Perbedaan Infinix Note 11 dan Infinix Note 12, apakah yakin mau upgrade?

Infinix Note 11 dan Infinix Note 12

Infinix kembali meramaikan pasar Indonesia dengan meluncurkan Infinix Note 12 pada 30 Mei 2022. Ponsel Infinix terbaru tahun 2022 ini hadir dengan desain premium dengan penambahan beberapa fitur dan spesifikasi baru untuk memuaskan pecinta ponsel Android Indonesia.

Pabrikan bahkan menghadirkan prosesor baru dan RAM yang lebih besar untuk memberikan kinerja yang mulus saat digunakan untuk penggunaan sehari-hari atau bermain game.

Menariknya, beberapa spesifikasi Infinix Note 12 masih serupa dengan seri lawasnya, yakni Infinix Note 11. Sebut saja kapasitas baterainya yang sama-sama menggunakan 5.000 mAh. Tak hanya itu, sektor kamera kedua Infinix pun hampir sama. Tentunya hal ini akan membuat yang ingin mengupgrade handphone lama anda ke handphone terbaru akan bertanya-tanya. Apakah penyempurnaan yang dilakukan Infinix pada seri Note 12 ini benar-benar serius atau hanya gimmick saja?

Tentu menarik untuk membandingkan Infinix Note 12 dengan Infinix Note 11. Hal ini dikarenakan pabrikan memasarkan kedua produk ini untuk pasar anak muda yang mencari ponsel dengan performa yang handal. Apa perbedaan antara Infinix Note 11 dan Infinix Note 12? Simak ulasannya di berikut ini.

Perbedaan Infinix Note 11 dan Infinix Note 12

Kedua HP Infinix ini, pengguna akan menemukan layar, mesin, dan kamera yang sama-sama memiliki kualitas yang sama. Agar tidak salah dalam memilih, simak perbedaan Infinix Note 11 dan Infinix Note 12 berikut ini.

1. Bagian Desain yang Menarik

Infinix Note 11

Infinix mencoba menegaskan bahwa varian Note memang memiliki desain yang elegan dan mewah. Hal tersebut ditegaskan oleh Infinix pada Infinix Note 12 dimana smartphone ini memiliki desain yang lebih bersih dan elegan dari produk sebelumnya. Sayangnya, material bodi yang digunakan sama.

Perbedaan Infinix Note 11 dan Infinix Note 12 yang menonjol terletak pada bodi belakang. Desain bodi Infinix Note 12 terlihat mewah dan bersih dengan modul kamera persegi panjang terbaru yang berisi tiga kamera yang disusun secara vertikal serta tambahan LED flash.

Kemudian desain bodi Infinix Note 11 dibuat lebih ringkas. Kamera belakang HP Infinix terbaru ini menggunakan modul yang unik dan lebih kecil dari seri Note 12 dengan susunan kamera yang berbeda. Pada bagian body belakang ini terdapat sebuah kamera besar dan dibawahnya terdapat dua kamera kecil dan LED Flash. Sayangnya, modul kamera seri Note 11 ini agak menonjol.

Untuk bagian depan, kedua handset menggunakan desain layar berponi yang sama. Bahkan kamera depan, kedua smartphone ini memiliki kamera depan yang sama ala tetesan air. Desain kamera ini dinilai lebih nyaman untuk selfie dari desain kamera selfie yang berada pada sudut layar.

Membahas dimensi, Infinix Note 11 memiliki ukuran bodi 164,4 x 76,7 x 7,9 milimeter dan bobot 184 gr. Infinix Note 12 berukuran 164,5 x 76,8 x 7,8 milimeter dan berat 184,5 gr.

2. Sektor Layar Hampir Sama

layar infinix note 11_

Infinix dikenal sebagai pabrikan yang konsisten menghadirkan sektor layar lebar dengan teknologi mumpuni. Ini masih digunakan oleh Infinix pada Infinix Note 11 dan Infinix Note 12.

Secara fisik, kedua layar handset Android ini serupa, namun sebenarnya mengusung teknologi yang sedikit berbeda. Smartphone ini sudah menggunakan layar panel AMOLED seluas 6,7 inci dengan resolusi Full HD+ 1080 x 2400 piksel.

Perbedaan layar Infinix Note 11 dan Infinix Note 12 cukup tipis. Layar Note 11 memiliki sudut pandang yang baik dan memiliki tingkat kecerahan maksimal 750 nits. Layar ini juga mampu menampilkan warna yang lebih hidup dan cerah.

Infinix Note 12 menggunakan teknologi True Color pada panel AMOLED. Pabrikan tersebut juga menghadirkan teknologi respon layar yang lebih halus sehingga ponsel Infinix terbaru ini nyaman digunakan para gamer. Layar smartphone ini menawarkan kontras dan warna yang lebih realistis dibandingkan seri sebelumnya.

