Cara Menyembunyikan Aplikasi HP Vivo

Cara menyembunyikan aplikasi di Vivo, bisa tanpa menggunakan aplikasi tambahan lagi. Lebih tepatnya menggunakan aplikasi bawaan saja. Melalui fitur ini, beragam aplikasi bisa kalian sembunyikan tanpa takut orang lain membukanya saat meminjam hp.

Namun sepertinya banyak pengguna ponsel Vivo belum mengetahui fitur ini. Ujung-ujungnya banyak pengguna memasang aplikasi dari pihak ketiga seperti Hyde App Hider dan App Hider.

Memasang aplikasi pihak ketiga tentulah tidak aman. Bisa jadi aplikasi pihak ketiga itu mengumpulkan semua data-data penting kalian. Seperti username dan kata sandi akun-akun kalian lalu mengirimkannya kepada pihak tertentu untuk disalahgunakan. Apalagi kalau aplikasi pihak ketiga yang bukan dari Play Store.

Baca Juga: Vivo IFEA Kamera Depan Bisa Lepas Pasang

Maka dari itu lebih baik menggunakan aplikasi bawaan hp Vivo yang pasti terjamin keamanannya.

Ponsel Vivo yang memiliki fitur ini hanya tersedia pada ponsel keluaran terbaru saja. Seperti Vivo Y20s, Vivo X51 dan lain-lain.

Nah kalau memang ponsel Vivo kalian versinya agak jadul, ya mau tak mau harus menginstal dari pihak ke tiga. Tapi ingat, kalian hanya boleh mendownload melalui play store saja.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Vivo

Pstikan ponsel Vivo kalian sudah ada aplikasi iManager. Aplikasi ini adalah aplikasi bawaan Vivo, jadi tidak perlu mendownloadnya.

Aplikasi iManager memiliki beragam fitur, salah satunya mengunci salah satu aplikasi pada hp Vivo kalian. Fitur ini sangat berguna sekali bagi orang yang ponselnya sering di pinjam oleh teman.

Mengunci aplikasi saja tentulah tidak cukup. Karena icon aplikasi tetap terlihat pada app drawer. Untuk itu kalian bisa menyembunyikan aplikasi tertentu juga melalui aplikasi iManager ini. Berikut langkah-langkahnya;

1. Buka aplikasi iManager

2. Kalau belum pernah menggunakan fitur Enkripsi Aplikasi. Buat terlebih dahulu kata sandi privasi yang terdiri dari 6 digit angka

3. Masuk ke menu Sembunyikan Aplikasi

4. Pilih aplikasi yang akan kalian sembunyikan

5. Lalu akan muncul notifikasi kalau aplikasi akan ditutup secara otomatis saat aplikasi disembunyikan. pilih Oke.

Cobalah kalian buka app drawer, pastikan aplikasi yang kalian sembunyikan sudah tidak ada.

Cara Menampilkan Aplikasi Tersembunyi HP VIVO

Kalau kalian ingin menampilkan aplikasi yang telah kalian sembunyikan karena ingin kalian gunakan. Cukup kalian swipe dua jari ke atas, setelah itu akan muncul folder aplikasi yang telah kalian sembunyikan.

Untuk mengembalikan aplikasi seperti semula, alias tidak tersembunyi lagi dan muncul pada app drawer. Langkahnya sama seperti kalian menyembunyikan, yaitu;

  1. Masuk aplikasi iManager
  2. Masukkan sandi kalian
  3. Nonaktifkan aplikasi yang kalian sembunyikan

Sekian tutorial dari kami tentang cara menyembunyikan aplikasi pada hp Vivo. Semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan.

Manfaat Menyembunyikan Aplikasi di HP Vivo

Pengguna Vivo akan merasakan manfaat yang sangat maksimal sekali, ketika sudah menggunakan fitur menyembunyikan aplikasi. Salah satunya adalah kalian lebih bisa menjaga privasi kalian, sehingga tidak sembarang orang yang bisa mengakses aplikasi yang kalian anggap penting tersebut (WhatsApp, Facebook, SMS).

Hal ini akan sangat berguna sekali, apalagi ponsel Vivo kalian sering di pinjam teman atau orang lain. Jadi kalau ada yang akan membuka aplikasi yang kalian beri password mereka tidak bisa membukanya, tentunya mereka harus minta password dengan kalian terlebih dahulu. Berikutnya kalian akan terasa lebih aman untuk menyimpan data pada ponsel kalian. Karena tidak akan bisa diakses oleh orang lain.

Baca Juga: Cara Mudah Mengaktifkan 2 Kali Ketuk Vivo atau Double Tap To Wake Up

Bagaimana Tingkat Keamanan Aplikasi Saat Disembunyikan?

Mungkin ada beberapa diantara kalian yang berpikir, apakah aman menyembunyikan aplikasi untuk digunakan atau malah memudahkan orang jahat untuk meretas informasi yang ada pada ponsel kalian?

Itu semua tergantung pilihan cara mana yang kalian gunakan. Kalau menggunakan fitur bawaan dari HP Vivo, maka tingkat keamanan bisa terjaga maksimal. Karena proses menyembunyikan aplikasi ini bersifat internal dan tidak menggunakan aplikasi tambahan dari pihak ke 3, dari pengaturan hp langsung.

Akan sedikit berbeda kalau kalian menggunakan aplikasi tambahan yang tidak terpercaya, keamanannya mungkin tidak sebaik pengaturan bawaan. Tapi, jika kalian memilih aplikasi tambahan yang sudah banyak orang gunakan dan mendapat review positif, maka kemungkinan keamanannya akan lebih terjaga namun bukan tidak ada juga ya.

Demikianlah informasi mengenai bagaimana cara menyembunyikan aplikasi di Vivo. Kalian bisa menggunakan fitur yang sudah tersedia pada HP Vivo, bisa juga dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga sebagai media penyimpanan. Selamat mencoba