Kelebihan Redmi Note 10 Pro dan Perbandingannya seri Pro Max

Akhirnya setelah beberapa waktu menunggu, tanggal 4 Marer 2021 Redmi merilis Redmi Note 10 series di India. Ini sekaligus menandai lahirnya generasi Redmi Note yang keluar dari kebiasaan normalnya, yang biasanya tampil percaya diri dengan spesifikasi yang tanda kutip biasa saja buat Redmi Note. Untuk kali ini banyak sekali kelebihan dari Redmi Note 10 Pro ini. Tentunya masih ada banyak hal baru dan bagus lainnya yang di umumkan oleh Redmi.

Karena ada total 3 varian yang di rilis, pembahasan kita kali ini fokus dahulu membahas Redmi Note 10 pro Max dan membandingkannya dengan varian Redmi Note 10 Pro yang biasa yang akan kita bahas pada akhir pembahasan.

Peningkatan Kamera

Kelebihan Redmi Note 10 Pro dan Perbandingannya seri Pro Max
Peningkaran Kamera dari seri terdahulu

Dari banyak aspek yang meningkat, kamera adalah salah satu yang punya peningkatan yang signifikan. Redmi Note 10 Pro Max menggunakan kamera utama dengan 4 buah sensor. Tapi kali ini resolusi sensor primernya meningkat jauh dari generasi sebelumnya. Redmi memilih sensor Samsung isocell HM2 108 megapixel generasi ketiga sebagai sensor primer di Redmi Note 10 Pro Max.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 9 Pro, HP Gaming Sejati?

Sekarang Redmi Note juga punya kamera dengan resolusi besar kaya flagship Xiaomi lainnya. Hal ini dimungkinkan berkat sensor baru yang dirilis oleh Samsung pada bulan September tahun lalu. Dibanding dengan HM1, HM2 punya ukurannya 15% lebih tipis. Dia juga punya teknologi smart iso yang memungkinkan pengambilan gambar yang bersih tanpa noise.

Ada juga teknologi andalan yaitu 9-in-1 super pixel, yang bisa menggabungkan 9 pixel 0.7 mikron menjadi sebuah pixel rekayasa berukuran 2,1 mikron. Dengan teknologi ini memungkinkan sensor untuk menghasilkan gambar dengan waktu pengambilan yang lebih cepat. Punya performa low light yang lebih baik dan juga menghasilkan gambar HDR yang lebih detail.

  • Kelebihan Redmi Note 10 Pro dan Perbandingannya seri Pro Max
  • Kelebihan Redmi Note 10 Pro dan Perbandingannya seri Pro Max

Selain sensor primernya yang setara dengan kamera smartphone flagship, Redmi juga membenamkan beberapa sensor lain yang nggak kalah oke. Sensor sekundernya adalah sensor super macro lens, yang beresolusi 5 megapiksel sertai dengan peningkatan jarak fokus yang kini jadi dua kali lebih dekat jika kita bandingkan dengan Redmi Note 9 Pro Max. Sensor ketiganya adalah sensor Ultra white beresolusi 8 megapiksel dan sensor terakhir adalah depth sensor 2 megapiksel untuk efek Bokeh.

Kamera ini disempurnakan lagi dengan fitur-fitur yang tertanam di MIUI kamera, antaranya adalah Night mode 2.0, vlog mode, magic clone mode, long exposure mode, video pro mode dan dual video. Sementara itu di bagian depan Redmi Note 10 Pro Max memiliki sensor 16 megapiksel yang duduk dot notch yang klaimnya punya ukuran yang paling kecil saat ini.

Layar Redmi Note 10 Pro

Kelebihan Redmi Note 10 Pro dan Perbandingannya seri Pro Max
Layar Redmi Note 10 Pro sudah Super Amoled

Soal layarnya yang juga memiliki peningkatan yang luar biasa, kalau misalkan sebelum-sebelumnya Redmi Note selalu identik dengan layar IPS. Kali ini image tersebut resmi berakhir sudah, karena Redmi Note 10 Pro max menggunakan layar super AMOLED refresh rate 120hz. Dengan ukuran 6,67 inci dan resolusi full HD plus.

Baca Juga; Layar 120Hz Poco X3 NFC, Begini Cara Kerjanya

Lalu layarnya ini memiliki nits brightness 1200 yang setara dengan iPhone 12 Pro. Mendukung HDR 10, DCI 100% yang warnanya lebih dari satu miliar warna dan contrast ratio 4,5 juta banding 1. Untuk perlindungannya menggunkakan kaca corning gorilla glass 5.

Pilihan Warna

Kelebihan Redmi Note 10 Pro dan Perbandingannya seri Pro Max
Pilihan Warna Redmi Note 10 Pro

Redmi Note 10 series juga mengakhiri tren aura desain, yang 3 generasi sebelumnya gunakan. Kini Redmi Note 10 series menggunakan desain terbaru dengan nama Evol design. Kini gradasinya terlihat lebih ngeblend dan pilihan warna yang terlihat lebih premium.

