Print Timbal Balik Secara Manual di  Canon Seri ip2770 Dan Yang Lain

Print timbal balik sebenarnya bisa menggunakan merek printer apa saja. Tidak harus menggunakan printer mahal yang memiliki spesifikasi tinggi, yang biasanya fitur cetak timbal balik secara otomatis sudah ada.

Bagi kalian yang mau printer timbal balik tapi tidak punya printer yang mahal, jangan anda berkecil hati. Karena dengan mesin printer biasa sekalipun kalian juga bisa mencetak dokumen timbal Balik.

Pasti muncul pertanyaan, Caranya bagaimana? Caranya sangat mudah, kami akan membagikan cara Printer timbal balik dengan menggunakan printer biasa. Printer yang kita jadikan percobaan adalah Canon IP2770

Printer Canon seri ip2770 ini adalah Printer yang rata-rata setiap orang miliki. Karena harganya yang murah dan kualitasnya yang lumayan bagus. Tinta pada printer ini juga bisa di isi ulang, tanpa harus membeli cartridge yang mahal seperti pada printer yang lain. Berikut ini langkah-langkah print timbal balik secara manual;

Cara Print Timbal Balik Secara Manual

1. Buka file yang hendak kalian print timbal balik

2. Misalnya mau print halaman 1 dan 2 pada Microsoft Word

Print Timbal Balik Secara Manual di  Canon Seri ip2770 Dan Yang Lain

3. Tekan tombol pada keyboard ctrl + p

4.  Masuk ke Printer Properties

Print Timbal Balik Secara Manual di  Canon Seri ip2770 Dan Yang Lain

5. Kemudian pilih menu Page Setup

6. Centang Duplex Printing (Manual) lalu Ok

7. Lalu silahkan  Print untuk mulai mencetak

8. Printer kalian akan menghitung jumlah halaman yang hendak kalian cetak dan membagi menjadi 2 sesi. Karena halaman yang akan kita cetak hanya 2. Jadi setelah sselesai mencetak, akan ada instruksi pada layar monitor kalian untuk membalik kertas.

9. Balik kertas lalu masukkan kembali ke tempat kertas printer lagi. Pastikan posisi kertas tidak salah, karena hasilnya juga akan salah bila peletakan kertasnya salah.

11. Kalau sudah selesai membalikkan
Pilih OK untuk mulai mencetak kembali.

Mudah bukan? Jadi tidak perlu menggunakan printer yang mahal untuk mendapatkan fitur ini. Karena rata-rata semua printer bisa menjalankan fitur printer timbal balik ini. Perbedaannya dengan printer mahal yang memiliki fitur print timbal balik adalah tidak perlu repot-repot memindahkan kertas manul. Print akan otomatis memindahkannya. Ada harga ada kualitas dan ada kemudahan.

Baca Juga: Cara Gampang Reset Printer Canon IP2700 Series