Mengenal Virtual Reality, Cara Kerja dan Contohnya

Mengenal Virtual Reality

Mengenal Virtual reality lebih dalam, yakni sebuah teknologi yang membuat penggunanya bisa berinteraksi dalam dunia maya yang disimulasikan oleh komputer. Sehingga pengguna merasa ada dalam lingkungan tersebut.

Bisa dikatakan, virtual reality adalah proses penghapusan dunia nyata yang ada di sekeliling manusia, kemudian membuat penggunanya merasa tergiring masuk ke dalam dunia virtual yang tidak bersentuhan dengan dunia nyata.

Baca Juga : Mengenal Apa Itu Metaverse, Seperti Apa Bentuknya

Alat Virtual Reality yang berbentuk kacamata ini sudah tersedia pada berbagai market place ataupun mall dengan harga yang relatif terjangkau.

Mengenal Virtual Reality, Cara Kerja Kacamata Nan Unik

Cara Kerja Virtual Reality ini dimulai dengan penggunanya melihat sebuah dunia semu yang sebenarnya hanya gambar-gambar dinamis hasil dari simulasi komputer. Lalu dengan alat seperti kacamata Virtual Reality ini, seorang penggunanya dapat berinteraksi dengan dunia semu dan bisa mendapatkan umpan balik seolah-olah nyata, secara fisik ataupun fiksi.

Kekurangan dari Virtual Reality

Mengenal Virtual Reality
Mengenal Virtual Reality

Kekurangan dari Virtual Reality ini adalah pengguna mungkin akan mengalami perasaan kehilangan realitas dan perasaan isolasi saat berinteraksi dengan dunia buatan tersebut. Kemungkinan Virtual reality bisa meningkatkan pengangguran, karena akan lebih sedikit nantinya orang yang dibutuhkan untuk merancang proyek-proyek.

Kelebihan dari Virtual Reality

Mengenal Virtual Reality
Mengenal Virtual Reality

Kalau berbicara tentang keuntungan, banyak sekali keuntungan dari virtual reality. Pekerjaan akan menjadi lebih mudah dengan menggunakan berbagai macam aspek dari komputer. Contohnya merancang sebuah bangunan seperti gedung, hotel dan rumah.

Contoh lain misalnya melakukan latihan yang rumit seperti menerbangkan pesawat bisa dilakukan dengan stimulator. Dan game yang mendukung virtual reality bisa dijadikan sebagai bagi pelampiasan yang sudah bosan dengan masalah dunia realitas , seperti seperti Second Life, fable, the sims dan lain-lain.

Contoh Virtual Reality (VR)

1. Cardboard

Siapa yang tidak mengenal dengan alat VR Google buat, kalian harus mencobanya. Kalian bisa langsung menikmati pengalaman seru dunia VR menggunakan aplikasi ini langsung menggunakan ponsel.

Kalian juga bisa menggunakan Google Earth dan menuju ke tempat tertentu dengan cardboard, melakukan perjalanan ke Versailles serta ditemani dengan pemandu wisata, menonton sebuah video, melihat foto dengan sudut 360° bahkan bisa juga mempelajari artefak budaya.

2. VRSE

Mengenal Virtual Reality
Mengenal Virtual Reality

VRSE adalah produk VR yang bisa memberikan pengalaman luar biasa. Kalian dapat melihat video dengan sudut 360° serta bisa membawa kalian ke berbagai tempat danjuga event menarik seperti berada di kota New York, menikmati indanya pantai, menikmati video konsel musik dan banyak lainnya.

3. Cardboard Camera

Produk ini mempunyai keunggulan yaitu dengan mengambil sebuah gambar dengan sudut 360° sehingga gambar bisa di lihat dari berbagai sisi. Ketika kalian sedang berliburan di tempat menarik, produk VR ini tidak boleh kalian lewatkan.

Karena produk ini juga dapat merekam suara sehingga kalian dapat merasakan kembali apa yang pernah kalian rasakan saat mengambil gambar tersebut sedang liburan waktu itu.