Cara Cek Kesehatan Baterai Samsung Dengan 3 Metode Mudah

Cara Cek Kesehatan Baterai Samsung

Cara cek kesehatan baterai Samsung tidaklah sulit. Penurunan performa baterai Samsung dalam menyimpan daya ini dipengaruhi oleh banyak hal, misalnya terlalu sering mengoperasikan ponsel saat sedang di cas. Hal ini dapat membuat baterai menjadi panas yang membuat baterai rusak.

Pengecekan baterai harus dilakukan secara berkala untuk mengecek kesehatan baterai. Seiring dengan bertambanya usia pemakaian HP, maka kemampuan baterai dalam menyimpan daya juga akan menurun.

Ketika hendak membeli hp samsung bekas, salah satu hal terpenting dalam kalian cek adalah kesehatan baterai. Untuk permudah kalian dalam pengecekan baterai, Samsung terdapat fitur khusus yang mampu mengecek kesehatan baterai.

Cara Cek Kesehatan Baterai Samsung

Berbeda dengan merek ponsel lain, Samsung tidak memasukan menu cara cek kesehatan baterai Samsung ke pengaturan. Cara cek kesehatan baterai Samsung bisa menggunakan aplikasi Samsung Members. Kalau kalian belum terpasang pada hp Samsung kalian, bisa kalian unduh secara gratis melalui Play Store atau Galaxy Store.

Tidak hanya itu, masih ada beberapa cara untuk cek kesehatan baterai hp Samsung. Berukut cara cek kondisi baterai HP Samsung:

1. Melalui Samsung Members

Cara Cek Kesehatan Baterai Samsung
  • Update aplikasi Samsung Members kemudian buka
  • Masuk ke bagian Get Help dengan tap ikon Headset pada menu bagian bawah
  • Pilih menu Interactive checks.
  • Kemudian pilih opsi Battery.
  • Informasi kesehatan baterai, bisa di lihat pada bagian Life.

Samsung Members ini adalah layanan komunitas yang khusus di sediakan untuk pengguna smartphone Samsung. Dengan aplikasi ini pengguna dapat menjumpai berbagai tips, trik, ataupin ulasan lain dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang umum terjadi pada HP Samsung.

Baca Juga : 2 Cara Kunci Jaringan 4G Samsung Dengan Beberapa Langkah Mudah

Bukan hanya itu saja, pengguna juga dapat mengecek berbagai fungsi dari hp Samsung, seperti mengecek, bluetooth, ,mic, wifi, kamera dan lain sebagainya.

2. Cek Fisik Baterai Samsung

Cara Cek Kesehatan Baterai Samsung

Cara cek kesehatan baterai Samsung berikutnya dengan melakukan pengecekan fisik baterai dengan manual. Sekarang kebanyakan HP menggunakan baterai tanam, sehingga baterai tidak terlihat. Namun kalian tetap bisa mengeceknya dengan melihat bentuk fisik Backdoot hp samsung yang hendak kalian beli tersebut.

Apakah back cover mengembung atau terangkat, Selanjutnya kalian juga harus periksa lubang pengisian daya, pastikan lubang daya dalam kondisi yang baik.

3. Kode Rahasia Samsung

Cara Cek Kesehatan Baterai Samsung

Cara cek kesehatan baterai Samsung yang terakhir dari kami adalah dengan menggunakan kode rahasia. Dari ketiga cara cek kesehatan baterai Samsung, cara ini yang paling efektif dan mudah.

Berikut ini beberapa kode rahasia HP Samsung :

  • *#0228# atau #8999*228# : Informasi baterai
  • #*2286# : Pemakaian daya baterai
  • #*2474# : Mengecek kecepatan pengisian baterai

Cara dan langkah-langkah penggunaan kode rahasia HP Samsung sebagai berikut :

  1. Buka aplikasi Telepon
  2. Tekan tombol salah tiga di atas
  3. Maka akan langusng muncul informasi tentang baterai Samsung
    Note ; Sayangnya tidak semua tipe ponsel Samsung bisa menggunakan kode tersebut

Demikianlah artikel mengenai cara cek kesehatan baterai Samsung dengan mudah. Semoga dapat berguna dan bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.