Vivo  

10 Kelebihan dan Kekurangan vivo T1 Pro 5G, Ponsel Gaming Kelas Menengah

vivo T1 Pro 5G 1

Kelebihan dan Kekurangan vivo T1 Pro 5G – Siap menjawab kebutuhan gamers ponsel kelas menengah, Vivo akhirnya meluncurkan smartphone yang mampu bersaing dengan merek ternama lainnya. Dengan hadirnya vivo T1 Pro 5G, pengguna akhirnya dapat merasakan ponsel kelas menengah berkualitas tinggi dengan rasio harga terhadap kinerja yang sesuai.

Dengan harga saat rilis Rp 4.499.000, otomatis menjadi pesaing OPPO Reno7 dan realme GT Master Edition karena harganya yang tidak terlalu jauh. Lantas, apakah vivo T1 Pro 5G bisa jadi ponsel pesaing yang bikin geger brand lain? Simak kelebihan dan kekurangannya di bawah ini!

Spesifikasi Singkat Vivo T1 Pro 5G

Kelebihan dan Kekurangan vivo T1 Pro 5G
LayarAMOLED 6.44 inci
ChipsetQualcomm Snapdragon 778G
RAM8 GB
Memori Internal128 GB
Kamera
64 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)
BateraiLi-Po 4700 mAh

Kelebihan dan Kekurangan vivo T1 Pro 5G

Kelebihan vivo T1 Pro 5G

Soal harga, tentu saja Vivo T1 Pro 5G adalah rajanya. Dengan harga yang cukup terjangkau, ia memiliki beberapa keunggulan yang sulit ditandingi para pesaingnya. Simak poin plusnya di bawah ini.

1. Layar AMOLED dengan HDR10+

Kelebihan dan Kekurangan vivo T1 Pro 5G
Kelebihan dan Kekurangan vivo T1 Pro 5G

Layar Vivo T1 Pro menjadi salah satu hal yang menarik. Tidak lagi menawarkan panel IPS LCD seperti varian biasa, ponsel ini hadir dengan panel AMOLED 6,44 inci yang benar-benar memukau dalam hal ketajaman dan kecerahan.

Vivo T1 Pro memiliki resolusi layar sama seperti ponsel kelas menengah lainnya, yaitu Full HD+ (1080 x 2404 pixel) dengan rasio aspek 20:9. Sedangkan untuk kerapatan piksel 409 ppi.

Layar yang mengusung desain water droplet notch ini menampilkan permukaan yang sangat luas. Hal ini berkat bezel sekelilingnya yang didesain cukup tipis, mencapai rasio body-to-screen sekitar 85,1%.

Kalian tidak akan kesulitan membaca konten yang ada pada layar saat di bawah terik matahari, karena kecerahan layar ponsel ini hingga 500 nits, seperti dilansir dari saluran Youtube Jagat Review.

Layar Vivo T1 Pro 5G juga bersertifikasi HDR10+, menggunakan tone mapping lokal untuk menampilkan warna dan kontras yang memukau. Peak brightness juga sangat tinggi pada 1300 nits.

Vivo T1 Pro 5G juga mampu menampilkan warna seakurat mungkin berkat layarnya yang mengusung gamut DCI-P3 100%. Sekadar informasi, color gamut mampu menampilkan spektrum warna yang lebih luas. Lebih cocok untuk mengedit grafik dan video, serta untuk menikmati konten HDR.

Walau Vivo T1 Pro 5G telah mengklaim menyatakan 100% DCI-P3, channel Jagat YouTube Jagat Review mengungkapkan bahwa cakupan asli sedikit lebih kecil pada 96,2% DCI-P3. Ini masih akurasi warna yang luar biasa untuk ponsel kelas 4 juta.

Rasio kontras pada layar Vivo T1 Pro 5G juga dikatakan mencapai 6 juta banding 1. Kalian tidak perlu khawatir mata cepat lelah saat melihat layar dalam waktu lama, karena layarnya sudah dilengkapi SGS Eye Care Sertifikasi. Sertifikasi ini menurunkan tingkat emisi cahaya biru yang dapat berbahaya bagi mata.

Untuk membuat mata pengguna betah melihat layar sambil menggulir media sosial, layar dilengkapi dengan refresh rate 90 Hz dan touch sampling rate180 Hz untuk responsivitas yang lebih baik.

Sertifikasi Widevine L1 DRM juga tersedia di sini sehingga Anda dapat menonton konten Full HD di layanan Netflix dan Amazon Prime Video.

