Inilah Perbedaan Frekuensi WiFi 2.4 GHz dan 5 GHz, Mana Lebih Kencang?

  • Bagikan
Inilah Perbedaan Wi-Fi 2.4 GHz dan 5 GHz, Mana Lebih Kencang?
Perbedaan Frekuensi WiFi

Perbedaan Frekuensi WiFi 2.4 GHz dan 5 GHz – Pada zaman Milenial ini, kebanyakan orang lebih memilih menggunakan Jaringan Wi-Fi ketimbang menggunakan kabel LAN. Selain dari kemudahan dalam instalasi, juga lebih lebih efisien kalau dari jaringan internet yang menggunakan kabel (LAN). Biaya untuk membangun jaringan WiFi tidak sebesar dengan menggunakan kabel.

Bicara mengenai WiFi, kebanyakan router sekarang sudah menggunakan dua frekuensi untuk jaringannya. Frequensi itu antara lain 2.4 Ghz dan 5 Ghz, ada juga router yang menawarkan jenis Jaringan Wi-Fi 5,8 Ghz. Lantas dari semua jenis frequensi jaringan wifi itu, apa sajakah perbedaannya?

Kali ini kita akan membahas mengenai jaringan Wi-Fi yang memiliki frequensi 2.4 GHz dan 5 GHz? Masing-masing dasri 2 jenis frequensi WiFi itu memiliki kelebihan dan kekurangan. Semua itu tergantung dari kebutuhan, jarak, kecepatan dan juga perangkat.

Perbedaan Frekuensi WiFi 2.4 GHz dan 5 GHz

Perbedaan Wi-Fi 2.4 GHz dan 5 GHz
Perbedaan Frekuensi WiFi 2.4GHz Vs 5GHz

Perbedaan Frekuens WiFi – Dahulu WiFi lebih banyak beroperasi menggunakan frekuensi 2.4 Ghz. Kemudian, mulailah pada tahun 2009 frequensi WiFi 5GHz mulai dipergunakan dengan standar 802.11n (WiFi 4).

Namun WiFi 5Ghz ini hanya memiliki lingkup yang pendek kalau dibandingkan dengan frequensi WiFI 2.4Ghz, tetapi kelebihan frequensi ini adalah memiliki kecepatan yang jauh lebih tinggi. WiFi 5GHz jarang mendapat interferensi dan ini membuat jaringan WiFi 5GHz memiliki kemampuan untuk mengirim data dengan melewati banyak saluran pada waktu yang bersamaan.

Berbeda dengan WiFi 2.4GHz yang banyak mendapat gangguan, karena banyaknya perangkat yang beroperasi pada frekuensi ini. Seperti onsole controllers, Bluetooth, Smartphone dan lain sebagainya. Namun kelebihan dari frequensi WiFi 2.4 GHz ini adalah jangkauannya yang lebih luas atau besar. Perangkat kalian akan tetap terkoneksi walau pada jarak 10 meter dari router dan koneksinya pun stabil dengan sinyal yang masih full, meskipun ada tembok yang menghalangi.

Kalau kita bandinghkan dari bandwith, frequensi 2.4GHz maksimal mampu membawa koneksi data mencapai 300 Mbps, sedangkan kalau frequensi 5GHz memiliki kemampuan transfer data yang jauh lebih besar yaitu mencapai 1 Gbps.

Frequensi Jaringan WiFi 5GHz dan Jaringan Internet 5G Berbeda!

Kalau kalian pernah menemukan sebuah router bertuliskan 5G, kalian harus mengetahui kalau WiFi 5 GHz dan jaringan internet 5G itu beda. 5G pada yang terdapat pada router adalah nama lain dari WiFi 5 GHz, bukanlah jaringan internet 5G.

Frequensi WiFi 2.4GHz atau 5 GHz Untuk Apa Saja?

Frequensi 5 Ghz sangat cocok bagi kalian yang menggunakan laptop atau ponsel masih dalam satu ruangan yang sama dengan Router WiFI. Terlebih lagi kalau kalian bermain game online, frequensi WiFi 5 GHz sangat cocok sekali untuk kaian gunakan.

Namun kalau router WiFi dan perangkat kalian berbeda rungan, apalai ada tembok yang membatasinya. Sebaiknya kalian menggunakan frequensi router WiFi 2.4GHz

Jadi, sesuaikan dengan kebutuhan kamu saja.

Demikianlah artikel mengenai Perbedaan Frekuensi WiFi. Semoga bermanfaat!…

Baca Juga : 6 Macam Jaringan Internet Tahun 2020, Mana Yang Lebih Kencang Downloadnya?

Perbedaan Frekuensi WiFi

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *