3 Cara Mengatasi Tidak Bisa Download di Play Store Dengan Mudah

  • Bagikan
Mengatasi Tidak Bisa Download di Play Store

Tidak Bisa Download di Play Store – Google play store adalah tempat mengunduh berbagai macam aplikasi bagi pengguna HP android. Namun ketika menggunakan google play store ini terkadang ada beberapa masalah yang bisa kita temukan. Salah satunya adalah tidak bisa download di Play Store, download tertunda di Play Store. Proses download tidak berjalan walau telah menunggu beberapa saat atau ada keterangan download tertunda, menunggu dan lain sebagainya.

Selain tidak bisa download di Play Store, kendala lain yang biasanya terjadi bagi pengguna android saat menggunakan play store untuk mengunduh aplikasi adalah seperti tidak bisa membuka aplikasi Play Store. Ada juga beberapa pengguna tidak bisa download musik, film, acara TV atau konten lainnya padahal ada koneksi internet.

Baca Juga : 2 Cara Mudah Melihat Password Tersimpan di Google Chrome PC dan Android

Apabila kalian menemukan masalah tidak bisa mengunduh aplikasi di play store atau malah aplikasi play store tidak bisa dibuka sama sekali, cobalah lakukan beberapa langkah berikut.

Mengatasi Tidak Bisa Download di Play Store

1. Koneksi Internet

Langkah pertama yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi masalah pada aplikasi Play Store adalah dengan memastikan koneksi internet yang kalian miliki kuat. Ada kemungkinan, kalian tidak bisa download di Play Store karena koneksi yang lelet, lemah atau bahkan paket internet kalian sudah habis.

Kalau kalian menemukan masalah ini padahal kalian sudah menggunakan jaringan WiFi cobalah untuk membuka aplikasi lain seperti youtube. Apabila pemutaran video berjalan dengan lancar di YouTube berarti masalah yang kalian hadapi bukanlah masalah koneksi internet.

2. Hapus Cache & Data Aplikasi Play Store

Mungkin bagi yang terkena masalah ini berfikir, kenapa tidak bisa download di Play Store padahal masih banyak memori internal yang kosong?

Tenang jangan panik dulu ya, cobalah kalian menghapus cache dan data di Play. Caranya sangat mudah sekali kok. Ikuti langkah berikut ini.

  • Buka Pengaturan
  • Kemudian cari menu Aplikasi & Notifikasi
  • Lalu pilih lihat semua Aplikasi
  • Cari aplikasi Google Play Store
  • kalian pilih Penyimpanan
  • Pilih Hapus Cache dan Hapus data

Kalau sudah kalian hapus cache dan data cobalah sekarang buka aplikasi play store, aplikasi tersebut akan bisa langsung gunakan. Tapi nanti akan ada permintaan untuk mengupdate aplikasi play store, tidak masalah karena sudah bisa berfungsi dengan normal aplikasi play store kalian.

3. Restart Perangkat

Cara terakhir yang bisa kalian lakukan ketika tidak bisa download di Play Store adalah dengan merestart hp atau android kalian. Caranya cukup dengan menekan tombol power sampai muncul menu “matikan atau muat ulang”. Kalau menu tersebut tidak muncul saat menekan lama tombol power, cobalah untuk menekan tombol power agak lama sampai Hp mati, kemudian tekan lagi tombol power tersebut untuk menyalakan kembali HP.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *