Fitur Baru Instagram, Menyaring DM Masuk Agar Terhindar Cyber bullying

Instagram resmi telah meluncurkan fitur baru. Fitur yang memungkinkan menyaring atau filter direct messages (DM), jika terdapat kata atau emoji yang menyinggung perasaan. Fitur ini sendiri targetnya untuk selebriti dan publik figur yang sering mendapatkan DM yang tidak mereka harapakan.

Baca Juga: 4 Cara Menghapus Akun Instagram Permanen dan Sementara

Filter permintaan pesan ini dapat pengguna aktifkan melalui bagian baru pada aplikasi Instagram yaitu hidden words. Untuk mengaktifkannya:

Cara mengaktifkan hidden words Instagram (Menyaring DM)

  • Buka menu Settings
  • Privacy dan Hidden Words
  • Selanjutnya pilih toggle yang tersedia

Setelah aktif, filter ini akan menyaring setiap pesan cyberbullying dan masuk ke folder yang terpisah. DM dalam folder ini akan disembunyikan, jadi kalian bisa melihat-lihat saja pesan masuk tanpa harus membaca isinya.

Kalau pengguna masuk kedalam folder yang sudah tersaring itu. Pengguna dapat membaca isi, menghapus atau melaporkan pesan itu.

Instagram telah bekerjasama dengan organisasi anti-diskriminasi dan anti-bullying yang ternama. Menentukan kata atau kalimat yang dinilai menyinggung perasaan orang lain. Pengguna juga dapat memasukkan sendiri kata, kalimat dan emoji ke dalam daftar tersebut.

Fitur baru ini akan segera bergulir ke beberapa negara beberapa minggu ke depan. Sayangnya mereka tidak menyebutkan negara mana saja yang terlebih dahulu.

Baca Juga: 2 Cara Download Instagram Story Dengan Mudah Sekali

Selain filter menyaring DM, Instagram juga meluncurkan fitur yang memungkinkan para penggunanya untuk memblokir pengguna lain yang melecehkan atau bahkan pengguna itu membuat akun baru.

Untuk fitur ini, Instagram tidak menjelaskan secara spesifik cara kerjanya. Mereka hanya mengatakan akan menggunakan berbagai macam sinyal untuk mendeteksi akun baru dari pengguna yang sama. Kabar baiknya, Fitur ini akan segera meluncur secara global beberapa minggu ke depan.

Update yang baru ini melengkapi deretan langkah dari Instagram untuk mencegah cyberbullying dan ujaran kebencian pada platform-nya. Bulan Februari, Instagram mengatakan akan segera memblokir akun yang kedapatan beberapa kali mengirim pesan yang melecehkan pengguna lain.

Demikianlah cara menyaring DM yang masuk pada akun instagram. Semoga bermanfaat…

Baca Juga: Cara Mengatasi Body Shaming dalam Sosial Media Saat Ini