Tips Memilih Smarphone Bagus Sesuai dengan Kebutuhan Kamu

Memilih smartphone untuk kebutuhan seseorang itu gampang-gampang susah. Semua produk yang sekarang ini memiliki kelebihan dan fitur unggulan masing. Jadi sebelum meminang smartphone harus tau dulu tips memilih smartphone sesuai dengan kebutuhan.

Dalam dunia gadget, khususnya smartphone saat ini telah menjadi sebuah barang wajib yang harus setiap orang memiliki. Negara kita tercinta Indonesia, pada usia 8 sampai 60 tahun telah memiliki ponsel sendiri. Rata-rata dari rentang umur itu menggunakan gadget untuk kebutuhan komunikasi hiburan atau pekerjaan.

Produsen smartphone tentu akan semakin gencar untuk memproduksi sebuah produk yang tentunya sangat sangat cocok untuk para konsumennya. Bahkan ada beberapa produsen smartphone yang hanya memberikan peningkatan sedikit saja pada produk mereka pagar terus-menerus memberikan kepuasan pada konsumennya.

Upgrade yang terus-menerus produsen smartphone lakukan ini akan membuat para konsumennya tergiur, ketika mereka produsen mengeluarkan produk yang baru.

Baca Juga: Mencegah Backdoor Ponsel Plastik Kena Jamur dan Cara Mengatasinya

Hal ini tentu akan menguras kantong kita, terkecuali bagi orang yang memiliki banyak uang. Oleh karena itu kami akan memberikan kan cara memilih smartphone yang bagus dan tepat untuk kebutuhan kalian sehari-hari. Sehingga kalian pun tak perlu mengupgrade ponsel kalian setiap kali produsen mengeluarkan produk terbarunya.

Berikut Ini Tips Memilih Smartphone sesuai kebutuhan

1. Memilih Smartphone Resmi

Jangan pernah kalian tergiur dengan barang yang murah, berbeda dengan yang berada pada pasaran. Karena dengan membeli barang tidak resmi atau barang black market, akan mendapat banyak resiko. Antara lain yaitu apabila terjadi di apa-apa apa dengan smartphone BBM kalian itu, kalian akan susah untuk mengklaim garansi nya. Kemudian dengan membeli smartphone BM takutnya pemerintah memblokir IMEI smartphone yang kalian beli itu, smartphone kalian pun tidak bisa menggunakan sim kartu Indonesia.

2. Harga Smartphone

Mulailah cari handphone yang sesuai dengan budget kalian. Setelah kalian ketemu beberapa handphone yang memiliki harga mirip dengan budget kalian, silakan kalian banding-bandingkan smartphone mana yang yang sesuai dengan kebutuhan kalian. kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

3. Merek Smartphone

Cobalah memilih smartphone yang sudah memiliki nama besar yang sudah kalian ketahui. Contohnya seperti Samsung, Samsung memiliki banyak service center yang tersebar di seluruh Indonesia. Pelayanan dari service center Samsung juga terkenal sangat baik.

Memilih mer smartphone ini perlu kalian lakukan, karena menjaga jaga apabila terjadi apa-apa dengan ponsel atau smartphone kalian. Ini termasuk hal yang wajib dimasukkan dalam tips memilih smartphone menurut kami.

4. Prosesor smartphone

Kalau kalian adalah seorang milenial yang aktif dan sering berselancar dalam dunia maya, bermain game, Designer dan lain sebagainya. Kalian akan membutuhkan prosesor yang powerful, maka unit chipset dari prosesor ini akan bisa menjadi acuan kalian. Seperti Apple a12 bionic, Apple A11 bionic, Qualcomm Snapdragon 855, Qualcomm Snapdragon 845, Qualcomm Snapdragon 835, exynos 9810, exynos 9820, Kirin 980, Kirin 970 dan helio P90 series.

5. Ram dan Rom Smartphone

RAM dan ROM tentunya sangat penting untuk mendukung kinerja dari processor. semakin besar RAM dan rom smartphone kalian maka akan membuat kinerja dari prosesor smartphone kalian menjadi lebih ringan, cepat dan tentunya semakin lebih baik.

