Cara Periksa HP atau Ponsel Sedang Dimata-matai atau di sadap

Studi dari NordVPN, terdapat peningkatan 5% aplikasi pemantau yang terpasang pada ponsel tahun 2020. Namun ada beberapa pengguna saat ini curiga kalau ponsel yang ia miliki dimata-matai, meskipun tidak memasang aplikasi pemantauan pada perangkatnya.

Baca Juga: Tips Selamat Dari Pembajakan WhatsApp yang Merajalela Saat Ini

Penggunaan asisten suara seperti Google Assistant Siri dan Alexa dianggap bisa mendengarkan percakapan pengguna ponsel sepanjang waktu. Karena aplikasi ini terus mendengarkan, agar bisa mendeteksi perintah suara penggunanya.

Pakar privasi digital NordVPN Daniel Markuson, menjelaskan cara asisten virtual bekerja dengan cara yang mirip mesin pencari untuk pemasang iklan yang tepat pada pemgguna ponsel.

Ia juga menjelaskan pada saat pengguna menggunakan Google Assistant atau Siri mencari sesuatu. Permintaan itu juga akan terekam dan kemudian pengisi iklan digital gunakan.

“Sama saja dengan mengetikan pada mesin pencari Google. Jika kalian mencari dealer mobil, iklan terkait akan mulai tampil pada setiap kalian berselancar internet kata Daniel Markuson.

Cara memeriksa ponsel dimata-matai

Markuson memberikan cara menguji apakah ponsel kalian ada yang sedang memata-matai. Caranya yaitu dengan memasang sebuah jebakan.

Jebakan tersebut dapat kalian buat dengan beberapa cara. Salah sarunya yaitu, kalian memilih topik yang tidak ada kaitannya dengan keseharian kalian. Intinya tidak pernah kalian bicarakan. Dari sini kallian harus mengingat topik tersebut.

Selanjutnya, kalian harus membuat daftar kata yang memicu mesin pencarian. Selain dengan cara ini untuk mencari tahunua, juga bisa membahas sebuah topik secara dengan lantang bersama teman.

Cobalah untuk melakukan ini beberapa hari berturut-turut. Pastikan kalian tidak membicarakan topik lain ketika ponsel berada dekat kalian.

Sekarang jebakan telah jadi, kalian akan segera tahu apakah ada iklan baru yang muncul pada media sosial atau situs yang sering kalian kunjungi.

Agar terhindar dari pelacakan yang tidak kalian inginkan oleh ponsel sendiri, Markuson menyarankan mematikan fitur perekaman audio.

Untuk memeriksa aplikasi apa saja yang punya akses ke mikrofon atau kamera ponsel

  • Masuk ke pengaturan
  • Perlindungan Privasi (Pada ponsel Xiaomi)
  • Pilih Mikrofon

Setelah itu Kalian bisa melihat aplikasi mana saja yang memiliki akses tersebut.

Kalian bisa menonaktifkan akses tersebut, supaya ponsel berhenti mendengarkan percakapan kalian. Sebagai langkah yang terakhir, kalian bisa memasang VPN pada ponsel kalian untuk lebih melindungi privasi online kalian. Semoga dengan cara ini kalian bisa terhindar dimata-matai oleh pengumpul informasi iklan digital.