Huawei MateBook 16s Jadi Laptop Layar Besar dengan Prosesor Intel Core i9 Generasi ke-12

Huawei MateBook 16s

Masih dalam peluncuran Huawei Summer 2022 Smart Office yang berlangsung pada Rabu (27/7), tiga laptop baru diperkenalkan ke publik. Ada laptop andalan MateBook X Pro 2022, seri yang lebih terjangkau, MateBook D 16, dan Huawei MateBook 16s andalan untuk laptop besar.

Rangkaian produk yang diluncurkan pada acara minggu ini bertujuan untuk mengubah gaya produktivitas masyarakat, dengan menggunakan beberapa teknologi baru dari masing-masing perangkat. Untuk mendukung sistem kerja modern, Huawei juga telah menyematkan beberapa fitur yang memanfaatkan kecerdasan buatan. Baik secara software maupun hardware untuk mendukung sistem kerja WFA.

Huawei MateBook 16s sendiri dapat dianggap sebagai penawaran yang lebih premium daripada Matebook D 16. Keduanya menghadirkan ukuran layar yang besar, kualitas panel, dan kinerja yang lebih baik untuk skenario penggunaan yang lebih menuntut.

Menampilkan desain yang stylish, laptop Huawei MateBook 16s memiliki bobot kurang dari 2 kilogram, dengan ketebalan hanya 17mm. Ini sudah terbilang hebat, mengingat jenis prosesor yang dibawanya sangat bertenaga.

Bawa Sertifikasi Intel Evo

Huawei MateBook 16s

Salah satu keunggulan utama Huawei MateBook 16s adalah menjadi laptop pertama di dunia yang mengusung opsi Intel Core i9 generasi ke-12 serta sertifikasi Intel Evo. Dengan mode turbo, CPU dapat berjalan dengan kecepatan hingga 5GHz, dengan TDP maksimum hingga 60W, melalui CPU 14-core dan 20-thread.

Dengan sistem pendingin yang terdiri dari dua kipas dan dua pipa distribusi panas, Huawei MateBook 16s diklaim cocok untuk keperluan pengolahan data, pemrograman, desain grafis hingga video editing. Layar laptop ini berukuran 16 inci dengan rasio screen-to-body 90%, sehingga memiliki empat bezel yang relatif tipis.

Selain resolusi 2.5K, layar Huawei MateBook 16s juga mendukung input sentuh hingga 10 titik sekaligus, plus sertifikasi warna akurat dari TUV Rheinland. Mendukung standar warna sRGB 100%, serta nilai E<1. Dengan rasio layar 3:2 yang lebih cocok untuk menjalankan beberapa aplikasi sekaligus.

Huawei MateBook 16s juga menjalankan Windows 11 dengan fungsi Super Device, yang dapat dengan mudah dihubungkan ke ekosistem perangkat Huawei. Selain itu, Anda dapat menjalankan aplikasi ponsel cerdas yang tersedia melalui Huawei AppGallery, agar lebih fleksibel.

Harga Huawei MateBook 16s Mulai Rp 20 Juta

Huawei MateBook 16s

Selain performa tinggi, fitur Smart Conference juga dilakukan oleh Huawei MateBook 16s, melalui beberapa solusi yang membantu proses kerja. Sedangkan webcam 1080p berbasis AI memiliki sudut pandang lebar sambil mengikuti wajah agar tetap terpusat. Serta Eye Contact untuk membuat mata terlihat seperti sedang melihat ke kamera.

Ukuran touchpad dibuat 46% lebih besar dengan material kaca, sedangkan speaker diletakkan di sisi kiri dan kanan keyboard dengan efek surround. Huawei MateBook 16s juga memiliki berbagai port, termasuk Thunderbolt 4 untuk kebutuhan tugas berat dengan kecepatan transfer data yang tinggi. Baterai 84WHr juga mendukung pengisian cepat 135W.

Pertama kali diperkenalkan Juni lalu, harga Huawei MateBook 16s sendiri dibanderol RM6799 atau sekitar Rp 22 jutaan di Malaysia, untuk varian Core i7-12700H, RAM 16GB, dan SSD 1TB. Ya, karena Huawei Indonesia sendiri tidak berencana menghadirkan laptop ini secara resmi.