Ada 3 pilihan warna untuk Redmi Note 10 Pro Max, yaitu vintage brown, glacial blue dan dark night. Panel belakangnya disebut dengan nama frosted glass back. Tidak licin dan tidak mudah tertempel bekas sidik jar. Tapi tidak ada penjelasan jenis kaca apa, yang jelas ia punya dual graphite sheets untuk mengontrol panas ponsel ini.

Kelebihan Redmi Note 10 Pro dan Perbandingannya seri Pro Max
Dual Graphite Sheets

Bagian Framenya lebih tipis dengan lekukan. Untuk menyesuaikan beberapa bagian seperti tombol power dan slot SIM + micro SD dedicated dan keseluruhan bodinya bernama 3D curved glass body. Kemudian pada bagian frame ini ada fingerprint scanner yang terletak pada tombol power serta gesture double tap untuk mengaktifkan Google asisten, silent mode, kontrol dan banyak lagi.

Buat kalian yang suka musik, ini bisa jadi daily driver kalian yang lumayan karena udah punya speaker stereo dan juga sudah berlabel hi res audio. Body pada Redmi Note 10 Pro Max ini juga termasuk enteng dan tipis dengan berat hanya 192 gram dengan tebal 8,1 mm.

SOC

Kelebihan Redmi Note 10 Pro dan Perbandingannya seri Pro Max
SOC Redmi Note 10 Pro

Redmi Note 10 Pro Max juga mendapatkan update di sektor dapur pacu nya. Jika Redmi Note 9 pro tahun lalu menggunakan Snapdragon 720G, kini menggunakan Snapdragon 732G. Ini adalah jenis soc Poco X3 NFC gunakan juga.

Baca Juga: Pembunuh Smartphone Kelas Menengah, Review POCO X3 NFC

Soc ini menggunakan 8 inti kryo 470 dengan clock speed up to 2,3 GHz. Untuk 2 core performancenya dilengkapi dengan spectra 350, untuk menghandle sensor 108 megapiksel yang digunakan dan tentu aja punya adreno 618 yang dilengkapi dengan fitur Snapdragon elite gaming.

Soal performa sudah tidak perlu kalian ragukan lagi, karena soc ini terbukti berjalan dengan baik pada POCO X3 NFC. SOC ini Kemudian berkombinasi dengan RAM lpddr4x up to 8 GB dan type storage yang ngebut up to 128 GB UFS 2.2

Dengan kombinasi ini skor antutu nya mencapai angka 301581 dan melebihi skor 2 soc generasi sebelumnya. Redmi Note 10 Pro Max akan menjalankan MIUI 12 dengan basis Android 11.

Skor AnTuTu Redmi Note 10 Pro

Baterai dan Fitur

Kapasitas Baterai Redmi Note 10 Pro

Untuk daya baterai, kapasitasnya 5020 mAH dengan pengecasan 33 watt. Mampu mengisi baterai penuh dengan waktu 75 menit saja. Selain itu Redmi Note 10 Pro max juga terdapat fitur 360° Ambient Light Sensor, body tahan percikkan air dan infrared blaste. Tapi sayangnya tidak ada fitur NFC.

Kelebihan Redmi Note 10 Pro Max

Perbedaan antara varian Redmi Note 10 Pro dan Redmi Note 10 Pro Max. Secara garis besar, Redmi Note 10 Pro memiliki segala hal yang ada pada varian Redmi Note 10 Pro Max. Layarnya sama, bodynya sama, warna dan designnya sama, baterainya sama dan bahkan dapur pacunya juga sama.

Hal yang menjadi pembeda dari Redmi Note 10 Pro dan Redmi Note 10 Pro Max adalah sektor kameranya. Redmi Note 10 Pro menggunakan sensor samsung dengan resolusi kamera utama 64 MP. 5 MP untuk lensa makro, 8 MP untuk lensa lebarnya dan 2 MP untuk depth sensor. Sedangkan untuk Redmi note 10 Pro MAX kamera utamanya bersesolusi 108 MP sesuai yang kita bahas di atas, Kelebihan inilah yang membuat Redmi Note 10 Pro Max lebih unggul.

Redmi Note 10 pro dan juga promax ini adalah HP kelas menengah terbaik yang ada di pasaran saat ini. Mengungguli banyak kompetitornya, bandrol harganya pun juga masih masuk akal dan juga terjangkau.

Perkiraan Harga Redmi Note Redmi Note 10 Pro

Redmi Note 10 Pro dibandrol mulai dari ₹15.999 atau jika dikonversikan ke rupiah sekitar 3,1 juta. Sedangkan versi Pro Max nya dibanderol mulai dari ₹18.990 atau sekitar 3,7 juta rupiah. Sekali lagi kami tekankan ini harga resmi India, jadi nantinya bakalan ada penyesuaian harga untuk market Indonesia. Kemungkinan selisih antara 200 sampai 500 ribuan.

Redmi Note 10 Pro Max pada hari itu juga telah dirilis secara global dengan nama Redmi Note 10 Pro. Sedangakan Redmi 10 Pro di India di gantikan oleh Redmi Note 10S, untuk pasar global yang menggunakan SOC Mediatek Helio G95.