Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi Pad 5, Saingan Ipad Pro

Kelebihan Xiaomi Pad 5 dan Kekurangannya – Akhir-akhir ini popularitas tablet mulai meningkat. Mungkinkah karena kebanyakan orang sekarang melakukan aktivitas dari rumah saja, jadi banyak yang membutuhkan sebuah tablet untuk hiburan seperti nonton dan main game online hingga dengan mengikuti rapat online. Tidak cuma itu saja, tablet juga bisa jadi perangkat utama dalam bekerja.

Baca Juga: Tips Memilih Smarphone Bagus Sesuai dengan Kebutuhan Kamu

Sepertinya hal inilah yang Xiaomi baca, mereka sudah mengumumkan tentang peluncuran Xiaomi Pad 5 dari beberapa bulan yang lalu. Mereka sukses mengusik rasa penasaran dari para penggemarnya, seperti apa saja sebenarnya tablet terbaru dari Xiaomi pada tahun 2021 ini? Simak kelebihan dan kekurangan Xiaomi Pad 5 yang akan kami paparkan ini.

Tablet ini telah berhasil menarik banyak perhatian pecinta tablet. Untuk saat ini, status Xiaomi Pad 5 masih pre order khusus untuk negara China. Pastinya akan butuh waktu yang sedikit lebih lama lagi untuk masuk ke Indonesia.

Tidak ada salahnya bukan mengintip sedikit banyak tentang tablet Xiaomi ini. Berikut ini kelebihan yang bisa menjadi pertimbangan sebelum memiliki Xiaomi Pad 5:

Kelebihan Xiaomi Pad 5

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi Pad 5, Saingan Ipad Pro

1. Ringan dan Desain Kekinian

Xiaomi Pad 5 terlihat menarik sekali, karena tampilannya yang kekinian. Pada bagian belakang bodinya terbuat dari bahan alumunium. Sedangkan sisi kiri atas ada kamera yang posisinya sama seperti smartphone terbaru. Bezelnya dari alumunium yang membuat tablet ini terasa kokoh.

Beralih pada bodi bagian depan, Xiaomi Pad 5 ini memiliki bezel tipis. Ukuran bezelnya juga sama pada keempat sisinya. Walau tipis, tapi tetap ada ruang untuk dipegang ketika bermain game.

2. Layar Keren dan Mantap

Ukuran layar dari Xiaomi Pad 5 ini sudah seperti laptop yang kecil, yaitu 11 inch. Penggunanya akan sangat puas sekali ketika menonton film atau bermain game. Layar tablet ini berjenis IPS LCD dan sudah beresolusi 1600 x 2560 pixel HDR 10 dan yang paling mengesankan adalah tingkat refresh ratenya sudah 120 Hz. Sangat smooth dan lancar saat beroperasi apa pun.

Layarnya ini juga sudah terdapat fitur True Tone, yang membuat warna dan kecerahan layar Xiaomi Pad 5 ini bisa beradaptasi dengan kondisi ruangan dengan lebih baik. Dengan rasio 16:10 akan sangat puas sekali untuk kebutuhan belajar, kerja, sosmed an sampai sekedar membaca ebook dan manga.

3. Prosesor Tinggi Untuk Kelas Tablet

Sistem operasi Xiaomi Pad 5 adalah Andorid 11 dengan interface MIUI 12.5. Prosesornya adalah Qualcomm Snapdragon 860, membuat Xiaomi Pad 5 jadi tablet dengan prosesor yang cepat pada kelas harganya.

4. RAM Luas

Tidak seperti para tablet pesaing, Xiaomi Pad 5 tidak pelit memberikan RAM yang lumayan besar. Xiaomi Pad 5 menggunakan RAM 6 GB. RAM sebesar ini tentunya sudah mampu mendukung aktivitas multi tasking berjalan lancar.

Tidak perlu kuatir mengenai memori ROM. Karena terdapat 2 pilihan memori internal 128 GB dan 256 GB. Mau menyimpan banyak game, file foto yang banyak, video berukuran besar, tidak akan jadi masalah.

5. Speaker Stereo 4 Buah

Kebanyakan dari para pengguna tablet adalah untuk kebutuhan multimedia. Pastinya butuh suara yang bagus biar lebih optimal. Xiaomi Pad 5 ini hadir dengan 4 buah speaker berkualitas stereo, yang akan membuat bermain game atau meonton video jadi lebih hidup dan seru.

6. Baterai Super Besar 8720 mAh

Tablet ini memiliki baterai yang berkapasitas 8720 mAh yang kuat sekali untuk aktivitas intens seharian penuh. Pengisian dayanya sudah ada fitur fast charging 33 W. Hanya butuh 2 hingga 2.5 jam saja sampai terisi penuh.

Baterai sebesar itu apa akan membuatnya tablet berat? Ternyata tidak juga, Xiaomi Pad 5 ini termasuk yang ringan di kelasnya yaitu hanya 510 gram saja. Masih nyaman untuk dibawa ke mana saja.

7. Aksesoris Lengkap

Supaya pengguna bisa menggunakannya dengan optimal, Xiaomi telah menyediakan aksesoris lengkap untuk Xiaomi Pad 5.

Ada stylus pen yang cocok untuk pengguna yang bergerak pada bagian design. Stylus pen juga cocok bagi yang suka membuat catatan.

Terdapat juga magnetic keyboard, yang membuat pekerjaan kantoran menjadi lebih gampang terselesaikan dengan tablet karena mirip laptop.

Kekurangan Xiaomi Pad 5

Meski sudah memiliki banyak kelebihan, tablet ini tetaplah juga masih memiliki beberapa kekurangan. Mungkin hal ini bisa jadi bahan pertimbangan bagi peminatnya. Berikut kekurangan Xiaomi Pad 5

1. Konektivitas Internet Hanya Wi-Fi

Untuk yang varian Xiaomi Pad 5 reguler, hanya tersedia konektivitas internet menggunakan Wi-Fi saja. Sebenarnya prosesornya telah mendukung untuk jaringan 5G. Kalau mau dapat yang memiliki jaringan internet seluler, hanya terdapat pada Xiomi Pad 5 Pro 5G.

2. Tanpa Slot Kartu Micro SD

Xiaomi Pad 5 tidak menyediakan slot untuk Micro SD, jadi kalau pengguna merasa kekurangan memori, harus menggunakan HDD atau SSD eksternal lewat USB On-the-go.

3. Tidak ada NFC

Beberapa fitur seperti NFC tidak pada perangkat ini. Karena memang jarang sebuah tablet menjadi daily driver karena hanya sebagai perangkat kedua. Kemungkinan besar para pengguna tablet yang tidak mempermasalahkan hal ini.

4. Tanpa Jack Audio 3.5 m

Tablet ini juga tidak menghadirkan jack audio 3.5 mm. Tapi sebenarnya ini memang sudah menjadi standar pada gadget di kelasnya yang sudah meminimalisir penggunaan kabel.

Demikianlah artikel Kelebihan Xiaomi Pad 5 dan Kekurangannya, semoga bisa membantu bagi yang ingin meminangnya.