2 Cara Mematikan Data Latar Belakang Xiaomi Dengan Mudah

  • Bagikan
Mematikan Data Latar Belakang Xiaomi

Dengan mematikan data latar belakang Xiaomi pada sebuah aplikasi akan menghemat penggunaan kuota internet. Karena setiap aplikasi android itu membutuhkan koneksi internet.

Terkadang data latar belakang yang aplikasi gunakan ini bisa dalam hitungan yang besar. Mungkin saja data latar belakang inilah yang menjadi kambing hitam paket internet cepat sekali habis. Lantas bagaimanakah cara mematikan data latar belakang Xiaomi ?

Cara Mematikan Data Latar Belakang Xiaomi

1. Melalui Aplikasi Security / Keamanan

Pada ponsel Xiaomi, sudah ada aplikasi bawaan yang bisa menghentikan penggunaan data latar belakang. Aplikasi bawaan tersebut bernama Security / Keamanan, aplikasi ini memang sudah ada dari ponsel Xiaomi pertama kali meluncur ke pasaran.

Berikut ini cara mematikan data latar belakang Xiaomi melalui aplikasi Security / Keamanan.

  • Buka aplikasi Security / Keamanan
  • Usap layar keatas dan pilih Penggunaan Data
  • Cari menu Penggunaan Data
  • Kemudian pilih Restrict Usage Stats
  • Pilih titik tiga pada sudut kanan atas
  • Lalu Background Connection
  • Terdapat menu pada bagian atas Mobile data dan WiFi
Mematikan Data Latar Belakang Xiaomi
  • Silahkan pilih aplikasi yang akan di matikan data latar belakang dengan geser ke kiri / non aktifkan
  • Kalau untuk pada menu bagian WiFi biarkan saja, karena kita tau sendiri kuota WiFi besar sekali tidak akan habis
  • Dengan begini aplikasi pilihan tadi data latar belakang sudah tidak aktif

Cara mematikan data latar belakang Xiaomi ini bisa kalian gunakan pada seluruh produk dari Smartphone Xiaomi, mau itu Seri Redmi, Poco, Note dan Juga Seri Mi.

2. Cara Mematikan Data Latar Belakang Xiaomi Melalui Pengaturan

Selain menggunakan aplikasi Security / keamanan, mematikan data latar belakang Xiaomi juga bisa dari pengaturan perangkat.

Untuk cara ini khusus untuk ponsel Xiaomi versi MIUI 10 kebawah. Karena ada perbedaan sedikit langkah dengan versi MIUI yang lebih baru seperti, langkahnya sebagai berikut

  1. Buka Setelan
  2. Penggunaan Data
  3. Pilih aplikasi yang hendak kalian matikan data latar belakang nya
  4. Kemudian pada Data Latar Belakang geser ke kiri sehingga menjadi nonaktif
  5. Kalau ada notifikasi yang muncul, langsung saja pilih oke

Pada cara mematikan data latar belakang Xiaomi diatas, kalian akan menemukan informasi seberapa besar aplikasi tersebut telah menggunakan data di latar belakang.

Maksudnya kalau Latar Depan artinya yang kelihatan dari pengguna, sedangkan Latar Belakang yang tidak kelihatan.

Baca Juga: Cara Screenshot 3 Jari Tahan Xiaomi / Partial Screenshot Dengan Mudah

Setelah kalian menonaktifkan koneksi latar belakang dari sebuah aplikasi, maka aplikasi tersebut tidak akan bisa mengakses data background lagi. Hal tersebut akan memberikan beberapa manfaat.

Manfaat Mematikan Data Latar Belakang Xiaomi

1. Menghemat Data

Aplikasi yang telah kalian atur tersebut tidak akan ikut mengambil koneksi baik itu Wifi maupun data seluler. Setiap aplikasi bisa melakukan update sendiri tanpa sepengetahuan kita apalagi kalau sudah terkoneksi pada jaringan WiFi.

Sehingga versinya jadi lebih baru dengan ukuran aplikasi yang jadi lebih besar. Jika telah kita atur seperti di atas, maka hal ini dapat dihindari.

2. Menghemat Baterai

Aplikasi yang menggunakan data latar belakang pastinya sedang aktif atau berjalan. Jika terdapat koneksi, maka aplikasi tersebut akan menjalankan fungsinya.

Ketika kita atur tidak diizinkan mengakses background data, aplikasi tersebut akan diam layaknya tidak menerima jawaban dari server. Pastinya dengan begini baterei ponsel akan jadi lebih hemat.

Penutup

Demikianlah artikel mengenai cara mematikan data latar belakang Xiaomi beserta manfaatnya. Perlu kalian ingat, hal ini juga ada kekurangannya. Misalnya, sebuah Email tidak akan bisa kalian terima kecuali membuka aplikasi Gmail.

Aplikasi juga tidak berjalan normal kalau tidak kalian buka. Pengaturan ini mirip dengan mengaktifkan mode hemat data, yang mana akan menghalangi aplikasi mengakses data latar belakang.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *