Nokia G11 Plus Hadir Bawa Kamera 50MP Cuma 2 Jutaan

Nokia G11 Plus 001
-+=

Meski seri barunya sudah lama resmi dirilis di Indonesia, HMD Global tetap menghadirkan opsi terbaru di beberapa negara lain. Kali ini Nokia G11 Plus hadir dengan spesifikasi yang cukup sederhana.

HMD Global sendiri kini memilih menghadirkan smartphone dalam tiga kelas berbeda; Seri C Nokia untuk mereka yang mencari smartphone entry-level, Seri G untuk daya tahan baterai yang sangat baik, dan Seri X untuk pengalaman yang superior.

Dalam halaman produk resminya, HMD juga menyebutkan bahwa desain Nokia G11 Plus didesain dengan DNA yang tahan lama. Meski sebenarnya bahan yang digunakan hanya plastik polikarbonat. Memiliki bobot yang relatif berat 192 gram dan ketebalan 8.5mm. Desainnya sendiri mengingatkan kita pada seri Redmi Note sebelumnya, berdasarkan desain modul kamera dan sensor sidik jari.

Refresh Rate Bawa Nokia G11 Plus 90Hz

Nokia G11 Plus

Hal yang membuat tampilan Nokia G11 Plus sedikit modern adalah pilihan warnanya. Selain Charcoal Grey, pilihan warna Lake Blue memberikan efek gradasi dari biru ke ungu yang berubah-ubah sesuai dengan pengambilan cahaya. Sedangkan pada bagian depan, kesan jadul masih terasa berkat penggunaan notch tetesan air. Lalu bagaimana dengan layar Nokia G11 Plus?

Berukuran 6,5 inci, HMD masih memberikan resolusi terbatas ke HD +, meskipun mendukung kecepatan refresh 90Hz. Di bagian atas, disematkan sensor kamera depan 8MP. Sementara di bagian belakang, kamera Nokia G11 Plus terdiri dari sensor utama 50MP dan sensor kedalaman. Alias tidak ada sensor ultra-wide atau makro.

Yang agak mengkerut adalah halaman produk Nokia G11 Plus bahkan tidak menyebutkan jenis chipset, serta kapasitas baterai yang disinyalir mampu bertahan hingga tiga hari. Namun, situs Mobiili.fi menyebut penggunaan chipset octa-core Unisoc T606 12nm, ditambah baterai 5.000 mAh yang tidak mendukung pengisian cepat, meskipun menggunakan port USB-C.

Harga Nokia G11 Plus

Nokia G11 Plus

Mengutamakan keamanan, Nokia G11 Plus diluncurkan dengan versi murni Android 12, dan menjanjikan setidaknya dua tahun pembaruan OS ditambah tiga tahun pembaruan keamanan bulanan. Artinya, pengguna dijamin bisa merasakan Android 14 saat resmi diluncurkan. Smartphone ini juga memenuhi standar Android Enterprise Recommended.

Artinya, organisasi berskala besar seperti kantor dapat menggunakan smartphone ini sebagai perangkat kerja karyawan dengan aman. Spesifikasi lainnya lagi-lagi agak sederhana. Sebut saja lubang speaker mono di bagian bawah bodi belakang, serta jumlah mikrofon yang hanya ada satu.

Hadir dalam pilihan RAM 4GB dan penyimpanan internal 64GB, harga Nokia G11 Plus di Bulgaria mencapai BGN309 atau sekitar Rp 2,4 jutaan. Website lain asal Serbia menyebut harga RSD21.999 alias Rp 2,9 juta. Dengan spesifikasi yang tertera di atas, menurut kamu berapa harga yang paling cocok di Indonesia?