Teknologi Wireless Charging 80 Watt Xiaomi
Sanggup mengisi penuh baterai 4.000 mAh dalam waktu 19 menit saja

Teknologi Wireless Charging 80 Watt Xiaomi – Pada bulan Agustus yang lalu, Xiaomi memperkenalkan flashship mereka Mi 10 Ultra yang tidak mau berkopromi dengan spesifikasi. Tetapi yang paling mencuri perhatian dari perangkat baru dari xiaomi ini adalah kemampuan pengecassan atau Charging 120 Watt ketika menggunakan kabel usb bawaannya dan 50 Watt saat menggunakan Wireless Charger.

Output 50 Watt ketika menggunakan wireless charger pada dasarnya lebih tinggi dari pada output yang didukung sebagian besar perangkat smartphone yang menggunakan kabel. Jadi Mi 10 Ultra ini kalau menggunakan wireless charger untuk mengisi daya baterai dari kosong sampai penuh, hanya membutuhkan waktu sekitar 40 menitan saja. Kalau melihat dari kapasitas baterainya 4500 mAh terbilag cukup besar.

Baca Juga: Qualcomm Umumkan Quick Charge 5 Mengisi Penuh Perangkat dalam 15 Menit

Sepertinya dengan pencapaian tersebut, Xiaomi masih belum puas. Tahun saja belum berganti masih tahun 2020 dan masa pandemi pun belum berakhir. Xiaomi kembali tancap gas dengan memperkenalkan teknologi wireless charging mereka yang terbaru dan lebih ngebut lagi dari para pesaingnya. Output maksimumnya saja bisa mencapai 80 Watt.

Wireless Charging 80 Watt Xiaomi

Melalui video demonstrasi pendek yang ada pada kanal YouTube mereka. Xiaomi mau menunjukkan kepada dunia, seberapa cepatnya baterai yang berkapasitas 4.000 mAh pada Mi 10 Pro (yang sudah dimodifikasi). Dicharger secara wireless, terisi 10% selama 1 menit, 50% selama 8 menit dan terisi penuh 100% hanya dalam kurun waktu 19 menit saja.

Sejauh ini, mereka belum memberikan keterangan apapun. Mengenai dampak atau efek samping dari teknologi pengisian daya cepat secara nirkabel untuk jangka panjang terhadap barerai perangkat ataupun komponen yang lain.

Baca Juga: Fitur Mi Charger 120W Generasi Ke-2

Tetapi saat mereka mengumumkan Mi 10 Ultra. Pihak Xiaomi memastikan kalau umur baterai perangkat yang mereka keluarkan tidak akan menjadi lebih singkat karena proses pengisiannya berkali lipat lebih cepat dari kompetitornya.

Jelas perangkat Xiaomi terlihat sangat mengesankan, karena pengisian daya secara wireless charging yang mencapai 80 Watt. Saat para kompetitor mereka seperti OnePluss, baru saja menawarkan perangkat dengan dukungan mengisi daya cepat 65 Watt saja. Xiaomi malah sudah lebih dulu menyajikan yang lebih cepat dan jauh lebih praktis (Wireless Charging).

Sampai saat ini belum dapat dipastikan kapan perangkat smartphone yang mendukung wireless charging 80 Watt ini akan segera hadir. Xiaomi juga bukanlah satu-satunya pabrikan yang terus menerus menyempurnakan teknologi pengisian daya super cepatnya. Kompetitornya OPPO juga sudah memperkenalkan teknologi wireless charging 65 Watt beberapa bulan yang lalu.

Sumber: Xiaomi.com

Baca Juga: Mitos Soal Charger Baterai Yang Harus Semua Tahu