Cara Ganti Password Akun Google Dengan Mudah

  • Bagikan
Cara Ganti Password Akun Google
Cara Ganti Password Akun Google

Cara Ganti Password Akun Google – Ganti password Gmail harus Kalian lakukan secara berkala untuk melindungi akun Kalian dari tangan orang yang tidak bertanggung jawab. Apalagi kalau Kalian menguntukkan password yang tidak susah dan mudah ditebak sewaktu daftar gmail untuk pertama kali.

Baca Juga : 2 Cara Menghilangkan Notifikasi Iklan Chrome Android Dengan Mudah

Cara ini memang akan dalam Membuat password akun Gmail kalian mudah diingat. Hanya saja, password yang mudah ditebak beresiko terhadap pembobolan serangan orang yang tidak bertanggung jawab.

Oleh karena itu, Kalian harus ganti password Gmail untuk terus memastikan keamanan akun Kalian. Nah, dalam tutorial ini kami akan membahas cara ganti password akun google dengan mudah.

Cara Ganti Password Akun Google

Untuk mengubah password Gmail Kalian harus memiliki akses akun Gmail berupa alamat email dan password. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

1. Login Gmail

Login ke akun Gmail melalui browser dengan memasukkan alamat email dan password yang lama.

2. Masuk ke Menu Pengaturan

Kalau sudah login, pilih tombol gear yang pada bagian kanan, lalu pilih Lihat Semua Setelan.

Setelah itu silakan pilih menu Akun dan Impor > Ubah Kata sandi.

3. Buat Kata Sandi Baru

Kalian akan melihat tab baru. Silakan masukkan password Gmail yang Kalian untukkan saat ini untuk verifikasi. Lalu, pilih tombol Berikutnya untuk melanjutkan.

Lalu masukkan password baru untuk ubah password gmail Kalian sebelumnya. Kalian harus memasukkan password dua kali, lalu pilih tombol UBAH KATA SANDI.

4. Ganti Password Gmail Berhasil

Sekarang proses ganti sandi Gmail telah selesai dilakukan. Untuk melakukan pengecekan, silakan lakukan login pada perangkat atau browser berbeda menguntukkan password baru Kalian.

Tips Dalam Membuat Password Gmail Baru

Bagaimana? Mengganti password Gmail sangatlah mudah, bukan? Bahkan sangking mudahnya, semua langkah di atas bisa dilakukan kurang dari lima menit.

Baca Juga : 2 Cara Mudah Melihat Password Tersimpan di Google Chrome PC dan Android

Kemudahan ini sesungguhnya membantu Kalian untuk mengganti password Gmail secara teratur. Meski terdengar merepotkan, mengganti password secara rutin membantu Kalian mengurangi risiko keamanan. Entah itu yang bentuknya peretasan (hacking) ataupun pencurian data.

Maka dari itu, bagian ini akan membahas tips dalam Membuat password Gmail yang baru. Dengan tips ini, semoga Kalian bisa dalam Membuat password yang kuat dan sulit ditebak.

  1. Buat password yang panjang.
  2. Buatlah password dari gabungan kata yang sulit ditebak.
  3. Untukkan angka, simbol, kombinasi huruf kapital, dan hurif kecil.
  4. Jangan masukkan elemen informasi personal yang mudah ditebak.
  5. Jangan untukkan password yang sama untuk akun yang berbeda.

Sekilas semua tips ini juga mudah untuk dipraktikkan. Hanya saja, tetap saja jadi merepotkan. Apalagi kalau Kalian harus mengingat banyak sekali password untuk akun yang berbeda. Masih harus berganti password lagi.

Maka, ada baiknya Kalian menguntukkan software password manager. Software ini akan membantu Kalian menyimpan semua password akun yang Kalian punya. LastPass dan 1Password adalah dua pilihan software password manager yang bisa Kalian pakai,

Kesimpulan

Itu tadi Cara Ganti Password Akun Google yang mudah dan Kalian hanya memerlukan beberapa langkah tidak susah saja. Pastikan password baru telah menguntukkan kombinasi angka, simbol, dan juga huruf kapital. Selain itu, jangan memasukkan elemen informasi personal dan pakai password yang sama pada yang akun lain.

Dengan begitu, akun Gmail Kalian akan lebih aman dari percobaan pembobolan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Oya, kalau Kalian memakai email untuk bisnis, kami menyarankan untuk pakai email dengan domain pribadi. Karena, akan jauh lebih terlihat profesional dari masih mengunakan Gmail. Semoga artikel Cara Ganti Password Akun Google bisa membantu kalian untuk merubah password akun goole kalian.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *