Cara Mengatasi Kamera Samsung A12 Bermasalah Dengan Mudah

Cara Mengatasi Kamera Samsung Galaxy A12 Bermasalah

Cara mengatasi kamera Samsung A12 bermasalah – Smartphone ini memiliki 4 kamera pada bagian belakang. Kamera dengan resolusi 48 megapixel f/2.0 yang menjadi kamera utama, 5 megapixel f/2.2 untuk ultra wide yang bisa mencapai sudut hingga 123° dan 2 buah kamera yang beresolusi 2 megapixel f/2.4 untuk mengambil foto makro dan bokeh.

Kamera pada ponsel ini memiliki autofocus yang lumayan cepat dan white balance yang akurat karena ditenagai oleh MediaTek MT6765 Helio P35 yang memiliki kemampuan penyempurnaan AI yang cerdas. Selain itu ponsel ini juga memiliki kemampuan merekam video hingga full HD 1080p 30fps baik menggunakan kamera depan ataupun kamera belakang.

Baca Juga : Cara Screenshot Samsung A12 Dengan Mudah

Beberapa pengguna dari Samsung Galaxy A12 menemukan masalah pada kameranya, aplikasi kamera gagal terbuka, terdapat jeda yang cukup lama pada saat pergantian kamera depan ke kamera belakang dan sebaliknya atau error yang lainnya. Berikut ini beberapa cara mengatasi kamera Samsung A12 yang bermasalah.

Cara Mengatasi Kamera Samsung A12 Bermasalah

1. Mengatasi peringatan kamera gagal pada Samsung Galaxy A12

Cara Mengatasi Kamera Samsung A12 bermasalah
Cara Mengatasi Kamera Samsung A12 bermasalah

Peringatan ini muncul ketika hendak membuka aplikasi kamera pada Samsung Galaxy a12. Hal ini menunjukkan peringatan kesalahan kamera yang gagal membuat macet atau berhenti.

Cara mengatasinya cobalah untuk menutup semua aplikasi. Kemudian coba hapus data aplikasi kamera, dengan cara :

  • Masuk ke menu pengaturan
  • Cari menu Aplikasi
  • Carilah aplikasi Kamera bawaan dari Samsung A12
  • Kemudian hapus semua data

Dengan begini kalian sudah mereset ulang pengaturan kamera. Satu catatan yang harus diperhatikan, apabila yang rusak itu komponen kamera dari Samsung A12 kalian. Hal itu tentu tidak akan bisa diperbaiki menggunakan cara ini.

2. Kamera Samsung Galaxy A12 lambat atau ngelag

Cara Mengatasi Kamera Samsung A12 bermasalah
Cara Mengatasi Kamera Samsung A12 bermasalah

Bagi kalian pengguna Samsung Galaxy A12 yang merasakan aplikasi kamera ngelag atau responnya lambat. Cobalah untuk menutup semua aplikasi yang terbuka. Besar kemungkinan hal ini terjadi karena RAM dari Samsung Galaxy A12 tidak mencukupi.

Samsung A12 terdapat banyak pilihan RAM, apabila ponsel kalian memiliki RAM yang 2 GB. Kalian akan kesusahan untuk membuka aplikasi secara bersamaan. Jadi apabila kalian merasakan kamera yang slow respon atau ngelag, cobalah tutup semua aplikasi yang terbuka.

3. Pasang aplikasi Kamera pihak ketiga

Cara Mengatasi Kamera Samsung A12 bermasalah
Cara Mengatasi Kamera Samsung A12 bermasalah

Apabila kalian merasa kamera Samsung A12 masih tidak dapat berfungsi dengan baik, cobalah untuk memasang aplikasi pihak ketiga seperti Google Camera atau aplikasi kamera lainnya yang terdapat pada Google play store.

Baca Juga : Aplikasi GCam Samsung A12, Hasil Foto Lebih Menarik

Kalau kalian memilih aplikasi kamera dari Google play store, usahakan untuk memilih aplikasi kamera yang memiliki rating yang tinggi. Karena pada Google play store juga banyak aplikasi kamera baru yang tidak terkenal dan malah kinerjanya buruk.

4. Lakukan hard reset

Sebenarnya untuk memperbaiki kamera bermasalah pada Samsung Galaxy a12 ini, sudah cukup melakukan cara pertama dan juga cara kedua.

Namun kalau masalah ini masih tetap berlanjut cobalah pertimbangkan untuk melakukan hard reset pada Samsung Galaxy a12 kalian tersebut.

Sebelum kalian melakukan hard reset atau memformat pulang ke pengaturan pabrik, jangan lupa untuk membackup semua data-data kalian.

5. Kamera Samsung Galaxy A12 buram dan susah fokus

Cara Mengatasi Kamera Samsung A12 bermasalah

Perlu kalian ketahui bahwa ponsel ini memiliki autofocus yang gunanya untuk mempertajam objek ketika kalian mengambil foto.

Apabila kalian merasa kamera ponsel kalian sulit untuk fokus pada objek yang akan kalian foto cobalah perhatikan beberapa hal berikut.

  • Pastikan bahwa lensa kamera Samsung A12 tidak kotor. Debu atau objek kecil yang berada pada lensa kamera akan membuat kamera berusaha memfokuskan pada objek kecil atau debu tersebut. Jadi bersihkan terlebih dahulu kaca kamera sebelum mengambil foto.
  • Perhatikan apakah ada goresan pada kaca kamera Samsung A12 kalian. Apabila hal ini terjadi tentu saja kamera tidak akan bisa fokus. Sebaiknya coba ganti kaca kamera Samsung A12 sekalian ke service center-nya Samsung. Jangan coba-coba membeli kaca kamera pada tempat lain, takutnya kaca kamera tersebut palsu yang otomatis akan membuat hasil foto kalian kualitasnya lebih menurun dari sebelumnya.
  • Cobalah selalu untuk mengupdate versi firmware ponsel kalian. Karena dengan update tersebut Samsung akan memperbaiki bug yang ada pada frimware sebelumnya.

Demikianlah beberapa tips dari kami dalam cara mengatasi kamera Samsung A12. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang sedang membutuhkannya. Terima kasih…