Tips  

7 Tanda Laptop Minta Instal Ulang

7 Tanda Laptop Minta Instal Ulang

Bagi para pengguna laptop atau komputer pasti ada masangnya laptop minta instal ulang. Instal ulang adalah mereset semua aplikasi yang terinstal pada laptop atau komputer dengan cara memasang Sistem Operasi yang baru seperti Windows 10, Windows 11 dan sebagainya.

Proses instal ulang laptop atau komputer memang terkadang membuat orang malas. Hal ini dikarenakan harus meng instal kembali aplikasi-aplikasi yang di butuhkan seperti Microsoft Office, Google Chrome dan lain sebagainya sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Berikut Tanda Laptop Minta Instal Ulang

1. Booting laptop jadi lambat

Apa itu booting? Booting adalah proses dimana sebuah laptop atau komputer mempersiapkan sistem operasi ke dalam memori komputer sehingga seluruh hardware bekerja.

Singkatnya booting itu adalah proses laptop kalian dihidupkan sampai masuk ke dalam menu desktop.

2. Proses loading laptop lambat

Tanda-tanda selanjutnya laptop minta instal ulang adalah terjadinya proses loading yang sangat lama.

Lamanya proses loading ini terjadi pada berbagai hal seperti saat membuka sebuah aplikasi, saat sebuah aplikasi membuat sebuah file atau membuka file explorer.

3. Sering terjadi Not Responding

Pernahkah kalian menemukan munculnya pemberitahuan not responding ketika kalian hendak membuka sebuah program atau sebuah software.

Kalau pernah ini merupakan salah satu tanda-tanda laptop minta instal ulang sistem operasinya.

4. Sering ada aplikasi terbuka sendiri

Kasus ini sering membuat bingung para pengguna laptop ataupun komputer. Selain sangat mengganggu, kasus ini juga membuat pengguna jengkel. Tanpa kita buka sebuah aplikasi terbuka dan berjalan dengan sendirinya.

Ini bisa menjadi juga tanda-tanda bahwa laptop kalian minta diinstal ulang.

5. Aplikasi laptop menutup sendiri saat dijalankan

Tanda-tanda lain kalau laptop minta instal ulang adalah adanya aplikasi atau program yang menutup sendiri saat sedang dipakai (force close).

Hal ini bisa saja disebabkan karena RAM penuh akibat banyaknya program yang dijalankan secara otomatis oleh sistem operasi komputer atau laptop kalian.

6. Laptop sering restart sendiri

Laptop yang sering melakukan restart dengan sendirinya memang disebabkan oleh berbagai faktor. Pada beberapa kasus penyebab memang sangat sulit untuk dideteksi oleh pengguna.

7. Laptop terinfeksi virus atau malware

virus komputer

Virus pada laptop biasanya menyerang software yang mengakibatkan rusaknya sebuah program sehingga tidak dapat. Langkah paling efektif untuk membasminya adalah dengan melakukan instal ulang pada laptop atau komputer dan melakukan scanning sampai bersih.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk para pembaca sekalian. Kalau hal ini terjadi pada laptop atau komputer kalian, dan kalian hendak menginstal ulang langsung saja bawa ke tempat service komputer. Kalau kalian bisa melakukan instal ulang sendiri Lebih baik melakukan instal ulang sendiri saja daripada harus mengeluarkan uang tambahan untuk biaya servis instal ulang komputer atau laptop.