YouTube Shorts Ajak UMKM Berkreasi Lewat Konten Video Pendek

youtube

Inti dari tren bisnis adalah usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang didirikan oleh kaum muda dengan memanfaatkan platform digital. YouTube tampil dengan mengajak mereka memanfaatkan fitur YouTube Shorts melalui kampanye hashtag #SambilanCuan.

Kampanye ini diluncurkan pada 27 Juni bersamaan dengan Hari UMKM Internasional. Dalam sesi wawancara media, YouTube Indonesia mengundang kreator konten ternama Jerome Polin, Christie Basil dan Sonia Basil, untuk berbagi cerita tentang mengembangkan bisnis mereka melalui YouTube Shorts.

“Jadi kalau ada kampanye ini saya bisa bantu. Saya seseorang yang memiliki pengikut yang baik, jadi saya sangat tertarik untuk membantu orang mempromosikan bisnis mereka. Dan saya juga berharap tidak hanya membuat orang sukses, tetapi juga banyak orang yang mendapat kesempatan dan semangat,” kata content creator Jerome Polin, Senin (27/6/2022).

Jerome Polin sendiri terkenal dengan konten pendidikannya selama belajar di Jepang, selama ini ia juga banyak membagikan konten pada mata pelajaran tertentu. Jerome juga sukses dengan mendirikan bisnis bernama Menantea.

Berkreasilah dengan YouTube Pendek

Di sisi lain, Christie Basil dan Sonia Basil yang juga merupakan content creator mengungkapkan bahwa dengan YouTube Shorts dapat mengedukasi penonton untuk mengetahui proses bisnisnya.

“YouTube Shorts adalah cara kami untuk mengetahui konten apa yang disukai audiens kami yang merupakan bagian dari membangun brand awareness dari produk kami masing-masing. Kami tahu konten viral yang disukai audiens kami, cara melakukan penceritaan yang menarik, memperbarui tren produk, dan banyak lagi, semua tersedia di YouTube Shorts, ”kata Christie, yang merupakan desainer dan Sonia, pendiri Cakeology.

Tidak hanya mengedukasi dan menginspirasi, dengan konsisten mengunggah konten menarik di YouTube Shorts, mereka juga dapat terhubung dengan lebih banyak calon pelanggan dari berbagai daerah hingga manca negara yang tertarik dengan produknya.

Terakhir, Christie dan Sonia menyarankan para pengusaha muda yang masih dalam proses menjalankan bisnisnya untuk terus bereksplorasi dan belajar untuk terus menjadi lebih baik.

“Jadilah pendengar yang baik, karena dari situ kita bisa terus belajar dari orang lain. Dari situ kita bisa tahu apa selanjutnya, apa minat kita, daripada menjadi pendengar yang baik, kita bisa belajar banyak hal, dan menjelaskan arah bisnis kita dan kemana kita akan pergi,” kata Sonia.