sudah pengirim hapus tanpa aplikasi dan aplikasi. Semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan.

Baca Juga: 3 Cara Mengembalikan Kontak Terhapus Dengan Mudah Tanpa Ribet

Munculnya fitur baru penghapusan pesan pada aplikasi WhatsApp membuat dilema tersendiri bagi para penggunanya. Ada sebagian orang ingin mengetahui bagaimana cara melihat pesan WA yang sudah dihapus dari pengirim. Namun, sayangnya tidaklah banyak orang tahu trik tersebut, apalagi tidak menggunakan aplikasi khusus untuk melihat pesan yang sudah dihapus.

Dikutip dari sebuah buku Chatting tanpa Batas Menggunakan WhatsApp oleh Jubilee Enterprise (2012: 1), Aplikasi WhatsApp adalah aplikasi pesan yang banyak orang gunakan untuk mengirim pesan tek, suara, video, dokumen menggunakan gadget apapun. Aplikasi WhatsApp dinilai mampu memberikan banyak benefit bagi kebutuhan komunikasi jarak jauh. (FAP)