Telkomsel Perkenalkan TAP-MNV, Solusi OTP untuk Pelanggan Korporasi

Telkomsel Enterprise
-+=

Telkomsel memperkenalkan platform otentikasi seluler Telkomsel Authentication Protection (TAP-MNV) untuk meningkatkan keamanan informasi data pengguna. Layanan tersebut diklaim mampu mengurangi proses penginputan password, one-time password (OTP), atau PIN bagi pelanggan korporasi dan instansi pemerintah.

Vice President Enterprise Business Management Telkomsel Hanang Setiohargo mengatakan TAP ditujukan untuk pengguna ekosistem digital yang sering kesulitan memasukkan kode OTP untuk verifikasi pembayaran atau akses masuk aplikasi. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk mengautentikasi menggunakan URL terverifikasi melalui nomor telepon (MSISDN) menggunakan jaringan operator seluler secara real time.

“Melalui solusi keamanan digital TAP-MNV, Telkomsel berusaha membangun metode keamanan yang lebih baik dari metode One Time Password (OTP) yang saat ini banyak diterapkan oleh perusahaan di Indonesia,” jelas Hanang saat peluncuran Telkomsel TAP-MNV. , Selasa (28/6/2022).

Kemudian akan dilakukan validasi URL dengan mencocokkan perangkat pengguna, sehingga TAP-MNV akan menghilangkan faktor interaksi oleh pengguna untuk keamanan yang lebih baik. Singkatnya, platform tersebut membuat pengguna ekosistem digital tidak perlu memasukkan PIN atau kata sandi verifikasi yang biasanya dikirimkan melalui SMS, WhatsApp, atau panggilan seluler.

Proses Verifikasi Telkomsel TAP-MNV

Proses Verifikasi URL juga tidak terbatas pada jaringan Telkomsel. Bahkan pengguna bisa melakukan verifikasi menggunakan Wi-Fi atau operator selain Telkomsel.

“Kami mengurangi proses yang harus dilalui konsumen. Misalnya, OTP melalui SMS penuh dengan kekurangan. Pengguna harus menunggu OTP yang masuk terlebih dahulu, lalu mengecek nomornya, lalu memasukkannya ke dalam aplikasi atau layanan yang dituju. Kami telah menghilangkan proses ini, jadi semuanya lebih lancar tetapi lebih aman, ”jelasnya.

Layanan TAP-MNV hanya tersedia untuk pelanggan Telkomsel Enterprise, yang terdiri dari Usaha Kecil, Mikro dan Menengah (UKM), perusahaan, instansi pemerintah dan bukan pengguna perorangan. Namun, kata Hanun, TAP dapat menghapus sistem otentikasi dua langkah yang masih berisiko diretas oleh penjahat cyber.

“Yang membedakannya dengan autentikasi biasa adalah kami tanpa kata sandi. Prosesnya lebih cepat dan mudah,” kata Hanang.

Platform keamanan digital yang dihadirkan Telkomsel TAP-MNV akan diimplementasikan bersama PT Benefit Vantage Limited sebagai perusahaan konsultan IT. Nantinya, Benevit Vantage Limited akan menggunakan solusi digital MNV untuk meningkatkan keamanan data informasi digital dalam operasional bisnisnya, sehingga perusahaan dapat terus mengoptimalkan dan fokus pada pengembangan bisnis ke depan.

“Melalui kerjasama ini, kami dan Telkomsel akan membuka kesempatan yang lebih luas kepada seluruh pelanggan, umumnya masyarakat Indonesia, untuk mendapatkan solusi otentikasi pengguna dan akses otentikasi seluler yang lebih aman,” kata Stefan Kostic, CEO PT Benefit Vantage Limited.