2. Performa Snapdragon 778G yang Handal

Kelebihan dan Kekurangan vivo T1 Pro 5G
Kelebihan dan Kekurangan vivo T1 Pro 5G

Ponsel vivo yang berada di kelas menengah seringkali dianggap kurang cocok untuk bermain game. Biasanya, ia kalah gengsi dengan merek pesaing seperti Xiaomi dan realme dalam hal kinerja. Nah, kali ini Vivo T1 Pro 5G menawarkan sesuatu yang berbeda, karena hadir dengan chipset berperforma tinggi.

Vivo T1 Pro hadir dengan Snapdragon 778G yang juga telah digunakan oleh beberapa smartphone kelas menengah lainnya, seperti Samsung Galaxy A52s dan realme GT Master Edition.

Snapdragon 778G sendiri merupakan chipset yang cukup istimewa, mengingat performanya benar-benar menyerupai ponsel flagship. Skor AnTuTu v9 berhasil mencapai lebih dari 500 ribu poin, membuatnya sebanding dengan Snapdragon 855 yang merupakan SoC andalan tahun 2018.

Chipset tersebut hadir dengan kombinasi delapan prosesor, kombinasi tiga cluster berbeda yang membuatnya andal dalam menangani berbagai aktivitas. Sebagai cluster utama, terdapat unit Kryo 670 Prime berbasis Cortex A78 (2,4 GHz).

Pada klaster performa menggunakan tiga inti Kryo 670 Gold berbasis Cortex A78 2,2 GHz. Hanya di cluster hemat daya terdapat empat unit Kryo 670 Silver berbasis Cortex A55 dengan kecepatan 1,9 GHz.

Snapdragon 778G yang diluncurkan pada kuartal kedua tahun 2021 ini dibuat dengan proses fabrikasi 6 nanometer dan memiliki TDP (Thermal Design Power) sebesar 5 W. Mendukung jenis RAM LPDDR5 pada frekuensi 3200 MHz, mengusung GPU Adreno 642L dengan 490 MHz frekuensi.

Untuk RAM, ponsel ini didukung dengan kapasitas 8 GB yang dapat diperluas hingga 12 GB melalui fitur Extended RAM. Memori internalnya mengusung kapasitas 128 GB yang dirasa cukup untuk menampung aplikasi dan file dokumen.

Benchmark performa yang dihadirkan sangat baik untuk kelas harga menengah (khususnya untuk HP vivo). Dalam tes Geekbench 5, ia mencetak 792 poin untuk satu inti dan 2920 untuk beberapa inti. Untuk AnTuTu v9, ia memperoleh 533.462 poin melebihi Dimensity 920 dan Exynos 1280, dilaporkan oleh Jagat Review.

Pengalaman bermainnya juga tidak mengecewakan. Ponsel ini dapat memainkan PUBG Mobile dengan pengaturan HDR – Ultra graphics dengan frame rate 40 FPS. MLBB juga dapat berjalan antara 85 hingga 90 FPS pada pengaturan grafis High dan HD (Shadow diaktifkan).

Channel YouTube Jagat Review juga menyebutkan bahwa game Genshin Impact dapat berjalan dengan lancar di settingan Terendah, bahkan saat pertarungan dan setelah setengah jam bermain. Bahkan pada pengaturan Tinggi -60, tidak pernah ada penurunan bingkai di bawah 30 FPS.

Dilansir dari video YouTube FlashGadget, kemampuan Vivo T1 Pro 5G juga diuji pada game PUBG Mobile. HP dapat diatur ke Smooth – Extreme atau HDR – Ultra dengan pengalaman yang menyenangkan. Sensor gyro juga sangat responsif dalam game ini, sehingga memudahkan pengguna untuk membidik lawan.

Jadi, jika kalian menginginkan ponsel berperforma tinggi dengan harga hanya 4 jutaan, vivo T1 Pro 5G terbukti lebih dari cukup untuk memuaskan hasrat gaming kalian.

3. Baterai awet dengan Flash Charge 66 Watt

Kelebihan dan Kekurangan vivo T1 Pro 5G
Kelebihan dan Kekurangan vivo T1 Pro 5G

Tidak seperti kebanyakan ponsel lain yang menggunakan kapasitas 5.000 mAh, Vivo T1 Pro 5G hanya hadir dengan baterai 4.700 mAh. Namun, optimalisasi perangkat lunak kemampuan Snapdragon 778G untuk menangani daya, dan layar AMOLED membantu baterai ponsel tidak cepat habis.

Ponsel ini juga dilengkapi dengan pengisian cepat 66 Watt yang diyakini dapat mengurangi masa pengisian baterai secara signifikan. Menurut klaim Vivo, ponsel ini dapat diisi hingga 50 persen hanya dalam waktu 18 menit. Saat diuji oleh JagatReview, tidak jauh berbeda, HP bisa mencapai 50 persen dalam 20 menit dan terisi penuh dalam 58 menit.

