Menampilkan Konfirmasi Saat Menghapus File

Saat akan menghapus file maupun folder pada OS Windows 10 , tidak ada lagi notifikasi atau pop up warning/ konfirmasi  yang muncul. Biasanya menanyakan kita Are you sure want to move this file to the Recycle Bin? (Apakah kita yakin mau memindahkan file atau folder ini ke Recycle Bin (tong sampah)?) seperti yang ada pada Windows versi-versi sebelumnya.

Saat kalian menggunakan OS Windows 10, secara bawan atau default ketika menekan tombol Del pada keyboard atau dengan klik Delete, maka akan memindahkan file tersebut lagsung ke Recycle Bin tanpan adanya konfirmasi lagi. Jika kalian tidak nyaman dengan pengaturan baru ini, ada cara untuk menampilkan jendela konfirmasi atau pop up ketika menghapus file ataupun sebuah folder seperti pada Windows 7 maupun versi dibawah windows 7 sebelumnya.

Beberapa orang yang menggunakan Windows 10 ini ada yang merasa nyaman dengan pengaturan default bawaan windosws 10 yang baru. Hal tersebut karena mereka tidak perlu lagi repot-repot menekan tombol Yes kerika akan menghapus file dan file tersebut akan langsung masuk ke Recycle Bin.

Namun menurut beberapa orang ada yang menyayangkan hal tersebut, karena fitur ini menjadi penyebab secara tidak sengaja banyak file yang terhapus. Walaupunlah file yang telah tidak sengaja kita hapus tadi dapat kita kembalikan lagi dari recycle bin atau tong sampang pc/ laptop kita, tetap saja ini hal yang merepotkan dan membuang waktu kita dalam mengerjakan sesuatu.

Dengan mengaktifkan kembali pilihan konfirmasi pada menghapus file, kemungkinan untuk secara tidak sengaja menghapus file akan berkurang. Terkadang kalau capek lemah dan letih karena terlalu lama bekerja, konsentrasi kita bisa terganggu. Bisa saja kita menghapus file yang tidak ingin kita hapus secara tidak sengaja.

Berikut ini adalah langkah-langkah agar saat menghapus sebuah file atau documen kita diminta konfirmasi dahulu.

Cara Menampilkan Konfirmasi Saat Menghapus File atau Folder di Windows 10

Langkah 1

Menampilkan Konfirmasi Saat Menghapus File

Carilah icon Recycle Bin. Kalau tidak menemukan pada desktop, silahkan kalian buka File Explorer. Kemudian kalian lihat pada bagian kiri sebelah bawah.

Langkah 2

Selanjutnya klik kanan pada icon Recycle Bin. Pilih Properties.

Langkah 3

Pada tab General, beriah centang Display delete confirmation dialog. Lalu Apply.

Menampilkan Konfirmasi Saat Menghapus File

Sekarang coba kalian hapus sebuah file, dokumen atau folder. Sekarang seharusnya Windows menampilkan Konfirmasi Saat Menghapus File, dokumen atau folder tersebut ke tempat sampah atau Recycle Bin.

Sangat sekali gampang bukan gays? Selamat mencoba!

Baca Juga: Cara Mudah dan Gampang Screenshot Laptop atau PC