Mengenal Tentang 5G, Download Sampai 10Gbps!

5g 30

Apa itu 5g? Bagaimana ia bekerja? Berapa kecepatannya? Berikut kami bagikan artikel mengenai jaringan 5G.

Semua orang yang menggunakan jaringan internet pasti mendambakan internet yang super cepat dan stabil.

Tidak hanya ponsel kita yang membutuhkan internet cepat, aplikasi seperti TV pintar, jam tangan pintar, mobil, dan semua peralatan rumah tangga yang terhubung ke jaringan Internet pasti sangat membutuhkan internet yang wus wus. Intinya semua alat yang menggunakan jaringan internet pasti butuh kecepatan yang power full.

Untuk sekarang ini, ada sekitar 6,4 M perangkat yang tersambung pada jaringan online atau internet. Para pakar memprediksi akan ada 20m lebih gadgets yang akan terhubung ke dunia Internet dalam waktu dekat ini.

Untuk dari itu, beberapa perusahaan telekomunikasi sedang bekerja keras berlomba – lomba mengembangkan kecepatan internet yang lebih cepat dan lebih stabil lagi lebih dari jaringan internet sekarang ini.

Meningkatkan suatu kecepatan jaringan internet berarti menyalurkan banyak bandwith yang jauh lebih besar dan juga banyak.

Namun untuk dapat lebih banyak bandwith, sangat diperlukan sinyal WiFi baru yang lebih banyak menampung bandwith.

Mengenal Tentang 5G, Download Sampai 10Gbps!

Agar kamu tahu dan paham apa itu jaringan 5G, maka dari itu kami akan jelaskan pengertian, kecepatan 5G lebih cepat dari 4G, cara kerja dan kapan 5G dirilis.

Apa itu 5G?

G adalah singkatan dari Generation, yang berarti generasi atau suatu angkatan. Teknologi jaringan nirkabel (internet) 1G hadir pada awal tahun 90an.

Lalu jaringan 1G ditingkatkan lagi menjadi jaringan 2G. Dimana pengguna dapat mengirimkan pesan teks antara 2 hp.

Mengenal Tentang 5G, Download Sampai 10Gbps!

Seiring perkembangan waktu, jaringan 3G muncul yang memungkinkan penggunanya melakukan panggilan telepon video call, mengirimkan pesan, dan berselancar di dunia internet.

Jaringan 4G semakin meningkat performanya dengan kecepatan yang lebih tinggi sehingga proses upload dan download file tidak lagi memakan banyak waktu.

Kemudian jaringan 4G berkembang menjadi 4G LTE (Long Term Evolution). LTE lebih cepat dari versi lainnya.

5G membangun pondasi yang telah dibuat 4G LTE. Hal tersebut akan memungkinkan proses jaringan internet menjadi lebih mantap. Jaringa 5G dapat mengunduh atau mengunggah video dgn quality Ultra HD.

Coba kalian bayangkan bagaimana kecepatannya itu. 4G LTE saja sudah seperti diibaratkan seperti pipa yang mengalirkan air sampai dengan jauh, 5G mungkin dapat diibaratkan seperti air terjun yang sangat deras.

Lantas, apakah benar 5G lebih cepat ketimbang 4G?

Jawabannya pasti, Ya. Kecepatan secara signifikan akan jauh lebih cepat dari jaringan 4G. Saat ini, kecepatan 4G LTE maksimal bisa mencapai 10MB/s.

Kecepatan tersebut baru akan didapat atau dicapai ketika kalian mengakses jaringan 4G di kondisi yang lancar, tanpa adanya gangguan . Seperti Bangunan gedung, BTS, tinggi rendah tanah, iklim dan  infrastruktur pendukung jaringan juga dapat mempengaruhi kecepatannya.

Tentu kecepatan 4G hingga 10 MB/s per detik tidak akan kita rasakan mengingat kondisi negara kita yang masih belum mendukung kecepatan internet setinggi itu. Memang saat ini belum, mungkin dimasa yanga akan datang kecepatan internet di Indonesia juga akan berkembang.

Jaringan 5G akan ditingkatkan kecepatannya dan dapat menampung hingga 10 Gigabit per detik. Jaringan ini juga dapat mengatasi membuka halaman web yang lambat.

Bagaimana cara kerja 5G?

Saat ini, banyak perusahaan telekomunikasi saling bekerja sama menciptakan standar jaringan 5G di seluruh dunia. Para ilmuwan berharap teknologi jaringan ini dapat bekerja berdapingan jaringan sebelumnya seperti 3G dan 4G.

Pada dasarnya , smartphone adalah radio 2 arah. Ketika kalian melakukan panggilan telepon kepada teman, perangkat akan mengubah suara menjadi sinyal elektronik. Lalu, perangkat mentransmisikan sinyal elektrik ini ke BTS terdekat dengan gelombang radio.

5g 4 30

Kemudian, BTS akan memancarkan gelombang radio ke BTS lalu ke menara seluler lainnya dan gelombang ini sampai ke perangkat telepon tujuan. Hal seperti ini juga untuk mengirim file.

Biasanya, saat muncul teknologi nirkabel terbaru, ia akan memiliki frekuensi yang lebih tinggi dari lainnya.

Jaringan 4G pita frekuensinya 20 Mhz, sedangkan 5G pita frekuensi 6 Ghz.

Kapan 5G Terealisasi?

Pada akhir 2018, operator AT & T merencanakan meluncurkan jaringan 5G. Segera hadir di 12 kota di US. Verizon yang sudah melakukan uji coba jaringan 5G. Namun, tidak seperti AT&T, Verizon masih belum memastikan kapan 5G nya diluncurkan.

Untuk Indonesia sendiri, Ronni mengatakan Indonesia mungkin akan menyusul dalam menggunakan jaringan 5G dimulai pada tahun 2021.

Baca Juga:
Pengertian Jaringan LAN, WAN dan MAN, Mana yang terbaik?
Cara Transfer Pulsa Telkomsel 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.