Untuk daya tahan baterai, Vivo T1 Pro 5G juga patut diacungi jempol. Saat digunakan untuk menonton video playback 1080p, bisa bertahan hingga 22 jam 30 menit. Jangka waktu yang lama bukan?

4. Memiliki Sistem Pendingin yang Menjaga Kinerja Berkelanjutan

Kelebihan dan Kekurangan vivo T1 Pro 5G
Kelebihan dan Kekurangan vivo T1 Pro 5G

Tidak hanya dapur pacunya saja yang mendekati ponsel kelas flagship, tetapi juga sistem pendinginnya. Tampaknya T1 Pro 5G benar-benar serius untuk memberikan pengalaman maksimal bagi para gamers.

Vivo T1 Pro 5G menawarkan salah satu solusi Vapor Chamber terbaik di industri HP kelas menengah, menghadirkan area pendinginan 32.923 mm persegi dengan Vapor Chamber 2.097 mm persegi.

Delapan lapisan pembuangan panasnya juga membantu menjaga Ponsel dari panas berlebih. Inilah salah satu alasan Genshin Impact bisa dimainkan di Ponsel ini dalam waktu yang lama. Pasalnya, Vivo mengklaim sistem pendingin ini mampu menurunkan suhu CPU sebanyak 12 derajat Celcius.

Setelah memainkan Genshin Impact selama 30 menit, bagian depan dan belakang terpantau hanya mencapai suhu 38 hingga 40 derajat Celcius. Jagat Review juga mengatakan bahwa performa game ini tidak jauh berbeda jika dimainkan menggunakan kipas eksternal.

5. Kamera Triple

Kelebihan dan Kekurangan vivo T1 Pro 5G
Kelebihan dan Kekurangan vivo T1 Pro 5G

Jika melihat aksi HP Vivo di kalangan kelas menengah, tentu wajar jika calon pengguna mengharapkan hasil foto yang luar biasa. Vivo T1 Pro sendiri hadir dengan pengaturan kamera yang cukup lengkap, karena setidaknya menawarkan sensor ultrawide.

Sebagai kamera utama, terdapat Kamera Extreme Night 64 MP dengan aperture f/1.8 dan panjang fokus 26 mm. Tentu saja ada juga fitur PDAF di sini untuk mengunci fokus pada subjek otomatis.

Pada lensa ultra lebarnya, ia menggunakan resolusi 8 MP dengan aperture f/2.2. Lensa ini dapat memuat lebih banyak lagi dalam satu bingkai, pada bidang lebar 117 derajat. Sensor ketiga adalah kamera makro 2 MP (f/2.4).

Kalian juga dapat merekam hingga resolusi 4K pada 30 FPS. Uniknya, video yang dihasilkan terasa begitu stabil, tidak seperti kebanyakan Ponsel lain yang hanya memberikan stabilisasi pada resolusi 1080p.

Kamera depan yang mengusung resolusi 16 MP (f/2.0) juga dilengkapi dengan stabilisasi yang baik sehingga perekaman video tidak mudah goyah.

Bisa dilihat bagaimana vivo T1 Pro 5G tidak main-main dalam memberikan kamera yang berkualitas. Khusus untuk night mode, hasil yang didapat benar-benar memiliki exposure yang kuat dan mampu membuatnya terlihat lebih terang dari aslinya. Meski begitu, dibutuhkan stabilitas tangan yang baik selama 3 detik saat merekam.

6. Body Ergonomis

Kelebihan dan Kekurangan vivo T1 Pro 5G
Kelebihan dan Kekurangan vivo T1 Pro 5G

Selain kamera, ponsel Vivo selalu bisa diandalkan dari segi desainnya yang unik dan kenyamanan dalam genggaman. Sementara bagian depan masih menggunakan lekukan tetesan air, bagian belakang terlihat sangat keren.

Jelas tidak ada sensor sidik jari di bagian belakang, karena sensor memang ditempatkan pada layar. Bodi in vivo V1 Pro 5G juga diketahui dilapisi dengan tekstur Crystalline Matte dan lapisan nano 400 nm. Hal ini membuat bodinya terlihat sangat stylish, tanpa sidik jari dan goresan, serta tidak mudah lepas kendali.

Bodinya memiliki bobot 180,3 gram yang cukup ringan, dan ketebalannya hanya mencapai 8,49 mm. Untuk rangka dan panel belakang sendiri, menggunakan bahan plastik polikarbonat. Ujung-ujungnya melengkung, berbeda dengan OPPO Reno7 4G yang mengusung desain flat edge.

