Update One UI 4 Meluncur, Apa Saja yang Baru?

Update One UI Meluncur Apa Saja yang Baru
-+=

Samsung baru saja mengumumkan peluncuran resmi One UI 4 pada tanggal 15 November 2001. One UI 4 ini hadir pertama kali untuk seri galaxy S21, termasuk untuk Samsung Galaxy S21, Samsung Galaxy S21+ dan Samsung Galaxy S21 Ultra.

Baca Juga : Bagusan mana Samsung A72 atau S20 FE yang Hampir Setara Flagship

One UI 4 hadir dengan opsi kustomisasi baru, fitur privacy dan akses ke ekosistemnya Samsung yang terus berkembang. Menghadirkan pengalaman mobile yang lebih canggih dan membuat pengguna bisa memegang kendali penuh.

“kami berkomitmen untuk memberikan semua orang akses ke pengalaman mobil yang terbaik sesegera mungkin,” papar Janghyun Yoon seorang executive vice president head of software platform Team at mobile communication Bussines Samsung Electronics.

Pembaharuan pada One UI 4 ini memenuhi janji tersebut, untuk melengkapi pengguna smartphone Samsung Galaxy dengan fitur kostumisasi dan privasi terbaru. Tidak berhenti sampai di situ, pengguna smartphone dan tablet lainnya juga akan dapat memanfaatkan pembaruan perangkat lunak ini. Tentunya nya mulus dari seluruh ekosistem kami.

User Interface

Dengan berbagai macam pilihan color palettes, pengguna dapat merubah tampilan dan merasakan perubahan tersebut mulai dari homescreen sampai dengan icon, background, tombol dan menu.

Lebih tepatnya interface one UI 4 ini menghadirkan interaksi yang disederhanakan serta memiliki desain yang bersih dan juga elegan.

Pengguna juga bisa meletakkan widget penting pada halaman lock screen seperti kalender untuk mengecek jadwal hingga voice recorder untuk merekam ide yang muncul tiba-tiba tanpa harus repot-repot untuk membuka kunci layar atau lock screen.

Nantinya pengguna one UI 4 juga mendapatkan akses mudah ke rangkaian emoji yang lebih menarik dan juga beragam pada satu tempat. Tentunya hal ini akan mempermudah pengguna dalam melakukan konfigurasi pilihan menikmati pengalaman komunikasi yang lebih seru.

Kalau satu buah emoji masih kurang, para pengguna juga bisa menggabungkan dua buah emoji dalam satu animasi untuk benar-benar mengekspresikan perasaan pada saat itu. Fitur emoji gif dan stiker tersebut langsung tersedia dari keyboard bawaan Samsung.

Privasi dan Keamanan

Update One UI 4 Meluncur, Apa Saja yang Baru?

Memang tidak ada privasi tanpa keamanan yang kuat. Oleh sebab itu Samsung dengan one UI empatnya menghadirkan fitur privasi dan juga keamanan yang terbaru. Sehingga nantinya para pengguna one UI 4 dapat memilih apa saja yang yang dirahasiakan atau yang ingin dibagikan.

Pengguna juga bisa memonitor langsung dan mengontrol privasi menjadi lebih mudah. Mulai dari memberikan peringatan bagi pengguna sampai saat aplikasi mencoba mengakses kamera atau mikrofon. Sampai dashboard privasi baru yang meletakkan semua pengaturan dan kontrol pengguna pada satu tempat yang mudah untuk dipantau.

Misalnya dari dasbor tersebut pengguna bisa langsung memblokir sementara akses kamera dan juga microphone ke semua aplikasi yang terinstal.

One UI 4 juga hadir dengan memanfaatkan perluasan opsi izin android 12. Hal ini memungkinkan penggunanya dapat melihat riwayat hal-hal yang mereka inginkan dalam 7 hari terakhir. Pengguna juga bisa memeriksa penggunaan data saat ini dari hal-hal yang diizinkan dan aplikasi yang telah digunakan.

Sebagai opsi privasi, titik hijau kecil akan tampil pada bagian kanan atas layar ketika ada sebuah aplikasi yang menggunakan microphone atau kamera.

Ekosistem yang Lebih Luas

Update One UI 4 Meluncur, Apa Saja yang Baru?

Pada pembaharuan one UI 4 ini, akan membantu pengguna untuk memaksimalkan ekosistem luas yang mencangkup rangkaian perangkat Samsung sampai pada aplikasi pihak ketiga, tentunya akan menyajikan pengalaman mobil yang lebih baik.

Kerjasama Samsung dengan pemimpin industri lainnya seperti perusahaan Google, memastikan pengalaman yang simple saat penggunaan aplikasi dan layanan pihak ketiga favorit pengguna.

Baca Juga : Kode Reset HP Samsung dan Cara Mudah Menggunakannya

Berarti pengguna bisa menikmati aplikasi seperti Google duo yang mampu panggilan video berkualitas tinggi dengan teman-teman dan juga keluarga.

Update Perangkat

Perangkat yang mendapat update one UI 4 ini tersedia pada seri Galaxy 21 terhitung mulai tanggal 15 November 2021. Pembaruan ini juga akan segera tersedia pada perangkat Samsung Galaxy seri S dan Note sebelum dan juga seri Samsung Galaxy A dan tablet.

Pengumuman ini datang bersamaan dengan pembaharuan software seri Galaxy watch yang mulai pada tanggal 15 November 2021. Nantinya pengguna dapat menikmati fitur kesehatan yang ditingkatkan dan tampilan jam yang baru juga.