Chip 3 Nm TSMC Segera Masuk Pasar, iPad Apple Jadi Pengguna Pertama

Chip 3 Nm TSMC Segera Masuk Pasar iPad Apple Jadi Pengguna Pertama

TSMC, raksasa manufaktur semikonduktor di balik chipset Apple Silicon 2022 dan chipset MediaTek Dimensity, baru-baru ini mengumumkan bahwa pemasok chip tersebut akan memulai produksi massal prosesor 3 nm mulai paruh kedua (H2) tahun 2022 dan seterusnya.

Menurut laporan Gizmochina, 16 April 2022. CEO TSMC, Mr CC Wei, dalam konferensi pers pendapatan pada hari Sabtu, 16 April 2022 mengkonfirmasi bahwa perusahaan akan memulai produksi massal untuk prosesornya berdasarkan proses node 3 nm (N3) pada paruh 2 tahun ini seperti yang sudah direncanakan, danĀ semikonduktorĀ proses 2-nm (N2) diharapkan akan mulai produksi massal tahun 2025.

Dalam konferensi pers, Mr Wei menegaskan bahwa dengan proses N3 terbaru TSMC, perusahaan yakin bahwa node baru akan dapat memenuhi permintaan konsumen dengan memberikan efisiensi daya yang lebih tinggi dan dukungan untuk kinerja komputasi yang lebih tinggi dari pendahulunya.

Dia juga menambahkan perusahaan sudah menerima banyak minat dan keterlibatan teknologi N3 dan perusahaan mengharapkan lebih banyak lagi tape-out baru untuk N3 tahun pertama dibandingkan dengan N5 (5 nanometer) dan N7 (7 nanometer).

Sumber industri juga mendapat berita bahwa begitu N3 mulai produksi massal, 30.000 dan 35.000 wafer chip N3 diharapkan diproduksi tiap bulan dari TSMC untuk pelanggannya.

Karena wafer chip akan segera diproduksi secara massal, perangkat yang dilengkapi chipset diharapkan akan diproduksi pada proses N3 TSMC pada paruh kedua tahun 2022.

Kabar baiknya, menurut Digitimes. Apple berkemungkinan menjadi merek pertama yang menampilkan teknologi terbaru TSMC. Ini karena Apple akan meluncurkan iPad baru tahun ini yang dilengkapi dengan Apple Silicon yang akan dibangun dengan proses N3 TSMC pada H2 2022.

Namun, kita mungkin belum melihat adopsi dari teknologi TSMC N3 secara luas pada tahun ini. Karena TSMC berencana meningkatkan produksi wafer N3 tahun 2023. TSMC N3 ditampilkan dalam chip Apple A17 Bionic yang dikabarkan pada seri iPhone 15, sebagai serta chip Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 dan MediaTek Dimensity 9200 untuk pasar flagship Android pada tahun 2024.