Bagian kamera memiliki modul lensa ganda yang besar, dengan lensa utama diletakkan di atas sedangkan kamera kedua dan ketiga berada di lingkaran kedua. vivo menyebut dua lingkaran kamera tersebut sebagai Turbo Engine Design alias seperti mesin pesawat.

7. Konektivitas

Kelebihan dan Kekurangan vivo T1 Pro 5G
Kelebihan dan Kekurangan vivo T1 Pro 5G

Apakah kalian sering melakukan transaksi digital? Kabar gembira, karena vivo T1 Pro 5G hadir dengan NFC Multifungsi. Fitur ini merupakan cara untuk bertukar data antara dua perangkat yang didukung hanya dengan menempelkan badan HP.

Selain digunakan untuk cek dan isi ulang eMoney, NFC Multifungsi di ponsel ini juga bisa mengemulasikan akses kartu pintu. Jadi, kalian tetap bisa masuk ke kantor atau apartemen meskipun kartu akses ketinggalan.

Konektivitas 5G sudah bisa aktif di kedua slot SIM card. Artinya, tidak perlu mengganti kartu SIM lagi karena kedua slot dapat aktif secara bersamaan. vivo T1 Pro 5G juga hadir dengan USB Type-C dengan antarmuka OTG, Bluetooth 5.2 dan WiFi Dual Band 2.4 GHz/5 GHz.

Kekurangan vivo T1 Pro 5G

Vivo T1 Pro 5G kali ini benar-benar menawarkan sesuatu yang berbeda dari kebanyakan Ponsel Vivo lainnya. Namun, kalian tetap perlu memperhatikan hal-hal di bawah ini sebelum membeli agar tidak menyesal.

1. Tanpa Port Audio Jack 3.5mm

Kelebihan dan Kekurangan vivo T1 Pro 5G
Kelebihan dan Kekurangan vivo T1 Pro 5G

Ketiadaan port audio 3,5 mm berarti kalian harus siap meninggalkan kebiasaan lama menggunakan earphone berkabel. Jika kalian benar-benar ingin menggunakan earphone berkabel, kalian perlu menggunakan adaptor atau earphone Bluetooth.

Awalnya, ketiadaan port audio ini hanya terjadi pada ponsel flagship, namun kini sudah mulai merambah kelas menengah. Jika kalian lebih suka menggunakan TWS (True Wireless Stereo), Ponsel ini cocok untuk kalian.

2. Tidak Ada Slot Memori Eksternal

Kelebihan dan Kekurangan vivo T1 Pro 5G
Kelebihan dan Kekurangan vivo T1 Pro 5G

Vivo T1 Pro 5G memang dibekali dengan memori internal yang cukup besar berkapasitas 128 GB. Meski begitu, pengguna smartphone seringkali tak lepas dari microSD karena banyaknya kemudahan yang ditawarkannya.

Dengan microSD, dapat mentransfer data dengan mudah hanya dengan memasukkan kartu dari ponsel lain. Selain itu, file yang terdapat pada microSD juga tidak akan terpengaruh dari reset pabrik. Sayangnya vivo T1 Pro 5G tidak menyediakan slot memori eksternal sama sekali.

4. Tidak Ada Speaker Stereo

Kelebihan dan Kekurangan vivo T1 Pro 5G
Kelebihan dan Kekurangan vivo T1 Pro 5G

Lagi-lagi kekurangan HP vivo biasanya terletak pada speakernya. Bukan karena kualitasnya yang buruk, ya. Namun, karena vivo T1 Pro 5G tidak dilengkapi dengan speaker stereo, maka hanya akan memiliki satu pengaturan speaker di bawah bodi. Di bagian atas hanya tersedia headset untuk menjawab panggilan telepon.

Kesimpulan

Jika kalian mencari Ponsel yang unggul dalam hal performa dan juga kamera, vivo T1 Pro 5G adalah jawabannya. Kemampuannya menghadirkan foto malam yang berkualitas sangat dipuji di sini. Selain itu, kehadiran chipset Snapdragon 778G menjadi angin segar bagi para penggemar aktivitas gaming.

Tak hanya mengandalkan dapur pacu, ponsel juga memberikan sistem pendinginan yang tangguh layaknya ponsel gaming berkelas. Kondisi layarnya juga sangat memuaskan, sudah termasuk sertifikasi HDR10+ serta rasio kontras yang sangat tinggi.

Jika kalian bertanya kepada kami secara pribadi, kami tetap sangat merekomendasikan vivo T1 Pro 5G. Namun ingat, Ponsel ini hanya hadir dengan memori internal 128 GB tanpa slot memori eksternal. Untungnya, Anda masih dapat menyimpan file di cloud untuk menghemat ruang. Semoga artikel mengenai kelebihan dan Kekurangan vivo T1 Pro 5G bermanfaat.