3. Mediatek Helio G Seri Berbeda

Helio G88

Meski memiliki desain bodi yang hampir identik, ternyata perbedaan Infinix Note 11 dan Infinix Note 12 yang menonjol ada pada bagian mesin atau dapur pacunya. Pasalnya, pabrikan Infinix memasang chipset berperforma tinggi di kedua handset layar lebar tersebut.

Infinix Note 11 menggunakan SOC Mediatek Helio G88 dengan fabrikasi 12 nm. Chipset tersebut memiliki konfigurasi octa-core yang terdiri dari 2 core Cortex A75 (2,0 Ghz) dan 6 core Cortex A55 (1,8 Ghz). Chipset ini juga dilengkapi dengan kartu pemrosesan grafis Mali G52 MC2. Dengan spesifikasi tersebut, chipset tersebut diklaim lebih hemat daya namun tetap cepat untuk multitasking.

Kemudian Infinix Note 12 menggunakan chipset Mediatek Helio G96. Ini merupakan SOC dengan teknologi terkini yang memiliki konfigurasi octa-core yaitu 2 unit Cortex A76 (2 Ghz) dan 6 core Cortex A55 (2,05 Ghz). Untuk mendukung performa gaming yang lancar dipadukan dengan GPU Mali G57.

Infinix Note 11 menggunakan RAM 4 dan 6 GB untuk versi NFC. Untuk penyimpanan, Note 11 hadir dengan memori 64 GB dan 128 GB untuk versi NFC. Sedangkan Infinix Note 12 menggunakan RAM 8 GB dan memori internal 128 GB dan 256 GB.

Pada update sistem terbaru, kedua HP tersebut mendapatkan fitur Extended RAM. Di Infinix Note 12, pengguna dapat memperluas memori RAM dari 8 GB menjadi 13 GB.

Dari perbedaan Infinix Note 11 dan Infinix Note 12 di atas, terlihat Infinix Note 12 memiliki performa yang lebih baik karena memiliki chipset generasi terbaru dan RAM yang besar. Kedua sektor ini akan membuat multitasking menjadi lebih mulus. Selain itu, penggunaan sistem Android yang lebih update yakni Android 12 pada seri Infinix Note 12 membuat pengalaman menggunakan ponsel ini semakin seru.

4. Kamera Hampir Mirip

Infinix Note 12

Balik lagi ke perbedaan Infinix Note 11 dengan Infinix Note 12 selanjutnya yaitu pada sektor kamera. Infinix Mobile memahami pasar Indonesia masih membutuhkan kamera smartphone bagus dengan harga terjangkau. Maka pada seri Note ini menggunakan kamera belakang yang mengikuti tren pasar saat ini.

Infinix Note 11 dan Note 12 hadir dengan konfigurasi kamera yang sama. Pengguna akan menemukan kualitas kamera yang mumpuni dengan 3 kamera belakang. Kamera pertama adalah kamera utama 50 MP dengan aperture f/1.6 dengan fitur autofocus. Kamera kedua memiliki kamera makro 2 MP. Kamera ketiga adalah kamera QVGA yang kabarnya berfungsi sebagai kamera AI. Untuk seri Note 12, kamera makro 2 MP diganti dengan kamera kedalaman 2 MP.

Banyak yang mengira kamera belakang seri Note hanyalah gimmick. Namun, ternyata kamera 50 MP cukup bagus dan detail untuk mengambil gambar dan merekam video. Kamera utama ini dapat merekam video 2K 30 fps.

Perbedaan kamera sebenarnya terlihat pada opsi mode kamera yang diklaim lebih terbaru pada seri Note 12 dibandingkan Note 11. Untuk kesamaan, kedua HP Infinix masih menggunakan kamera depan 16 MP dengan aperture f/2.0 yang dilengkapi dengan Dual LED.

5. Kisaran Harga Tidak Jauh Berbeda

Infinix Note 12

Untuk harga, Infinix Note 11 dijual kisaran Rp 2 jutaan atau di bawah Rp 3 jutaan. Infinix Note 11 dibanderol dengan harga Rp 2.299.000 dan Infinix Note 11 NFC dibanderol dengan harga Rp 2.499.000. Harga ini bisa turun jika kalian lihat di toko online.

Infinix Note 12 dijual dengan harga di bawah Rp 3 juta. Kalian bisa mendapatkannya dengan harga Rp 2.599.000 untuk varian memori 8/128 GB dan Rp 2.779.000 untuk varian 8/256 GB.

Dengan kisaran harga tersebut, Infinix Note 11 dan Note 12 sama-sama menawarkan baterai 5.000 mAh dengan pengisian daya 33 W.

Penutup

Perubahan yang Infinix tawarkan pada Infinix Note 12 sebenarnya tidak terlalu banyak. Bahkan, perbedaan terbesar antara Infinix Note 11 dan Infinix Note 12 hanya pada sisi mesin. Untungnya mesin yang dihadirkan sangat kentara dibandingkan mesin seri sebelumnya. Jadi, baik Infinix Note 11 dan Note 12, bisa menjadi smartphone alternatif yang menarik untuk dipertimbangkan.