Mengenal Penyebab Layar HP Tidak Bisa Disentuh

Mengenal Penyebab Layar HP Tidak Bisa Disentuh – Layar merupakan salah satu komponen yang paling terpenting dari sebuah handphone atau HP. Karena fungsinya untuk memvisualisasikan sistem dan informasi kepada penggunanya.

Berkat komponen layar ini, kita dapat berinteraksi dengan semua aplikasi, sistem operasi, fitur dan beragam fungsi yang terdapat pada handphone atau smartphone. Ini lah kenapa layar menjadi bagian paling vital dari sebuah handphone atau smartphone.

Tanpa berfungsinya layar, tidak mungkin bisa menggunakan handphone sebagaimana sebaiknya. Salah satu permasalahan yang timbul biasanya adalah layar handphone menjadi tidak dapat kita sentuh sama sekali. Tentu saja ini akan membuat kita jengkel dan mulai berpikir bagaimana untuk menjadikannya normal kembali.

Sebelum itu, kalian harus mengetahui terlebih dahulu beberapa faktor yang bisa membuat layar handphone tidak bisa menerima sentuhan.

1. Masalah Sistem Operasi

Mengenal Penyebab Layar HP Tidak Bisa Disentuh

Biasanya kalau kita mengoperasikan handphone dengan waktu yang cukup lama, terkadang sistem operasi akan sedikit bermasalah. Hal ini dapat berimbas pada layar smartphone kita yang tidak dapat disentuh. Untuk hal itu, kalian bisa restart handphone dan berharap fungsinya menjadi normal kembali.

2. Pernah Jatuh atau Terbentur

Mengenal Penyebab Layar HP Tidak Bisa Disentuh

Pada saat kalian menggunakan handphone, tidak menutup kemungkinan kalau smartphone terjatuh dan terbentur benda keras walaupun sudah menggunakan case atau pelindung.

Jika tidak ada kerusakan fisik, layar biasanya masih akan kembali dapat disentuh dan merespon sentuhan jari dengan baik. Namun apabila ada keruksakan fisik seperti pecah walaupun sedikit pada layar, maka bisa jadi sensor sentuhan akan menjadi bermasalah.

3. Layar Handphone Terdapat Debu atau Kotor

Layar smartphone tidak dapat menerima sentuh kita terkadang juga bisa karena berdebu dan kotor. Hal inilah yang membuat respon sentuhan jari kita menjadi terganggu. Debu ini terkadang bisa masuk ke dalam layar melalui celah renggang akibat terbentur.

Jika debu hanya menempel pada bagian luar layar, maka kalian dapat dengan mudah membersihkan debu tersebut.

4. Terkena Air

Apabila ada terdapat air walaupun setetes kecil pada layar, biasanya smartphone tersebut sentuhannya akan ngaco alias tidak jelas. Jadi coba bersihkan terlebih dahulu agar layar smartphone kalian kembali menjadi normal.

Namun apabila smartphone kalian jatuh kedalam genangan air atau tersiram air, kaian sebaiknya membawa smartphone kalian menuju service center agar teknisi dapat mendiagnosis kerusakan yang terjadi.

5. Usia dari Handphone

Komponen layar smartphone pun tidak luput dari penurunan kemampuan, sehingga membuat responsivitas sentuhan jari kita menjadi berkurang.

Kalau memang handphone kalian sudah cukup berumur, maka biasanya kalian harus mengganti layar sentuhnya dengan yang sparepart yang baru agar bisa normal kembali.

6. Layar Memang Rusak

Apabila semua cara perbaikan yang kita bahas sudah tidak bisa membuat layar smartphone kalian kembali dapat disentuh. Maka besar kemungkinan layar smartphone kaliian sudah mengalami kerusakan yang parah. Untuk itu jalan keluarnya tidak ada lagi selain membawa ke service center.

Jika hasil pemeriksaan dari teknisi service center menyatakan kalau layar mengalami kerusakan yang parah. Maka kalian harus siap merogoh kocek yang biasanya tidak murah untuk mengganti layar sentuh smartphone dengan yang baru.

Baca Juga: Cara Cek iPhone Bekas Sudah Dibongkar atau Masih Original