Ponsel yang memiliki RAM yang lebih lega akan memudahkan kalian dalam menjalankan aplikasi sekaligus dan ROM yang besar akan membuat kalian leluasa untuk menyimpan file-file atau berkas penting kalian seperti foto, video dan sebagainya.

6. Kamera

Tips memilih smartphone berikutnya adalah kalian harus memperhatikan kamera yang ada. Kamera pada sebuah smartphone tentu akan memudahkan kalian dalam mengabadikan momen-momen penting. Tetapi tidak meski semakin besar resolusi sebuah kamera smartphone semakin baik pula hasilnya. Untuk hal ini ini kalian nantinya bisa mencari lagi pada Google contoh hasil foto dari smartphone yang kalian masukkan ke dalam kategori yang mau kalian beli.

Untuk kamera smartphone saat ini yang paling terbaik sudah tidak produsen Apple lagi, tetapi sudah berubah kepada produsen Huawei.

Namun apabila kalian ingin mencari kamera dengan gambar yang sangat memuaskan, silahkan kalian pilih seri flagship dari Huawei ataupun iPhone.

7. Baterai Smartphone

Baterai tentunya tidak kalah penting dengan fitur-fitur yang telah kita bahas. Saya yang memiliki kapasitas yang besar akan menjadi pilihan yang tepat bagi kalian. Apalagi kalau kalian adalah orang yang sangat sibuk dan harus selalu mengoperasikan handphone setiap saat.

Untuk kalian yang suka bermain game tentunya baterai yang besar sangat-sangat menjadi rekomendasi. Karena bermain game dengan kabel USB terhubung akan mengurangi kenyamanan dalam bermain game.

Selain kapasitas baterai yang besar, kalian juga harus mempertimbangkan smartphone yang sudah memiliki fitur fast charging. Dengan demikian kalian tak perlu menunggu lama-lama ma untuk menggunakan smartphone kalian kembali.

8. Layar Smartphone

Saat ini terdapat berbagai jenis layar yang beredar, Super AMOLED, OLED dan IPS. semua jenis layar ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Pada layar amoled akan menghasilkan warna hitam yang benar-benar hitam. Dengan begitu akan mengurangi konsumsi baterai. Namun apabila menampilkan warna putih akan terlihat sedikit warm atau ke Kuningan.

Sedangkan pada layar yang bertipe IPS. Ketika menampilkan warna putih ih akan terlihat sangat putih kalau kita bandingkan dengan layar amoled. Namun ketika menampilkan warna hitam tidak sehitam AMOLED, Layar pun masih terang.

Ketika berada pada luar ruangan, cahaya matahari yang terik. Layar amoled akan lebih mudah untuk kita lihat kalau kita bandingkan dengan layar IPS.

9. Fitur Pendukung Smartphone

Kalian juga harus mempertimbangkan beberapa fitur yang smartphone kalian idam-idamkan itu. Beberapa fitur yang wajib kalian perhatikan adalah seperti tersedianya lubang Jack audio.

Biasanya smartphone yang tidak memiliki lubang Jack audio akan menyatukannya dengan port charger. Jadi kalian tidak bisa mencharger kalau megunakan headset. Pemain game tidak akan mau menggunakan headset bluetooth, karena teknologi sekarang ini belum begitu canggih. Masih akan terasa delay antara yang kita lakukan pada smartphone dan suara yang headset bluetooth keluarkan ketika bermain game.

Fitur lain yang harus kalian perhatikan adalah ketersediaannya NFC, sudah mendukung jaringan 5g, pengamanan sidik jari baik pada layar maupun pinggir dan belakang body smartphone. Fitur terakhir adalah inframerah.

Inframerah tidak banyak smartphone keluaran terbaru yang memilikinya. Namun produsen asal Tiongkok Xiaomi tetap menyelamatkannya pada perangkat-perangkat teranyarnya.

Demikianlah tips memilih smartphone yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan kalian.

Baca Juga: Kelebihan Mi Pad 5 dan Kekurangannya, Saingan Ipad Pro