Mulai Agustus 2022, Aplikasi Zoom di Chromebook Resmi Ditutup

Zoom Chromebook

Kabar buruk datang dari Zoom untuk pengguna Chromebook. Zoom mengumumkan bahwa aplikasi akan ditutup di Chromebook mulai Agustus 2022.

Dilaporkan dari 9to5Google pada Minggu (19/6/2022), pemberitahuan informasi tersebut diterima oleh pengguna Chromebook. Dikatakan bahwa aplikasi Zoom untuk Chromebook akan ditutup pada Agustus 2022.

“Aplikasi ini tidak akan lagi didukung secara resmi setelah Agustus 2022. Silakan gunakan Zoom baru untuk Chrome PWA untuk bergabung ke rapat di ChromeOS,” tulis Zoom.

Sekadar informasi, Aplikasi Zoom telah tersedia selama beberapa tahun dan menyediakan akses mudah ke rapat Zoom tanpa fungsi tambahan apa pun. Bahkan, di OS lain Zoom telah menghadirkan beberapa pembaruan fitur yang bermanfaat bagi pengguna.

Inilah sebabnya mengapa Zoom di Chromebook ditutup karena aplikasi dibuat di atas teknologi Chrome tradisional. Meski begitu, bagi pengguna Chromebook, jangan berkecil hati.

Zoom akan debut sebagai Progressive Web Application atau aplikasi WPA yang sudah ada sejak tahun 2021. WPA merupakan aplikasi yang dibangun dengan mengoptimalkan sebuah website.

Optimasi yang dilakukan tidak hanya akan membuat website menjadi lebih cepat tetapi juga mampu memberikan pengalaman seperti menggunakan aplikasi. Dengan teknologi ini, Zoom WPA dapat diakses melalui browser oleh pengguna Chromebook.

Zoom WPA sendiri telah mengalami berbagai pembaruan untuk menggantikan peran aplikasi. Semoga Zoom WPA dapat membantu pengguna Chromebook agar dapat melakukan konferensi video dengan lebih baik.

Chromebook sendiri merupakan gadget yang banyak dicari pengguna, di masa pandemi Covid-19. Mayoritas pembeli adalah pelajar dan mahasiswa yang terpaksa melakukan pembelajaran online karena Covid-19.

Dengan harga yang terjangkau, perangkat milik Google ini menjadi pilihan pengguna untuk menemani aktivitas virtual mereka sehari-hari.

Zoom Memiliki Filter Hewan Lucu

AvatarZoom

Sebelumnya, Zoom memberikan filter unik berupa avatar hewan untuk membuat suasana konferensi online semakin seru.
Dengan filter unik ini, pengguna Zoom dapat mengubah wajah mereka menjadi kucing, anjing, kelinci, rubah, sapi. Avatar 3D ini akan mengikuti gerakan kepala dan ekspresi wajah pengguna agar terlihat realistis.

Fitur ini idealnya digunakan untuk membuat suasana kelas atau pertemuan online lebih menyenangkan, ketika peserta mengubah wajah mereka menjadi hewan yang diinginkan.

Filter unik dengan avatar wajah binatang tersedia di aplikasi Zoom versi 5.10.0 atau lebih baru di perangkat iOS, Mac, dan Windows. Tahap awal avatar hewan yang ada agak terbatas, tetapi Zoom berjanji untuk terus menghadirkan avatar hewan baru kepada pengguna.